» » » Catatan Awal Modeling Cokelat

Modeling cokelat yang dicetak hati, bunga-bungaan dan huruf 12

19 Oktober 2014

Mencatat percobaan awal membuat modeling cokelat.

Sudah lama ingin membuat modeling cokelat ini.  Saat itu masih di Goettingen.  Bahan berupa cokelat berbentuk bulat sudah ditemukan, ada di supermarket Tegut.  Hanya saja corn syrup harus dibeli online.  Saat itu sedang repot tingkat tinggi.  Mau pulang ke Indo, harus membereskan wohung, membuang barang yang tidak perlu, mengemas buku dan barang yang akan dipaketkan ke Indo dll.  Males beli bahan online, akhirnya keinginan membuat modeling cokelat hanya angan.


Kenapa modeling cokelat?  Modeling cokelat adalah bahan penghias cake sebagai ganti fondant.  Banyak orang tidak suka fondant karena terlalu manis.  Fondant pada dasarnya adalah gula bubuk yang diberi gelatin dan glukosa.  Ya... makan fondant adalah makan gula bubuk dalam jumlah banyak.  Tentu dari segi rasa kurang.  Nah.. modeling cokelat adalah cokelat yang diberi corn syrup atau glukosa.  Tentu saja dari segi rasa modeling cokelat ini lebih baik dibanding fondant.  Makan modeling cokelat padadasarnya adalah makan cokelat.



Inspirasi membuat modeling cokelat dari youtube, yang diposting Shawna McCreevy.  Suka dengan berbagai posting youtubenya mbak Shawna ini.  Sepertinya dia orang UK.  Kurang tahu pasti hanya menebak.  Habis takaran bahan yang dipakai oz.  Apaan ya oz?  1 oz itu berapa gram?  Berikut cara membuat modeling cokelat yang diposting mbak Shawna





Sekarang sudah di Medan. Cokelat bentuk bulat yang seperti dijual di supermarket Tegut atau yang seperti mbak Shawna pakai tidak ada yang jual.  Cokelat bulat ini ada yang berwarna coklat dan putih.  Kandungan cokelat coklat berupa bubuk cokelat, cocoa butter, susu, lemak.  Sedangkan kandungan cokelat putih berupa cocoa butter, susu dan lemak.


Di Indonesia, cokelat yang dijual di pasaran kandungan bahannya berbeda dengan yang dijual di Eropa.  Cokelat di sini berbahan bubuk cokelat, lemak nabati, susu bubuk.  Tidak ada bahan cocoa butter dalam cokelat.  Untuk menggantikan rasa cocoa butter digunakan susu bubuk. Sudah dapat ditebak, cocoa butter ini harganya sangat mahal.  Mungkin juga tehnologi membuat cocoa butter ini belum sampai?  Kurang tahu.  Yang pasti pohon kakao atau pohon cokelat itu hanya tumbuh di negara tropis termasuk Indonesia tapi tehnologi pengolahannya ada di Eropa sana.  So?  Ya kita hanya makan cokelat yang tidak sesungguhnya...  Makanya se paling murah harga cokelat dari Eropa setelah sampai ke Indo menjadi cokelat yang paling mewah.  Pasti.  Karena walaupun murah cokelat mereka masih mengandung cocoa butter.  


Just info, bagi yang ingin menikmati Ritter Sport, cokelat asal Jerman, bisa dibeli di Suzuya Jl. Brigjen Katamso Medan.  Yang pasti harganya mahal bo....

###
1.
Mencoba membuat modeling cokelat dengan bahan yang ada. Percobaan pertama menggunakan cokelat batang DCC (dark cocholate compound) merk Tulip. Tidak punya corn syrup diganti degan glukosa.

Modeling cokelat

Bahan yang digunakan
250 g DCC Tulip
2 sdm glukosa

Cara membuat modeling cokelat
1. Potong dadu kecil DCC kemudian lelehkan di atas air panas.
2.  Masukkan 2 sdm glukosa kemudian aduk-aduk hingga DCC menjadi padat dan dapat dipulung atau diuleni.  Uleni sebenat
3.  Masukkan modeling cokelat dalam kantung plastik

Cara membuat hiasan cake
1. Pipihkan modeling cokelat dengan jari tangan hingga pipih dan rata. Cetak menjadi bentuk yang diinginkan.
2. Modeling cokelat belum bisa dipipihkan dengan rolling pin.  Modeling masih lengket di batang rolling.

Hasil Modeling Cokelat
Modeling cokelat belum sempurna benar.  Maksudnya modeling cokelat masih mudah patah.  Modeling tidak dapat dicetak menjadi huruf kecil-kecil.  Modeling hanya dapat dibuat bentuk agak besar seperti bunga, hati dan lingkaran besar.

Bahan modeling cokelat DCC Tulip dan glukosa

Modeling dicetak bentuk hati dan lingkaran besar


2.

Mencoba membuat modeling cokelat dengan tambahan gliserin. Gliserin adalah turunan gula yang aman dikonsumsi.  

Modeling cokelat

Bahan yang dibutuhkan
250 g DCC
2 sdm glukosa
1/2 sdt gliserin

Cara membuat
Lelehkan DCC dalam panci di atas air panas.  Masukkan glukosa dan gliserin.  Aduk hingga adonan cokelat dari cair menjadi dapat dipulung.  Uleni sebentar.  Simpan dalam kantung plastik.

Hasil
Modeling cokelat masih mudah patah hanya saja modeling bisa dicetak kecil menjadi huruf. Modeling tidak bisa dipipihkan dengan rolling pin karena lengket.

Modeling cokelat bisa dibuat huruf

catatan:
Barangkali mencari gliserin itu merepotkan.  Hasil modeling plus gliserin dan tanpa gliserin hampir sama saja. Sebaiknya sih menggunakan resep yang sederhana saja, hanya 250 g DCC dan 2 sdm glukosa.


cake yang dihias dengan modeling cokelat


cake yang dihias dengan modeling cokelat


cake yang dihias dengan modeling cokelat

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar