» » » » Bakso Ikan Goreng

Bakso Ikan Goreng

24 Maret 2015

Membuat bakso ikan yang dibalut tepung panir lalu digoreng.  Resep diambil dari buku tulisan ibu Lilly T. Erwin, 25 Kreasi Antaran Kue Nampan.


Sebelum menuliskan resep akan mengutarakan permasalahan saat memasak bakso ikan goreng terlebih dahulu.

  1. Ikan yang digunakan ikan tuna.  Daging ikan saat mentah berwarna cokelat gelap.  Akibatnya setelah bakso matang, juga akan berwarna kecoklatan.  Sebaiknya menggunakan daging ikan warna putih jika menginginkan warna bakso yang cerah.
  2. Adonan membuat bakso menggunakan tepung tapioka.  Tepung ini bertipe liat.  Jadi setelah bakso digoreng nanti akan agak keras, kenyal dan liat.  "Nenek-nenek dilarang makan" heheheh
  3. Ibu Lilly membuat perbandingan ikan: tapioka = 1:1.  Kemarin tidak mengikuti resep karena pasti rasa bakso ikan kurang nendang. Kemarin membuat bakso ikan dengan perbandingan ikan: tapioka = 2 :1
  4. Hati-hati itu saat menggoreng bakso ikan.  Menggoreng harus dengan api kecil dan sabar.  Jika menggunakan api besar, bakso sudah kecoklatan tapi bagian dalam masih mentah. Saat menggoreng tunggu bakso ikan menggelembung menjadi lebih besar dibanding saat mentah.  Setelah bakso diangkat dan dingin akan kempes lagi.

Bakso Ikan Goreng

Bahan yang diperlukan

300 g daging ikan kakap/tongkol/mas haluskan
150 g tepung tapioka
4 siung bawang merah rajang halus
1 putih telur
1 sdt garam
1 jumput merica bubuk

100 g sosis

1 kuning telur
1 buah telur ukuran kecil
1 jumput garam
60 g tepung panir

minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

1.  Blender dengan chooper/kitchen maschine ikan, tapioka, putih telur, garam, bawang putih, merica bubuk hingga tercampur rata.

2. Potong sosis 1/2 - 1 cm.  Pipihkan adonan ikan, isi dengan 1 potong sosis, bulatkan.  Lakukan hingga habis

3. Kocok lepas 1 kuning telur dan 1 buah telur dalam mangkuk.  Siapkan tepung panir dalam wadah lain.  Gulingkan bakso dalam kocokan telur, lalu dalam panir, tekan-tekan agar panir lengket.

4.  Goreng dengan api kecil hingga bakso mengembang, kecoklatan, matang.  

5.  Sajikan hangat dengan sambal botolan


Ikan dkk setelah diblender





Isi adonan dengan sosis


Komentar Rasa

Bakso ikan goreng yang dihasilkan lumayan banyak, tidak habis oleh keluarga kami.  Bakso ikan goreng disimpan dalam freezer untuk dimakan nanti setelah tidak bosan.

Mencoba menghangatkan bakso ini dengan dioven.  Alasan kalau di goreng akan tambah menyerap minyak.  Ternyata bakso tambah keras nich....

Bakso saat baru matang dan masih hangat enak.  Hanya saja setelah dihangatkan dengan oven jadi kurang maksimal rasanya.


Mungkin teman kalau akan mencoba resep ini jangan terlalu banyak, sehingga hasil masakan pas habis.  Ikan halus 200 g, tapioka 100 g akan menjadi jumlah yang ideal untuk 4-5 orang.

****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar