» » » Telur Asin Bawang

11 Mei 2016

Bissmillah.....

Membuat catatan pembuatan telur asin dengan rasa bawang.  Sekian lama tidak menulis resep  yang pernah dicoba.  Bersyukur hari-hari dijalani sesuai yang diimpikan: ke lapangan, menulis naskah untuk jurnal, mengajar dsb.  Fokus waktu beralih sehingga blog masak menjadi jarang disentuh.  Walau begitu, akan berusaha tetap menghidupkan blog yang seperti rumah maya.

Telur asin bawang dengan hiasan bunga labu yang tumbuh di halaman belakang

Telur asin dengan rasa bawang.  Unik, sehingga menimbulkan rasa penasaran untuk mencoba.  Resep dilihat dari blognya mbak Elvira di sini.

Komen rasa:  Telur asin dari telur bebek, sekilas rasa seperti telur asin biasa dengan semir rasa bawang.  Rekomen untuk dicoba.

Teknik pembuatan:

  1. Dulu pernah mencoba membuat telur asin.  Telur yang digunakan dari bebek dan ayam.  Garam yang dipakai, dipilih garam kasar dengan harga paling murah.  Alasan klise ibu-ibu rumah tangga, penghematan.  Garam dimasukkan dalam air mendidih sulit sekali larut.  Sampai air mendidih kembali pun garam tetap tidak larut.  Walau begitu, telur sukses juga menjadi asin.
  2. Saat membuat telur asin bawang ini, tidak lagi menggunakan garam kasar.  Garam memakai merk Dolpin yang biasa digunakan untuk bumbu.  Garam begitu dimasukkan dalam air panas segera larut.  
  3. Telur agar cepat asin, digosok menggunakan ampelas.  Bahan bisa dibeli di toko bangunan.  Waktu perendaman hanya 15 hari sudah membuat telur bebek menjadi asin.
  4. Air garam bekas rendaman pertama masih bisa digunakan untuk pembuatan telur asin tahap berikutnya.
  5. Resep yang dicontek menyebutkan, setelah telur menjadi asin dimasak dengan cara dikukus.  Ada benarnya teknik pengukusan tersebut.  Dengan dikukus, telur menjadi tidak beradu satu sama lain, sehingga tidak pecah.
  6. Telur asin dikukus atau direbus membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan telur ayam.  Alasannya agar bagian dalam kuning telur benar-benar matang.  Apalagi jika telur asin menggunakan telur bebek yang aromanya relatif tajam.  


Telur Asin Bawang

Bahan  yang diperlukan

10 butir telur bebek
400 g garam dapur
10 siung bawang putih
1200 ml air 

Ampelas 

Cara membuat
1.  Amplas telur bebek merata di seluruh permukaannya kemudian dicuci hingga bersih.

2. Rebus 1200 ml air hingga mendidih, masukkan garam dapur, aduk rata hingga garam larut.  Matikan api.

3.  Masukkan bawang putih geprek dalam air garam, tunggu hingga air menjadi dingin.

4.  Masukkan telur bebek yang sudah bersih lalu simpan telur selama 14 hingga 20 hari.  Catatan: dengan pengamplasan dalam kurun 15 hari telur sudah cukup asin.

5.  Didihkan air, kemudian kukus telur asin bawang selama 30 hingga 1 jam.  Catatan: telur asin direbus dalam waktu 30 menit, ternyata ada satu telur yang pecah.


Telur bebek  digosok menggunakan amplas


Garam Dolpin dilarutkan dalam air mendidih kemudian ditambah dengan bawang putih geprek


Rendam telur bebek selama 15 hari


Telur Asin Bawang

--end--

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar