» » » Ayam Hainan Sederhana

11 November 2015

Selalu ada rasa bahagia bisa menambah catatan blog masak.  Menulisnya enjoy, lancar jaya, ditemani alunan musik radio.  Fokus, menikmati dan selalu melakukan termudah terbaik yang bisa dilakukan.

Menyinggung sedikit tentang fokus. Informasi yang sampai di kelapa bisa merusak mood dan fokus.  Informasi ini bisa berasal dari teman, ustazah, sosial media, koran dll.  Informasi yang tidak baik, kalau saya, sengaja dijauhi, tidak dibaca atau jika terpaksa mendengar segera diusir jauh dari kepala.  Contohnya informasi tentang penampokan, pembunuhan,dan kekerasan lain.  Informasi tersebut langsung tidak langsung akan membuat cemas.  Berbuntut mencemaskan anak-anak yang pulang dan pergi diantar jemputan sekolah.  Informasi berbuntut perasaan negatif.  Apa yang difikirnya dan dicemaskan biasanya malah akan terjadi.  Allah SWT pun sudah memperingatkan, "Aku sesuai prasangka hamba KU".  

Daripada-daripada.  Mending otak dan fikiran diisi hal positif yang membuat hari dapat dijalani dengan semangat dan bermanfaat.  Sekecil apapun itu bentuk manfaat.  So...informasi negatif "hush hush menjauh lana!" (curhat kemarin terpaksa mendengar informasi tentang perampokan, pembunuhan dan pemerkosaan)

--------------------
Resep masakan yang sudah dicoba dan ingin ditulis yakni Ayam Hainan.  Resep ini resep mamanya creator Cookpad Indonesia, resep asli di link berikut ini.  

Masakan oriental, yang jarang dimasak.  Ada sensasi rasa berbeda.  Keluarga pun lahap menikmatinya.

Proses memasak resep asli menggunakan ricecooker.  Tidak punya ricecooker yang besar, kemudian ada perasaan nanti ayam kampungnya masih keras.  Proses memasak yang dicoba kemarin diubah dengan cara dikukus.


Ayam Hainan

Ayam Hainan
Resep Soegianto Wijaya's mother

Bahan yang dibutuhkan
1 ekor ayam kampung
4 cangkir beras

2 ruas jahe
8 siung bawang putih
3 sdm minyak wijen
1,5 sdm margarine
1 sdm garam
merica bubuk secukupnya

air secukupnya

Cara memasak
1. Uleg halus jahe dan bawang putih

2. Tumis jahe dan bawang putih dengan 1,5 sdm margarine hingga kecoklatan.  Masukkan ayam kampung yang sudah dipotong-potong dan di cuci.  Tutup penggorengan, agar ayam mengeluarkan air.  Setelah air dari ayam menyusut tambahkan air putih secukupnya.  Masak ayam dengan api kecil 5-10 menit.

3. Masak nasi dengan kaldu dan ayam di no2, tambah air secukupnya, 3 sdm minyak wijen, merica bubuk dan 1 sdm garam. Aduk-aduk agar nasi tidak gosong. Masak nasi hingga air habis.  Matikan api.

4. Didihkan air di dandang sarangan.  Masukkan nasi dan ayam dalam loyang.  Kukus nasi hainan selama 30 menit.  Nasi hainan siap dinikmati.


Masukkan nasi ayam aron dalam loyang

kukus 30 menit


catatan:
1.  Ayam kampung benar-benar empuk hingga mudah rusak.

2.  Lain waktu jika ingin memasak resep ini menggunakan ricecooker.  Catatan ayam kampung yang digunakan masih muda, sehingga proses pemasakan selama 10 menit dalam penggorengan tertutup, sudah cukup membuatnya empuk. 

3.  Jika menggunakan ricecooker.  Setelah ayam dimasak dalam penggorengan selama 10 menit, dimasukkan dalam wadah ricecooker, bersama nasi dan air hangat secukupnya.  Nyalakan ricecooker.  Klik matanag, sudah jadi nasi hainannya...


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar