» » » Kuker Kupu-Kupu Hias Simpel Royal Icing

27 Juni 2015

Kue kering bentuk kupu-kupu sepertinya cocok nich untuk sajian lebaran nanti.  Minggu kemarin membuat kuker ini untuk snack box.   Agar menarik kuker dihias sederhana dengan royal icing.


Kuker Kupu-kupu Hias Simpel Royal Icing



Kunci kuker renyah dan rapuh saat digigit adalah perlakuan suhu dingin.  Butter dimasukkan dalam freezer 5 - 10 menit sebelum digunakan, demikian susu cair.  Sudah terbukti. Saking rapuhnya kuker, harus ekstra hati-hati saat dimasukkan dalam kemasan plastik.


Kuker diberi hiasan royal icing.  Royal icing itu terdiri dari 250 g gula icing, 1 butir putih telur, 1 sdm air jeruk.  Ada 2 langkah membuat royal icing.  
1. Putih telur, air jeruk dan gula icing langsung dicampur kemudian di mikser hingga kekentalan yang diinginkan.
2.  Putih telur dimikser hingga kaku baru ditambahkan gula icing dan air jeruk.

Beda langkah, beda royal icing yang dihasilkan.  Royal icing langkah pertama, menghasilkan tekstur icing kaku.  Sedangkan langkah kedua, menghasilkan tekstur royal icing rapuh mudah patah.


Terus mana yang sebaiknya dipakai untuk menghias kuker?  Jawabanya adalah langkah 1, putih telur, air jeruk dan gula icing langsung dicampur kemudian dimikser.  Royal icing dengan tekstur kuat untuk menyokong kuker yang rapuh.


Royal icing langkah kedua digunakan untuk apa?  Royal icing dapat digunakan jika ingin melapisi permukaan cake dengan royal icing.  Dengan cake mudah saat dipotong.


Resep kuker sudah pernah diposting sebelumnya disini.  Resep  yang dibuat kembali menandakan resep tersebut rekomen untuk dicoba.  


Oh iya kuker ini menggunakan campuran butter dan margarine.  Kalau di resep pertama yang ditulis dulu, kuker pakai butter aja.


Saat membuat snack box kemarin, membuat 2 kali resep kuker. Cara mengerjakannya 1 resep dibuat adonan, lalu disimpan dalam lemari es.  Membuat adonan resep kedua, lalu disimpan dalam lemari es.  Setelah itu adonan diambil secukupnya untuk dicetak.  Ambil adonan selanjutnya untuk dicetak hingga adonan di lemari es habis.  Kenapa harus dikerjakan seperti itu?  Jawabnya adalah perlakuan suhu dinginlah kunci mengapa kuker empuk dan rapuh.

Selanjutnya tinggal dilakukan proses mengoven.


Berikut dituliskan kembali resep kuker.  

Kuker Kupu-kupu Hias Simpel Royal Icing

Bahan yang diperlukan

250 g tepung terigu
100 g butter simpan di freezer 10 menit
90 g margarine simpan di freezer 10 menit
5 sdm susu cair dingin
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam

250 g gula icing (beli di toko bahan kue)
1 buah putih telur suhu dingin
1 sdm air jeruk lemon/jeruk nipis

Cara membuat

1.  Letakkan terigu di meja kerja, buat lubang ditengahnya lalu masukan susu cair, gula pasir dan garam.  Potong dadu butter dan margarine, letakkan di sisi terigu.  Ambil pisau dapur besar lalu cacah butter+margarine hingga tercampur rata.  Uleni sebentar dengan tangan lalu bulatkan.  Simpan adonan dalam lemari es.

2. Potong adonan menjadi 4 bagian.  Ambil 1/4 bagian, pipihkan 3-4 mm, lalu cetak bentuk yang diinginkan.  Ambil 1/4 bagian adonan berikutnya hingga adonan di lemari es habis.

3. Panaskan oven terlebih dahulu suhu 180 C. Panggang kuker selama 12 menit.


Menghias dengan Royal icing

1. Campur 1 butir putih telur dingin, 3/4 gula, air jeruk, lalu mikser hingga rata.  Tambahkan pewarna dan sisa gula, lanjutkan memikser hingga kekentalan yang diinginkan.

2. Buat wadah dari kertas panggang.  Potong kertas panggang bentuk segitiga.    Sisi terpanjang digunakan sebagai ujung wadah.  Masukkan royal icing.  Potong bagian ujung secukupnya lalu hias kuker.


wadah tempat royal icing dari kertas panggang (kanan atas)


gula icing


cacah terigu, butter, margarine, gula, garam, susu cair dengan pisau dapur





Uleni sebentar, bulatkan lalu simpan di lemari es




 cetak bentuk kupu-kupu




Kuker siap panggang



snack box




Kuker kesukaan saya... "ah my God"  enak banget...kuker cenderung tawar dan rasa manisnya jadi pas dengan tambahan royal icing.  Perfect!

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar