» » » » Wind Beutel atau Kue Sus

Kue Sus


27 Maret 2015

Wind beutel (Jerman) artinya kantung angin.  Kue setelah dipanggang akan menggelembung bagian dalamnya.  Kita mengenalnya sebagai kue sus.  Mungkin karena rongga inilah maka disebut kue kantung angin.


Mencoba membuat kue sus ini 2 tahun lalu.  Ternyata saat itu percobaan tidak dicatat.  Coba di cari diblog ini ternyata belum ada tulisan kue sus.  Saatnya mencatat pengalaman membuat kue berongga ini. Ada banyak catatan kue sus dengan langkah yang sama hanya beda di jumlah takaran.  Untuk kue sus postingan sekarang mencoba resep teman di sini.


Saat pertama kali mencoba membuat kue sus 2 tahun lalu.  Membuat kue dengan modal mentor buku.
 "Eh aneh ya masak terigu digoreng dengan mentega"
"Kan adonan menjadi matang"
"Emang nanti setelah matang apa bisa ya kue jadi berongga seperti bola gitu?"


Jawabannya adalah  membuat kue sus seperti bermain sulapan.  Bagi saya sesuatu yang menakjubkan.  Semakin terkagum-kagum dengan tepung terigu.  Dari satu jenis bahan makanan ini bisa dibuat aneka makanan dengan rasa sangat berlainan.  Setelah matang adonan kue sus, yang tadinya bulat kecil akan mengembang 2-3 kali volume awal.


Kue sus biasanya diisi dengan vla, puding atau wheap cream.  Untuk kue sus ini mengikuti resep teman dibuat sus kering.  Sus dipanggang di 2 macam suhu, 200 C dan 150 C.  Permasalahan itu muncul saat mengoven menggunakan oven tangkring tanpa suhu.  Jadi tidak bisa mengikuti tepat petunjuk resep.   Setelah matang sus seperti layaknya kue sus yang dijual di toko kue.  Saat baru matang sus kering ini agak krispi tapi setelah dingin jadi lembab biasa.  Kue sus lebih nikmat kalau diisi dengan wheap cream.  Hanya saja kemarin sih kue sus dimakan begitu saja.


Oh iya... membuat sus agar lebih cantik sebaiknya dimasukkan dalam piping bag.  Kemudian dicetak bulat kecil.  Hanya saja adonan ini bisa sangat lengket ke piping bag, terutama dari bahan semacam katun.  Proses mencuci piping bag hingga bersih kembali adalah pekerjaan berat bagi saya.  Berdasarkan pengalaman tersebut proses membuat kue sus kali ini cukup dibulatkan dengan telapak tangan.


Sus Kering

Bahan yang dibutuhkan

250 ml air
100 g margarine
1/2 sdt garam
125 g terigu
1/2 sdt baking powder
3 butir telur

Cara membuat

1. Panaskan air, margarine, garam hingga mendidih.  Masukkan terigu, aduk rata, masak hingga kalis. 

2. Mikser telur dengan baking powder lalu masukkan adonan terigu sedikit demi sedikit.  Mikser rata.

3. Olesi loyang dengan margarine, taburi dengan tepung terigu

4. Olesi telapak tangan dengan minyak, bulatkan adonan sebesar kelereng.  Letakkan dalam loyang.  Adonan akan mengembang jadi agak diberi jarak.

5.  Sementara itu panaskan oven terlebih dahulu.

6.  Panggang kue sus pada suhu 200 C selama 20 menit lalu turunkan ke suhu 150 menit selama 20 menit.  Catatan tidak mengikuti aturan suhu ini.  Kue sus dipangang dengan api sedang selama 30 menit.



Membantu ibu membuat adonan kue sus




Olesi telapak tangan dengan minyak lalu bulatkan adonan sus sebasar kelerang




Adonan sus masih mentah





Sus mulai membesar dan berongga dalam oven



Kus sus yang sudah matang


*****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar