» » serba-serbi me'manage' Snack Box

30 Juni 2015

Ingin menuliskan pengelolaan waktu membuat snack box sekaligus satu buah cake ulang tahun.  Ternyata membuat snack box isi 5 macam sebanyak 50 buah dan cake itu membutuhkan tenaga yang lumayan.  Semua pekerjaan kemarin dilakukan sendiri.  Tentu saja kue-kue tersebut membutuhkan waktu pengerjaan tidak cukup hanya satu hari.  Semua insya allah bisa dikerjakan, dengan cara mencicil....  Snack box memerlukan waktu pengerjaan kurleb 1 minggu termasuk belanja bahan makanan, kardus, plastik, kemasan lain dan melipat kardus.






Proses pengerjaan yaitu membuat: risoles mentah lalu simpan dalam freezer, kue bawang, kue kering kupu-kupu dan hiasan royal icing, kue ulang tahun, paha ayam, pizza, menggoreng risoles dan menata snack box.  Rabu 3 Juni 2015 jam 8 pagi semua pekerjaan selesai.


1. Membuat risoles H-5.  Risoles makanan basah tapi malah dibuat yang pertama.  Betul. Membuat risoles tergolong ribet sehingga malah harus dilakukan jauh-jauh hari.  Proses pembuatan risoles meliputi membuat rogut isian, membuat kulit dadar, membungkus dan mencelupnya dalam panir lalu menggoreng.  


Untungnya risoles mentah itu bisa disimpan dalam freezer.  Hasil risoles fresh langsung goreng dengan risoles setelah disimpan dalam freezer tidak berbeda.  Jadi risoles setelah dibalur panir, ditata 1 lapis dalam plastik gula 2 kg, lalu disimpan dalam freezer. Risoles beku ini tahan lama mungkin hingga 2 bulanan atau bahkan lebih.  Setelah hari yang diperlukan tiba, tinggal defrozing risoles kemudian digoreng.  


risoles setelah digoreng


Menggoreng risoles pagi hari, hari H , sebelum snack box mau dibawa ke lokasi.  Resep risoles di sini.  Risoles dibuat 3 kali resep.  Hasilnya lebih dari 50 buah, sisanya untuk kudapan keluarga.


2. Membuat kue bawang H-4.  Kue bawang setelah dingin langsung di masukkan dalam wadah plastik kecil berklip.  Dengan begitu kue bawang kedap udara dan tetap crunchy.


Kue bawang yang dibuat 4 kali resep.  Resep pernah ditulis sebelumnya di sini.


proses menata snack box


3. Membuat paha ayam oreo, hiasan bunga dari royal icing dan ganache H-3.  Resep paha ayam di tulisan sebelumnya di sini.  

Paha ayam dihias dengan royal icing, dimasukkan plastik berklip lalu disimpan dalam lemari es.



4. Membuat cake ulang tahun H-2.  Membuat cake ultah membutuhkan waktu satu harian.  Pagi hari membuat cake dasar, setelah cake dingin lalu dilakukan proses menghias.  Cake dihias dengan ganache.  Ganache ini malah dibuat sehari sebelum membuat cake dasar.  Ganache harus disimpan dalam lemari es agar kaku dan dapat digunakan untuk menghias cake.



cake ulang tahun

5. Membuat pizza H-1.  Pizza ini hanya disimpan di suhu ruang, sehinga waktu yang tepat adalah sehari sebelum snack box dibawa ke lokasi.  Pizza dibuat 4 kali resep atau digunakan terigu sekitar 2 kg.  Resep pizza sudah pernah ditulis sebelumnya disini.di sini.


Pizza dibuat bulat kecil, dioles saus tomat bumbu oregano, tabur sosis dan paprika.



Pizza siap dipanggang



pizza sudah matang tidak rata buletnya...

6.  Hari H...menggoreng risoles dan memasukkan ke dalam kardus.


Hahhh... koki kelas rumahan yang biasanya memasak hanya untuk 4 orang, tiba-tiba harus memasak untuk porsi 50 orang.  Jadinya agak-agak heboh gitu selama satu minggu...

Alhamdulillah...


****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar: