» » Cannelloni Wortel Siram Saus Bechamel

4 Desember 2014

Mencatat membuat cannelloni yang diisi dengan wortel serut kemudian disiram saus bechamel lalu dipanggang hingga matang.  Cannelloni yakni pasta yang berbentuk tabung.  Cannelloni tersebut dibuat sendiri seperti membuat mie telur.


Cannelloni ini dibuat dalam porsi jumbo, satu loyang ukuran 30 x 35 cm.  Saat dipotong-potong dapat 39 buah, dengan potongan ukuran sedang.  Cannelloni ini dibawa saat ada bussines day di TK Ahsan, tanggal 21 November 2014 silam.

Cannelloni wortel dalam loyang besar


























Resep cannelloni wortel ini diadopsi dari resep yang pernah diposting sebelumnya, Cannelloni Isi Bayam link di sini.  Dalam resep cannelloni isi bayam tersebut porsi hanya untuk 4-5 orang.  

-------------------------

Berikut resep Cannelloni Wortel Siram Saus Bechamel

Bahan yang diperlukan

Cannelloni homemade
200 g terigu cakra kembar
2 buah telur
1/2 sdm minyak goreng
1 jumput garam

Isian 
1 kg wortel
5 buah telur
220 g keju
5 siung bawang putih
3 sdm margarine
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya

Saus Bechamel
80 g tepung terigu segitiga biru
80 g blueband margarine
1 liter susu cair
Pala bubuk/serut halus secukupnya

Cara membuat

1. Kupas wortel lalu serut dengan alat penyerut

2. Geprek bawang putih lalu tumis dengan 3 sdm margarine. Masukkan wortel, tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya.  Masak sebentar saja, jangan terlalu matang. Sisihkan

3. Buat cannelloni homemade.  Tuang di meja kerja terigu, bagian tengahnya dibuat lubang.  Masukkan telur, minyak dan garam.  Campur hingga menjadi adonan yang rata.  Potong menjadi 3 bagian.  Pipihkan hingga ketipisan no 5.  Tambahkan terigu secukupnya saat memipihkan.  Potong sepanjang kurleb 10 cm.

4. Olesi loyang dengan minyak goreng.  

5.  Serut keju, sisihkan 1/4 bagian untuk taburan diatas.

6. Kocok lepas 5 buah telur, masukkan wortel yang sudah ditumis sebentar, keju serut.  Aduk rata, tambah sedikit garam, dan merica bubuk.

7. Ambil satu lembar lempeng mie, isi dengan wortel, gulung, tata di loyang.  Begitu seterusnya hingga loyang penuh.  Sisihkan

8. Buat saus bechamel.  Panaskan 80 g margarine, masukkan 80 g terigu, goreng hingga berbutir.  Masukkan susu cair sedikit demi sedikit.  Aduk sedemikian hingga terigu larut menjadi saus. Tambahkan pala bubuk atau serut secukupnya

9.  Siramkan saus bechamel di atas cannelloni, taburi dengan keju yang tadi disisihkan, juga sedikit wortel serut.  Panggang cannelloni dalam oven panas (suhu 180 C) selama 40 menit.

-----------------------------

bussines day di TK Ahsan...(ada bidadari dibelakang ...)




Bussines day di TK Ahsan

membuat saus bechamel untuk disiram ke atas cannelloni


setelah dipotong-potong


Sempat mencicipi satu potong eh dua ding.  Enak pas panas-panas. Saya suka saus bechamelnya.  Tapi entahlah saat dijual di TK oleh Ahsan, apa enak atau tidak.  Kata bu gurunya Cannelloninya habis.


Maaf ya bu guru, minta harganya lebih dari kue teman Ahsan yang lainnya....

****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar