» » » » » Cara Membuat Tiramisu Cake

Add caption
8 Desember 2013

Tiramisu biasanya diletakkan diloyang kaca, dengan isian lady finger (löffel biskuit) dan keju mascarpon.  Klasik tiramisu menggunakan telur mentah untuk memperkaya rasa cream mascarpone. Pernah mencoba membuat tiramisu dengan telur mentah ini link resep http://catatanbelajarmasak.blogspot.de/search/label/tiramisu . 
Enak tiramisunya tapi agak "seram" untuk memakannya.  Padahal saat mengocok telur diletakkan di atas air mendidih.



Alhamdulillah, seneng sekali bisa mencoba membuat tiramisu cake.  Suka dengan tiramisu ini karena tidak menggunakan telur mentah sebagai campuran cream mascarpone. Dinamakan cake karena tiramisu bisa berdiri tegak layaknya cake.  


Ide membuat cake ini dari baca blog mandyjourney.blogspot.uk.  Mandy hanya bercerita, untuk membuat tiramisu cake, hanya perlu menambahkan cake sebagai dasar agar tiramisu dapat berdiri.  Selanjutnya langkah seperti membuat tiramisu biasa.  Dia hanya bercerita dan tidak menuliskan resepnya. OK sudah dapat kuncinya kemudian tinggal mengembangkan sendiri cara membuat tiramisu cake ini.  Kebetulan ada catatan membuat cake ukuran kecil yang hanya butuh 2 butir telur.  Ada catatan resep membuat tiramisu tanpa telur mentah.  Selanjutnya mewujudkan membuat tiramisu cake.  


Hari minggu 8 Desember 2013 ini ada pengajian anak di rumah.  Sekaligus merayakan ulang tahun Shafa yang ke-12, dibuatlah tiramisu cake ini.  Walaupun dihias dengan sangat sederhana, tapi senang sudah mencoba membuat tiramisu cake.




Berikut bahan dan cara membuat tiramisu cake

Cake Dasar

2 butir telur ayam
50 g gula pasir
1 bungkus gula vanili
30 g tepung terigu
25 g tepung maizena
1 ujung pisau baking soda (backpulver)
2 sdm air sangat dingin (disimpan di freezer tapi belum beku)


1. Loyang diamater 26 cm diolesi dengan margarine kemudian taburi dengan tepung terigu.

2. Pisahkan kuning dan putih telur.  2 buah putih telur dan 2 sdm air sangat dingin dimikser hingga benar-benar kaku.  Masukkan sedikit demi sedikit gula pasir dan gula vanili.  Masukkan kuning telur satu per satu. Mikser lagi.

3. Panaskan oven pada suhu 175 C.

4. Campur dan aduk rata tepung terigu, tepung maizena dan baking soda.  Tuang tepung ke dalam adonan telur dengan diayak.  Aduk memutar menggunakan sendok kayu.

5.  Panggang cake dasar selama 20 menit.  



cake dasar yang sudah jadi

Bahan-bahan Tiramisu Cake

1     buah  cake dasar
500 g  keju mascarpone
400 g  speisequark-jerman (curd cheese-inggris)
100 g  cokelat serut
100 g  gula bubuk
2     wadah  gula vanili
200 ml air kopi dari 1 sdm kopi instan dan 1 sdm gula bubuk
20 buah loeffel biskuit-jerman (lady finger-inggris)


Cara Membuat

1. Cokelat batang diparut serut, sisihkan sebagai hiasan atas cake


2. Mascarpone, speisequark, gula bubuk, gula vanili dimikser hingga tercampur rata.  Sisihkan.


3.  Tuang dalam piring 1 sdm kopi bubuk instan rasa machiato atau yang lain, 1 sdm gula bubuk dan 200 ml air panas.  Sisihkan.


Bahan tiramisu cake: mascarpone, speisequark, cake dasar, lady finger, air kopi, cokelat serut, gula vanili (lupa belum ditaruh tapi sudah difoto)


4.  Letakkan cake dasar di nampan, beri ring.  Siram cake dasar  secukupnya dengan air kopi. Masukkan 1/3 bagian cream mascarpon di atas cake dasar, ratakan dengan punggung sendok makan. Celupkan sebentar lady finger ke air kopi (kalau kelamaan patah), tata di atas cream.  Lihat foto di bawah ini..


Celup lady finger kemudian tata rapi.


5. Tuang kembali cream mascarpone di atas lady finger, sisakan sedikit untuk menutup bagian yang tidak rapi.  Simpan cake dalam lemari es selama 3 jam. Saya punya kulkas raksasa suhu -1 C....adalah balkon hehehehe



Tuang cream mascarpone, sisakan sedikit untuk menutup bagian yang tidak rapi...

6. Buka ring dengan cara dindingnya di pisah dengan ujung pisau.  Aduk kembali sisa mascarpone agar tidak beku. Tutup permukaan cake yang tidak rapi dengan sisa mascarpone.



Ring setelah dibuka, cake belum rapi, rapikan dengan sisa mascarpone


7.  Hias bagian atas cake dengan cokelat serut dan tulisan fondant happy birthday.  Sisi cake dipercantik dengan irisan buah kiwi.  Simpan tiramisu di lemari es 2-3 jam sebelum dinikmati








Anak-anak makan tiramisu tanpa telur bersama-sama



Anak-anak Kalam Kids Goettingen



Referensi
Mandyjourney.blogspot.uk
Backen fuer Teenies
Torten Hits
***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar