» » » Stup Ubi Ungu

1 Maret 2015



stup ubi ungu


Stup yang dibuat beberapa hari lalu.  Stup hampir mirip dengan kolak, hanya saja tanpa santan.  Ide membuat stup ubi ungu dari stup pisang yang disajikan oleh kakak ipar.  Saat pulang kampung lebaran tahun 2014, puka puasa di rumah beliau dengan stup pisang.  Seger, ringan, tidak bersantan.  Kenapa tidak stup diuji coba pada ubi ungu.


Stup biasanya diberi rempah kayu manis.  Kemarin iseng menambahkan jahe.  Menurut saya sih, stup jadi terlalu tajam rasa rempahya.  Lain kali jahe tidak usah dipakai.


Ada pengalaman baru tentang kayu manis.  Kemarin beli kayu manis di toko rempah India di pajak (pasar) Titi Kuning Medan. Kayu manis yang digunakan untuk stup hampir sepanjang 15 cm.  Ternyata aroma kayu manis tidak tajam.  Kenapa ya? Mungkin karena kayu manis masih fresh, baru panen?  Ataukah kayu manis diambil dari kulit batang yang masih muda.  Selama ini memakai kayu manis cukup 2 cm saja sudah cukup tajam dipakai sebagai aroma. 


Ubi ungu dibuat bulat, dengan campuran tepung tapioka.  Proses pembuatan bulatan sama dengan biji salak.  Teori dalam membuat biji salak, ubi yang masih panas langsung ditumbuk lalu ditambahkan dengan tepung tapioka.  Nah.. kemarin ubi ungi sudah dikukus malam sebelumnya.  Mau langsung ditumbuk saat masih panas, tidak jadi.  Rasa malas datang menguasai.  Akirnya ubi ditumbuk di hari berikutnya. Bahkan sempat disimpan di lemari es.  Ternyata bulatan ubi ungu jadi juga, bagus, tidak pecah.


Stup Ubi Ungu

Bahan yang diperlukan

400 g ubi ungu kukus
100 g tepung tapioka
50 g gula pasir
1 jumput garam

15 cm kayu manis (tergantung selera)
2 cm jahe (optional)

1 jumput garam
100 g gula merah 
50 g gula pasir.

Cara membuat


  • Kukus ubi ungu hingga lunak dan matang
  • Tumbuk ubi hingga halus, masukkan tepung tapioka, gula pasir, satu jumput garam, aduk rata.
  • Bulatkan adonan ubi
  • Didihkan air, lalu masak hingga mengambang
  • Masukkan gula merah yang sudah disisir halus, gula pasir, kayu manis dan satu jumput garam.  Didihkan kembali.
  • Matikan api.




Campur ubi ungu dengan tapioka dan gula pasir


Bulatkan ubi, masukkan ke air mendidih, tambah kayu manis dan gula





stup ubi ungu

Komentar rasa

Memang penyuka ubi, jadi stup ini bagi saya enakkkk banget.  Agak sedikit menyesal kenapa ditambah jahe.  Walaupun begitu, enak-enak aja.  Apalagi tanpa santan, lumayan mengurangi kalori...

***


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar