» » » » Bakso Super Isi Telur

Bakso super isi telur, jantung ayam dan kosong

2 Desember 2013

Hari minggu kemarin membuat bakso yang diisi dengan hati ayam, telur dan sisanya dibiarkan kosong tanpa isi.  Baksonya alkhamdulillah enak, kenyal.  Resep bakso ini seperti resep bakso yang pernah di posting sebelumnya hanya saja tanpa menggunakan daging dada ayam, link http://catatanbelajarmasak.blogspot.de/search/label/bakso.


Kunci utama membuat bakso kenyal adalah harus menggunakan blender ukuran besar atau kitchen maschine.  Alat ini bisa membuat campuran daging, tepung tapioka, telur, bumbu tercampur sempurna dan terbentuk adonan emulsi.  


Sudah sering membuat bakso tanpa daging dada ayam, tapi baru kali ini dicatat di blog.  Terkadang agar terbentuk emulsi yang baik, diperlukan air dingin kadang tidak.  Perlu tidaknya penambahan air tergantung adonan yang terbentuk.

Berikut bahan dan cara membuat bakso super

Bahan yang diperlukan

450 g daging sapi giling, simpan di freezer
50 g tapung tapioka
1 sdm bawang putih bubuk
1/2 sdt saus teriyaki
1/2 sdt bumbu kaldu bubuk
1 buah telur ayam
1 sdt garam
60 ml air dingin (tergantung kebutuhan bisa juga tidak digunakan)

1 butir telur ayam rebus (harusnya lebih tapi malas rebus lagi...)
100 g jantung ayam potong dua lalu goreng matang.



Cara membuat

* Ambil daging dari feezer,biarkan sampai permukaannya cair tapi bagian dalamnya masih beku.  Potong-potong kecil daging sapi giling dengan pisau. 

*  Campur jadi satu daging sapi giling, telur ayam, tapioka, bumbu blender hingga terbentuk campuran emulsi.  Jika tidak juga terbentuk campuran emulsi, tambahkan air dingin sedikit lalu blender dan cek.

Adonan emulsi yang terbentuk, bisa perlu penambah air dingin bisa juga tidak

* Didihkan air dalam panci secukupnya

* Basahi telapak tangan dengan air.  Ambil adonan secukupnya, pipihkan di telapak tangan kemudian isi dengan telur atau jantung ayam goreng.  Tutup hingga halus dan rapi.

Basahi telapak tangan, buat bulatan bakso isi telur atau jantung ayam

* Masukkan bakso dalam air mendidih hingga matang. Cek dengan cara ambil satu lalu potong bagian tengah tidak merah lagi.


Membuat kuah bakso

Bahan yang diperlukan

1,5 liter air
3 siung bawang putih
1/2 buah bawang bombai 
1/2 sdt bumbu kaldu bubuk
1/2 sdt saus teriyaki
1 sdm minyak goreng
11/2 sdt garam
300 g buntut sapi atau tulang iga

catatan: penggunaan buntut sapi atau iga sapi membuat kaldu bakso terasa lebih enak.

Cara membuat

* Rebus buntut atau iga sapi dengan 2 liter air hingga dagingnya empuk.  Air ini akan menyusut sehingga jumlahnya nanti hanya sekitar 1,5 liter.

* Iris dadu kecil bawang bombai.  Iris tipis bawang putih

* Panaskan minyak goreng, masukkan terlebih dahulu bawang bombai, setelah kekuningan baru masukkan bawang putih.  Tumis hingga bawang putih berwarna coklat.  Angkat dari penggorengan

* Tumbuk halus bawang lalu masukkan ke dalam air berisi buntut atau iga sapi.  Masak kurang lebih 15 menit dengan api kecil

* Masukkan garam, bumbu kaldu bubuk, saus teriyaki, cicipi rasanya hingga pas.

* Sajikan bakso dengan mie, kuah, sambal botol dan kecap manis.  Yah sayang kemarin lupa ambil foto bakso kuah dan mienya....

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar: