» » » Mie Merah

25 Januari 2015


Ahsan dengan mie merah



Bismillah....mencatat saat membuat mie merah hari Jum'at 23 Januari 2015.  


Saat pergi ke pasar, ada penjual bit warna ungu.  Sengaja beli satu buah untuk membuat mie suatu hari nanti jika ada kesempatan. 


Jum'at kemarin anggota Periska ditraktir makan di Coffebox Medan oleh ibu direktur baru.  Di sana saya memesan mie ayam.  Sampai rumah sekitar jam 1 siang, mulai buat mie merah untuk makan Ahsan.  Jadilah hari Jum'at tersebut saya makan mie terus.


Saat membuat mie tersebut tidak punya stok terigu cakra kembar untuk mie dan roti.  Sudah berputar-putar diberbagai toko tapi terigu cakra kembar tidak kunjung ditemukan.  Akhirnya terigu yang digunakan yang ada di dapur, segitiga biru premium.



Mie Merah

Bahan yang diperlukan

300 g terigu
1 buah telur
1 sdt garam
1 sdm minyak goreng
1 buah bit

4 sdm minyak goreng
4 sdm kecap asin

Cara Membuat

1. Kupas buah bit, potong tipis.  Rebus dengan air secukupnya, tidak terlalu banyak, hingga kira-kira empuk.  Tujuan merebus bit untuk menghilangkan rasa langu.  Setelah dingin, blender bit hingga halus.


2.Terigu diletakkan di meja kerja, buat lubang ditengahnya.  Masukkan garam, minyak goreng, telur, dan sebagian bit. Uleni rata.  Tambahkan bit hingga kira-kira adonan tidak kering dan tidak basah serta mudah dipipihkan di ampia (mesin mie) nantinya. 


3. Belah adonan mie menjadi 4 bagian, masing-masing dipipihkan di ampia hingga ketipisan no 5.  Setelah itu dipotong bentuk mie.


4. Didihkan air, rebus mie hasil dari 1 lembar plat mie, sebentar kira-kira 1-2 menit.  Angkat mie dan tiriskan.  Tambahkan 1 sdm minyak goreng dan 1 sdm kecap asin.  Aduk rata.  Lakukan untuk pelat mie no 2 hingga no 4.
Catatan: jika mie terlalu lama dimasak, warna merah menjadi pudar.


Mie merah



Mie merah dari buah bit


Komentar rasa:
Rasa mie merah enak, tidak terasa langu.  Warna merah menarik perhatian anak untuk makan..

Mie kemarin dimakan dengan kuah bakso...


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar