» » » » Saus Tomat Buatan Sendiri

2 September 2015

Bismillah.  Mencatat percobaan membuat saus tomat.  Resep diambil dari buku chef terkenal Jerman, Horst Lichter.
Liechter H. 2009. Alles in Butter. Wilhelm Goldmann Verlag: Muenchen.


Saus tomat buatan sendiri


Saus tomat dengan rasa original.  Saya perpendapat, rasa saus tomat ini sebenar-benarnya saus.  Saus enak, terasa banget homemadenya. Fresh!


Memang dari segi kepraktisan, kurang praktis. Tapi dari segi kesehatan, nomor satu, tanpa zat aditif tentunya.


Saus tomat ini bisa jadi ide untuk pengabdian masyarakat.  Terutama untuk mahasiswa KKN didaerah sentra produksi tomat.  Beberapa minggu kemarin diberitakan, petani tomat membuang tomat begitu saja karena harga per kg murah sekali.  Sayang, kerja keras selama 3 bulan terbuang tidak menghasilkan.  Jika dilakukan pengawetan tentu ada nilai jual lebih.  Setelah jadi produknya harus dilakukan pendampingan agar saus tomat sampai di tangan konsumen. Butuh tidak hanya relasi juga pengawasan produk saus sehingga benar-benar aman dan hiegenis. Butuh seseorang yang bisa menghubungkan mata rantai!


Kritik terhadap resep.  Resep saus tomat ini diambil dari Jerman.  Bumbu yang digunakan salah satunya bawang bombai.  Penggunaan bawang ini bisa disesuaikan dengan sikon, harga bawang mana yang lagi murah.  Kalau bawang merah biasa lebih murah, kenapa harus menggunakan bawang bombai.  Tapi kasus beberapa bulan kemarin bawang merah sempat meroket hingga Rp 38.000,- per kg, tentu lebih untung menggunakan bawang bombai.




Saus Tomat Buatan Sendiri "Ketchup"

Bahan yang diperlukan

1 kg tomat
1 buah bawang bombai ukuran besar
2 sdm minyak 
125 ml cuka yang sudah diencerkan
2 sdm gula pasir
1 ruas kunyit
10 biji merica bulat
3 buah cengkih
4 buah kapulaga
1 sdt garam

Cara membuat

1. Cuci tomat hingga bersih, buang daerah bekas tangkai, lalu potong dadu.

2. Potong dadu bawang bombai lalu tumis dengan 2 sdm minyak hingga layu dan harum.

3.  Masukkan dalam panci: tomat, tumisan bawang bombai, kunyit yang sudah diuleg halus, garam, gula pasir, merica, kapulaga, cengkih.  Masak tomat.

4. Sementara itu encerkan cuka makan, 1 bagian cuka dengan 3 bagian air, lalu ukur volumenya hingga 125 ml.  Masukkan cuka dalam panci tomat.

5.  Didihkan tomat, lalu kecilkan api, lanjutkan memasak selama 30 menit.

6.  Ambil cengkih dan kapulaga.  Hancurkan tomat dengan handmikser atau alat yang lain.  Masukkan kembali saus tomat dalam panci, didihkan kembali.

7. Untuk sterilisasi, rebus botol kaca dalam air mendidih selama 5-10 menit.  Angkat botol.  Saat masih panas masukkan saus tomat, tutupkan tutup botol, buka lagi untuk mengeluarkan uap, lalu tutup terus.  Biarkan botol hingga dingin.  Setelah botol dingin simpan dalam lemari es.  Kalau saus tomat dikemas sistem "vacum air", belum tahu ilmunya nich.  Tentu saja saus tomat tidak perlu disimpan dalam lemari es agar awet.



enerkan 1 bagian cuka dengan 3 bagian air ukur volume hingga 125 ml




Rempah: kunyit uleg halus, 10 merica bulat, 3 buah cengkih dan 4 buah kapulaga




Saus tomat buatan sendiri


****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar