» »Unlabelled » Bandeng Inside Out

7 Februari 2016


Add caption


Bandeng inside out (IO), seperti judul film.  Salah satu resep mengolah ikan goreng dengan cara, daging dikeluarkan terlebih dahulu baru dimasukkan kembali.   Ikan bandeng, salah satu jenis ikan dengan daging gurih tetapi duri-duri kecilnya banyak sekali.  Duri ini jika tertelan sering menyangkut di tenggorokan dan menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasi hal tersebut, resep bandeng IO ini layak dicoba.  Isian ikan bisa ditambahkan sayuran sehingga anak-anak yang tidak suka sayur tanpa sengaja sudah mengkonsumsinya.


Kelebihan bandeng IO, duri ikan dibuang saat proses memasak sehingga nyaman dikonsumsi.  Kelemahannya, tentu saja proses pengerjaannya ribet, butuh ekstra kesabaran.  Tapi asal ada kemauan, sesuatu yang terlihat berat, setelah dijalani biasa saja.


Pengalaman pertama menguliti ikan.  Awalnya mengira kulit bakal sobek sehingga tidak terlihat bentuk ikan lagi.  Ternyata....kulit bandeng itu liat dan kokoh.  


Hal lain yang perlu diperhatikan, sebaiknya sisik bandeng tidak usah dibuang.  Kulit kesat saat dipegang sehingga proses mengeluarkan daging lebih mudah.  Juga proses menggoreng harus dengan api kecil dan durasi lama sehingga isian ikan benar-benar matang.  Jangan lupa menutup penggorengan agar tidak terpercik minyak goreng panas.

Bandeng IO
Resep by Mrs. Selli Salbiah at Cookpad Indonesia link


Bahan yang diperlukan

1 ekor ikan bandeng
1 ikan bayam
2 siung bawang putih
3 buah bawang merah
merica bubuk secukupnya
1 sdm tepung sagu
1 buah telur
garam secukupnya

minyak goreng untuk menumis secukupnya


Cara memasak

1.  Belah ikan di bagian perut, membujur dari kepala hingga ekor.  Tarik keluar duri utamanya.  Kerok daging yang tersisa dengan sendok.  Tarik keluar juga insang ikan.  Buang duri-duri kecil yang berada dalam daging bandeng.

Keluarkan daging dan duri dari ikan


2.  Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.  Tambahkan merica bubuk dan garam.  Masukkan daun bayam, tumis hingga layu, lalu matikan kompor.



3.  Campur rata daging ikan, telur, sagu dan tumisan bayam.

Campur rata daging, telur, sagu, tumisan bayam


4.  Masukkan isian kembali ke dalam ikan, semat dengan lidi agar isian tidak keluar.

5.  Panaskan minyak lalu goreng bandeng dengan api kecil, wajan tertutup sehingga matang dan kecoklatan.  Proses menggoreng kurang lebih selama 20 menit.


Semat perut ikan dengan lidi



Goreng ikan hingga matang kurleb 20 menitan




Ikan bandeng IO yang gurih dan enak

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar