» » Puding Ceplok Telur

18 Nov 2014


Puding ceplok telur

Puding segar dengan penampilan seperti telur setengah matang. 

Resep puding ini awalnya dari teman di Cookpad Indonesia.  Hanya saja kurang faham bagaimana cara membuat puding tersebut. Kebetulan si mbaknya tidak menyertakan foto step by step jadi kurang mengerti kalimat yang dimaksud. "Bagian puding yang berwarna kuning di masukkan dalam cucing". Emang apaan ya cucing?  Tidak faham...


Waktu berlalu... sewaktu ikutan pengajian tafsir Al Qur'an, ahli bait (tuan rumah) menyediakan puding ceplok telur ini.  Lalu ibu tuan rumah menerangkan cara membuat puding sambil menunjukkan barang yang disebut cucing itu.  Ternyata cucing adalah cetakan kue talam.  Cetakan tsb ada dijual di toko bahan kue. Ibu Maskudin membuat puding dari tepung custard.


Saatnya membuat puding ceplok telur kebetulan ada moment yang tepat.  Untuk resep puding, paduan resep sendiri dan resep dari teman di Cookpad.  Untuk cara, meniru cara ibu Maskudin.  Untuk rasa... Mas ganteng dan Ahsan suka... Segar...  


Puding Ceplok Telur

Bahan yang diperlukan

Bagian kuning telur
2 buah mangga (sekitar 850 g)
1 buah nutrijel mangga
200 g gula pasir
700 ml air

Bagian putih telur
1 buah agar-agar putih rasa sirsak Nutrijel
150 ml SKM Carnation
700 ml air

Cara membuat

1.  Kupas mangga, potong dadu lalu blender halus.  Masukkan dalam panci: mangga blender, gula pasir, nutrijel mangga, air, aduk rata.  Hidupkan kompor, masak puding hingga mendidih.  Setelah 3 menit masukkan asam sitrat yang ada di kemasan nutrijel.

2. Basahi cetakan talam dengan air.  Masukkan puding mangga kira-kira 3/4 bagian cetakan talam.  Biarkan dingin.  

catatan:  Saat membuat bagian kuning ini cetakan terbatas sedangkan puding di panci masih banyak .  Cara mengakalinya... Biar cepat, kloter pertama puding dimasukkan dalam lemari es.  Puding dalam panci ditutup agar panas tidak cepat hilang.  Setelah dingin,  puding dilepaskan dari cetakan talam lalu tampung dalam wadah.  Cetakan talam lalu diisi dengan puding dari panci, biarkan dingin di lemari es.  Kloter ketiga ternyata puding di panci sudah membeku.  Puding beku ini di panaskan lagi hingga mencair baru dimasukkan dalam cetakan talam.

3. Membuat bagian putih telur.  Nutrijel sirsak, SKM dan air diaduk rata.  Hidupkan kompor, masak hingga mendidih.  Matikan api lalu masukkan asam sitrat.

4. Cara menata puding. Tata kuning telur dalam wadah plastik bundar lalu tuang dengan nutrijel bagian putih. Biarkan dingin.  Puding ceplok telur sudah jadi..


Berikut foto-foto saat mengerjakan puding ceplok telur...


cetakan talam diisi puding warna kuning biarkan dingin



Bagian kuning puding ditata di wadah plastik bundar



Siramkan puding putih disekeliling puding kuning

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar