» » Cheese Cake Tanpa Oven dan Gelatine

cheese cake yang dihias buah segar, kerikan coklat Milka dan gula warna-warni

1 November 2013


Tadi malam kedatangan anak-anak yang mengenakan kostum seram.  Mereka sedang merayakan hallowen.  "Suesse oder Saure?" (bermuka manis atau masam?), tanya mereka sambil menyodorkan kresek minta permen atau coklat.  "Ja, da ist bon bon fuer dich", jawab saya. Entah apa cerita dibalik hallowen, yang jelas sebelumnya sengaja membeli permen untuk mereka.

#

Akhirnya ketemu juga resep cheese cake yang tanpa menggunakan gelatin.  Waktu itu pernah tidak sengaja makan cake yang mengandung gelatin babi.  Habis itu langsung trauma dengan rasa gelatin, walaupun itu gelatin halal dari sapi.  Haribo, marsmallaw, berbagai jenis cheese cake atau kaese kuchen mencantumkan gelatin didalam prose pembuatannya . Biasanya kalau ketemu resep yang bergelatin tidak tertarik.   Hanya beberapa resep saja yang dicacat, karena beranggapan pasti tidak akan dicoba karena tidak suka.


Resep cheese cake tanpa perlu dioven dan tanpa gelatin ini didapat dari buku di rak buku remaja lantai 2, perpust kota Goettingen.  Cara membuatnya mudah dan memang cheese cake merupakan makanan kesukaan.  Mumpung masih di Goettingen, murah membeli bahan dasarnya seperti cream cheese (frischkaesse) dan creme fraiche.  Kalau sudah pulang kampung pasti harga bahan cake ini selangit luar biasa mahal.  Terkadang bahan yang mahal harganya, "diakali" dengan membuat sendiri.  Di laman Joy of baking  terdapat cara membuat creme fraiche (Perancis, dibaca krim fresh) sendiri: http://www.joyofbaking.com/CremeFraiche.html.


cheese cakenya berdiri tegak, kaku dan tidak jatuh...bahagia dech...

Cake yang dicoba hanya 1/2 porsi.  Resep diambil dari buku:

Buller L. 2011.  Total Lecker Kochen und Backen fuer Teenies.       Kammerer S Ueberstzung. Dorling Kindersley: China.



Buku sumber resep


Berikut bahan dan cara membuatnya

Bahan

125 g biskuit butter (menggunakan biskuit Leibniz bentuk hewan)
50 g butter
300 g cheese cream atau doppelrahmfrischkaese
50 g gula bubuk
1 buah jeruk zitron untuk dikerik kulitnya
1 wadah gula vanili
150 g creme fraiche

1 buah kiwi, cokelat serut, buah himbeere untuk hiasan



cheese cake lezattt!



Cara Membuat

Olesi seluruh permukaan loyang diameter 16 cm dengan margarine.  Jika membuat 1 porsi ukuran loyang yang digunakan diameter 23 cm.  Ambil kertas roti, gambar dengan mulut loyang, potong dengan gunting kemudian letakkan di dalam loyang yang sudah diolesi margarine tadi.


Hancurkan biskuit dengan cara biskuit dimasukkan ke dalam plastik kemudian di giling dengan roller kayu.  Saat membuat cake ini, biskuit dihancurkan dengan blender ukuran besar.


Lelehkan butter dalam wajan dengan api kecil.  Campur butter leleh, biskuit hancur dan 1 sdm cheese cream hingga tercampur rata.  Tata biskuit dalam loyang dengan ditekan-tekan punggung sendok makan.  Simpan loyang didalam lemari es selama 1 jam.  Jangan lupa menutup loyang dengan plastik wrapping agar tidak masuk bau-bauan tidak diharapkan dari lemari es.  Catatan: belum satu jam biskuit sudah dilakukan proses selanjutnya.  Penambahan 1 sdm cheese cream juga atas inisiatif sendiri agar biskuit benar-benar padat dan kaku.


Cuci jeruk zitrone dengan air panas, keringkan.  Kerik kulit jeruk dengan parut sehingga hanya bagian kuning saja yang didapat.  Jika ikut terkerik bagian putih, cake akan pahit.  Catatan: Jika tidak ada jeruk zitrone bisa digunakan jeruk nipis.  Pernah mencoba mengerik kulit hijau jeruk nipis, hasilnya cake sama segar dengan kulit jeruk zitrone 


Cheese cream, gula bubuk, kerikan kulit zitrone, gula vanili, dimikser hingga tercampur rata.  Masukkan creme fraiche, mikser sebentar.


Masukkan adonan cheese cream ke atas biskuit yang sudah dipersiapkan sebelumnya.  Ratakan permukaan cake, tutup dengan plastik wrapping kemudian simpan dalam lemari es selama satu malam (12 jam).  Catatan: mungkin karena tidak menggunakan gelatin, lama menyimpan cake ini sampai 12 jam.  Kalau menggunakan gelatin umumnya dalam waktu 3 jam cake sudah bisa disajikan.

Berikut foto-foto saat membuat cheese cake



cheese cream dan creme fraiche dibeli di supermarket NETTO


Olesi loyang dengan margarine kemudian tutup dasar dengan kertas roti



blender biskuit, tambah butter dan cheese cream lalu tata di loyang



Parut kulit zitrone hanya bagian kuningnya saja




Mikser cheese cream dkk, tuang di loyang, simpan 12 jam di kulkas



Hias cheese cream dengan buah segar, cokelat serut dll sesuai selera......







«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

12 komentar:

  1. Ka biskuitnya bisa diganti kaya semacam oreo gitu ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. WOW bisa banget Bulan...lebih enak malah. Kirim-kirim ya kalau sudah jadi cake nya hheheheh

      Hapus
  2. Sis mau tanya dong, masuk ke lemari esnya dalm freezer bkn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan di freezer mbak Getis, tapi di cukup dikulkasnya saja..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. kak kalo creme fraichenya bisa diganti sm krim lain ga? whipped cream misalnya?

    BalasHapus
  5. mba creme fraichenya bisa diganti krim lain ga? whipped cream misalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf mbak Rida kalau lambat merespon. Bisa mbak creme fraiche diganti whipped cream yang sudah dimikser hingga kaku. Merk yang disarankan Anchor cheese cream dan Anchor whipped cream yang cair kemudian mikser hingga kaku.

      Hapus
  6. Klo cuma pakai cheese cream aja bisa nggak?

    BalasHapus
  7. Klo cuma pakai cheese cream aja bisa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa hanya menggunakan cheese cream saja mbak Tari. Parutan kulit lemon harus ada mbak biar tidak eneg dan ada aroma segar...

      Hapus
  8. Kalo cheese creamnya ga sesuai takaran gmn? cuman ada 250g apa harus dikurangin jg ga bahan2 yg lainnya?

    BalasHapus