» » » Ayam Tulang Lunak Selimut Daun Jeruk

22 Januari 2015

Ayam tulang lunak selimut daun jeruk

Eksperimen resep ayam goreng.... beruntung orang rumah suka. 
Memang keluarga Ipin Upin, pecinta ayam goreng sejati.


Penyakit atau hobi ya..semua pekerjaan masak-memasak itu dihargai dan disayang-sayang.  Motonya sih, "kalau tidak diri sendiri yang menghargai pekerjaan di dapur siapa lagi?!"  Bentuk penghargaan terhadap jerih keringat di dapur adalah kuah opor ayam sisa.  Membuat opor itu membutuhkan perjuangan, mengulek bumbu dengan cobek batu, ayam hasil hunting di pasar Simpang Limun, opor diberi santan yang terkadang hasil memarut kelapa sendiri.  Begitu banyak yang dikerjakan.  Jadilah opor ayam.  Terkadang hanya ayamnya saja yang dimakan.  Kuah santan hasil kerja cinta masih tersisa.  Terus kuah opor ini dibuang? 
"Ohhhhh tidak-tidak-tidak."   
"membuang kuah opor adalah membuang cintaku"


Kuah opor sisa segera dihangatkan agar tidak sempat basi, dimasukkan dalam plastik dan disimpan di freezer. Kuah opor ini masih bisa dimanfaatkan sekali lagi.  Baru setelah itu ikhlas untuk membuangnya.  


Kuah opor ini untuk membumbui ayam goreng.  Tinggal ditambah garam saja, ayam kemudian di masak hingga matang.  Kabar baiknya, kuah opor ini untuk ayam tulang lunak dan dapat sambungan positif orang di rumah.  
"Ohhhhh....hal yang paling membahagiakan".
"Tidak buang-buang hasil jerih payah, keluarga suka dan tidak capek bikin bumbu lagi".


Yang spesial dari ayam tulang lunak ini adalah daun jeruk hasil metik sendiri. Hanya punya satu pohon jeruk, dan tiap hari dipetikin.  Sebentar lagi gundul dech...  Daun jeruk fresh baru dari pohon mempunyai bau yang segar, tajam dan membuat masakan lebih enak.  Padahal ada stok daun jeruk di freezer.


Dan kunci utama membuat ayam tulang lunak adalah panci presto.  Tanpa panci presto sepertinya susah kali ya membuat tulang ayam menjadi lunak dan enak untuk dimakan.  Kayak kucing aja.  Yang pasti tulang kan sumber kalsium alami.  Tidak apalah saingan sama kucing,yang penting bisa mencegah tulang keropos.

------------------
Ayam Tulang Lunak Selimut Daun Jeruk

Bahan yang diperlukan

350 g daging ayam
200 g sisa kuah opor (atau berapapun kuah opor yang ada di feezer)
1 1/2 sdt garam

2 butir telur
3 lembar daun jeruk
1 jumput garam

Cara membuat
1. Lumuri ayam dengan sisa kuah opor, tambah garam, biarkan 30 menit agar bumbu meresap.  Tutup panci presto, kemudian masak ayam dalam api medium selama 15 menit dihitung dari panci pertama kali mengeluarkan suara.

catatan: dalam membuat ayam goreng, jumlah garam yang dibutuhkan agak banyak.  Tujuan agar asin garam benar-benar masuk dalam daging. Setelah digoreng biasanya asin ayam pas, dan cocok dimakan dengan nasi.


2. Setelah ayam dingin.  Kocok lepas 2 butir telur, tambah daun jeruk rajang halus, dan garam.  Masukkan ayam, lalu goreng hingga kecoklatan.

catatan: saat menggoreng telur menjalar kemana-mana.  Tidak masalah.  Ayam dibalik bersama telur, terus dibolak-balik, nanti lama-lama telur lengket bagus bersama ayam.



panci presto andalan


Ayam balut telur dibolak-balik hingga lengket sempura



Ayam goreng yang mendadak jadi menu favorit baru


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar