» » Gnocchi Saus Mayo

19 Maret 2015

Membuat kembali resep gnocchi yang pernah dicatat sebelumnya di tulisan ini.   Saat itu membuat gnocchi dengan saus keju Gorgonzola.  Keju yang diberi jamur Rhizopus sp. sehingga rasanya mirip dengan tempe.  Sekarang tentu tidak ada yang jual Gorgonzola.  Sebagai pengganti dicoba membuat saus menggunakan mayonaise aplikasi panas.




Gnocchi adalah makanan utama asal Italia dengan bahan kentang. Tipe makanan yang anak-anak suka.  Cocok dimasak saat si mas sedang dinas luar agar tidak masak dua kali.


Gnocchi Saus Mayo

Bahan yang diperlukan

500 g kentang
150 g tepung terigu
Garam secukupnya

1/2 buah bawang bombai
2 sdm margarine
1 jumput merica bubuk
5 sdm mayonaise aplikasi panas
Garam secukupnya

Cara Membuat

1. Rebus kentang dalam air yang sudah diberi garam secukupnya hingga empuk.  Angkat kentang, tiriskan, buang kulitnya lalu tumbuk saat masih hangat.

2.  Tambahkan 150 g terigu, garam, aduk rata kemudian uleni hingga kalis.

3. Bulatkan adonan hingga habis.  Ambil garpu pegang dengan tangan kanan.  Beri hiasan dengan cara menurunkan bulatan gnocchi dengan ibu jari tangan kiri, dari atas ke bawah jari garpu.

4. Panaskan air hingga mendidih, masukkan gnocchi lalu masak hingga mengambang dan matang.  Angkat gnocchi, tiriskan.


5. Rajang dadu bawang bombai, tumis hingga layu dan harum dengan 2 sdm margarine.  Masukkan 5 sdm mayonaise, garam secukupnya dan merica bubuk.  Tambahkan sedikit air.  Masak hingga mendidih.  Matikan api

6. Sajikan gnocchi dengan saus mayonaise.


Saus mayonaise


Apa bisa mayonaise aplikasi panas diganti dengan mayonaise biasa dalam kemasan botol kaca atau wadah plastik?  Jawabannya bisa saja.  Mungkin mencoba membuat saus dengan 2 sdm mayonaise dulu.  Kalau suka, bisa dibuat lagi saat makan gnocchi berikutnya.


***** 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar