» » Jerman Buttercream

Muffin dengan topping jerman buttercream


Mencoba membuat jerman buttercream ini butuh beberapa kali usaha, baru usaha kali keempat berhasil.  Pertama mencoba mengikuti resep, berhasil dibuat roset tapi agak lembek, rasa enak, warna kuning karena pudding pulver dan butternya berwarna kuning.  Mencoba lagi mengikuti resep, hasilnya gagal total.  Buttercreamnya terlalu encer seperti bubur.  Mencoba kali ketiga, karena terburu-buru, puddingnya masih hangat terus dimasukkan butter.  Walhasil butternya mencair, gagal total.

Akhirnya bisa juga membuat jerman buttercream setelah percobaan ke empat.  Konsistensi buttercream ini kaku, kering sehingga hiasan permen berwarna tidak luntur, dan bisa dibuat ulir roset.  Saat dinikmati, rasanya enak dan tidak eneg.  Terkadang merasa "galau", sudah capai-capai membuat kue terus penikmat menyisihkan dan membuang hasil kerja penuh cinta tersebut.  Dan pernah juga sedih banget, yang mencicipi kue buatanku, berekspresi "btuh btuh btuh" membuang makanan yang ada di ujung lidah beliau.  Yah, suka-duka.  Pelajaran penting, bahan dasar kue berkualitas faktor utama membuat rasa kue yang lezat.

Resep diambil dari buku
Kohler E.  2007.  Koesliche Torten von klasisch bis modern. Vahling berlag: Berlin

Deutsche Buttercream / Jerman Buttercream
akan menghasilkan 600 gram buttercream, cukup untuk memberi topping 18 buah muffin


  1. 250 g susu cair tawar
  2. 50 g gula pasir
  3. 1 bungkus vanillapudding pulver
  4. 250 g butter
  5. 30 g gula bubuk
  6. 1 jumput garam
Salah satu merk puddingpulver


Cara Membuat
  1. 1 bungkus vanillapudding pulver, gula pasir dan 6 sdm susu cair dilarutkan dalam mangkuk kecil.  Sisa susu dididihkan sebentar, angkat dari kompor.  Masukkan larutan pudding kemudian aduk menggunakan pengaduk bentuk bunga.  Letakkan kembali pudding diatas kompor, sambil terus aduk selama 1-2 menit.  Biarkan pudding dingin. Lebih baik membuat pudding malam hari dan digunakan keesokan harinya.
  2. Butter, gula bubuk, garam dimikser hingga lembut.  Masukkan pudding kemudian mikser kembali hingga tercampur rata dan lembut

Pudding harus diaduk menggunakan pengaduk bentuk bunga agar tidak gosong

Butter, bula bubuk dimikser rata ke dalam pudding

Muffin dengan topping jerman buttercream




«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar