» » » Beda Perlakuan Putih Telur Pada Royal Icing

15 Juni 2015


Bunga royal icing sebaiknya menggunakan cara mikser langsung putih telur dan gula icing


Royal icing adalah bahan penghias cake serta kue dari bahan putih telur dan gula bubuk.  Royal icing biasanya digunakan sebagai penutup permukaan cake.  Royal icing bisa juga digunakan sebagai hiasan berupa aneka bentuk bunga, tali dan sulur.


Bahan Royal Icing
1 buah putih telur suhu dingin
250 g gula icing 
1 sdm air jeruk nipis atau jeruk lemon


Cara membuat royal icing

Ada 2 macam cara membuat royal Icing.  Bahan sama hanya berbeda pada langkah memperlakukan putih telur.  Langkah berbeda, ternyata royal icing pun akan berbeda hasilnya.  Walaupun dari segirasa sama saja.

1. Satu buah putih telur, air jeruk dan gula langsung dimikser hingga lembut dan tercampur rata. 


Langkah no 1 akan menghasilkan tekstur royal icing keras, tidak mudah patah.  Royal icing tipe keras ini sebaiknya digunakan untuk membuat aneka hiasan berupa bunga dan sulur.  Bunga tidak mudah patah dan rusak.

2. Satu butir putih telur dimikser hingga kaku, tambahkan air jeruk, gula icing sedikit demi sedikit sambil terus dimikser hingga konsistensi yang diinginkan.

Langkah no 2 ini menghasilkan royal icing lebih rapuh, tidak terlalu keras saat digigit.  Royal icing ini lebih tepat digunakan sebagai penutup permukaan cake.  Dengan begitu cake nantinya mudah dipotong dan royal icing mudah dikunyah.


Menentukan Konsistensi Royal Icing

Tingkat kekentalan atau konsistensi royal icing tergantung jumlah gula icing yang dipakai.  Lebih banyak gula, tentu saja royal icing menjadi lebih pekat dan kaku. Royal icing lebih banyak gula digunakan untuk membuat garis, bunga.  Sedangkan royal icing lebih encer digunakan untuk menutup permukaan cookies atau kue kering.



Gula Icing
Apa sebaiknya gula yang dipakai untuk royal icing?  

Saat di Goettingen (Jerman) dulu, di pasaran dijual gula bubuk dalam kemasan karton berat 250 g.  Gula ini bisa dipakai sebagai royal icing.

Setelah pulang ke Medan.  Tidak ada yang jual gula bubuk.  Mencoba membuat gula bubuk sendiri, dari bahan gula pasir yang diblender halus.  Ternyata gula ini tidak bisa dipakai sebagai gula royal icing.  Ada juga gula bubuk, dikemasan tertulis gula dingin untuk donat.  Gula ini juga tidak bisa dipakai sebagai gula icing.  Royal icing tidak sempurna, dan sulit saat bekerja membuat aneka bentuk.


Mencoba beli gula bubuk kemasan, merk Haan.  Gula ini bisa digunakan untuk royal icing.  Saat itu beli gula di Berastagi Supermarket.  Ada 3 merk gula icing di supermarket tersebut.  Saya baru mencoba yang merk Haan ini.  Harga 425 g Rp 14.000,- dengan hasil royal icing bagus...



gula icing merk Haan


Cara Aplikasi Royal Icing

Royal icing mudah kering, jadi royal icing yang masih ada dalam baskom mikser harus segera ditutup serbet.

Royal icing dimasukkan dalam contong dari kertas oven, tekuk atau kunci bagian atas, gunting bagian ujung, lalu digunakan untuk membuat line.

Contong kertas dimasukkan mata piping untuk mawar, masukkan royal icing, tekuk atau kunci bagian atas, lalu mulai membuat mawar.


Teori mudah....hasilnya mana mbak?  Hehehe hasilnya masih berantakan....



contong tempat royal icing sebelah kanan atas



royal icing sebaiknya pakai cara mikser langsung putih telur dan gula icing


Bentuk warnya masih ngaco...



Catatan sebelumnya tentang royal icing di sini, termasuk diberikan foto cara membuat contong dari kertas panggang.


****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

5 komentar:

  1. terimakasih banyak, menarik sekali informasinya...

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-radang-pankreas/

    BalasHapus
  2. Kalo utk bunga icingnya sampai soft peak atau stiff peak ya mbak?

    BalasHapus
  3. Hallo mbak Ratih...putih telur dimikser hingga stiff peak mbak...

    BalasHapus
  4. Mau naya jdi untk buat royak icing hrs pake gula khusus ya?

    BalasHapus