» » » Soto Blora

3 September 2015

Bissmillah. Mencatat soto dari daerah Blora Jawa Tengah.  Soto yang unik karena terdapat taburan singkong rebus kemudian digoreng kering.  Soto bening tanpa santan yang tiba-tiba menjadi kesukaan  keluarga.  Rasa soto 'mild' tidak terlalu berempah. 


Soto Blora


Resep soto diambil dari buku, Aneka Soto Nusantara terbitan Kriya Pustaka.


Cerita tentang ayam.  Harga daging ayam potong yang melonjak tajam, per Kg di pasar tradisional Medan mencari Rp 32.000,00.  Mungkin karena imbas harga dolar yang mencari Rp 14.000,00 ya.  Semoga harga bisa kembali turun.  


Ayam yang digunakan untuk soto menggunakan ayam kalasan.  Ayam kalasan ini beda dengan ayam kampung.  Kurang tahu dimana bedanya ya???  Yang jelas beda dari segi harga, ayam kalasan lebih murah 10 ribu rupiah.  Ayam kalasan lebih cepat empuk, mungkin karena ayam masih muda.  Dari segi rasa dan penampakan ayam kalasan ini mirip ayam kampung.  Ya secara naluri alamiah emak-emak,tentu pilihan jatuh pada ayam kalasan yang lebih murah tapi rasa tetap mirip ayam kampung.

Soto Blora

Bahan yang diperlukan

Bumbu halus
8 buah bawang merah
4 butir bawang putih
1 sdt ketumbar, sangrai
1/4 sdt jintan, sangrai
1/2 sdt merica butir, sangrai
3 sdm minyak goreng

Bumbu rempah
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai

25 ml air

1500 ml air kaldu
1/2 sdm kecap manis
1/2 sdt gula pasir

1 ekor ayam kalasan (2 buah dada ayam goreng, suwir)
100 g singkong kukus, potong dadu, goreng 
3 buah telur rebus

100 g taoge, siram air panas, tiriskan
25 g soun kering, seduh air panas, tiriskan
1 batang daun bawang
1 batang seledri

Cara membuat

1. Kukus singkong, potong dadu lalu goreng

2. Rebus ayam yang sudah dipotong-potong hingga daging empuk.  Tiriskan ayam bumbui dengan ulegan bawang putih dan garam, lalu goreng hingga kecoklatan.

3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.  Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, tuang air.  Aduk dan masak bumbu hingga air habis dan bumbu matang.  Sisihkan

4.Masukkan tumisan bumbu dalam air kaldu, tambahkan kecap manis, gula pasir dan garam.  Koreksi rasanya.

5. Sajikan di mangkuk: soun, ayam goreng, taoge, singkong, daun bawang, seledri, telur rebus.  Siram dengan kuah soto.  Hidangkan panas dengan taburan bawang merah goreng. 



Soto Blora



Catatan:

Sudah dua kali mencoba soto ini. Tidak punya singkong, jadi diganti dengan bahan yang ada di dapur seperti ubi jalar dan kentang.  Kentang atau ubi jalar dikupas lalu dipotong dadu kemudian direbus hingga matang tapi belum pecah.  Goreng kentang atau ubi jalar hingga kecoklatan.  Masukkan kentang atau ubi jalar dalam mangkuk saji.



****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar