» » » Wedang Ronde Labu

17 Juni 2016

Bissmillah mencatat agar bisa dilihat kembali suatu saat.

Baru pertama kali memasak wedang ronde. Mencicip rasa berbeda.  Ronde hangat untuk menemani buka puasa.  Kuah bening rasa jahe 'mild' dipadu kenyal bulatan ketan labu, kriuk kacang sangrai dan legit manisan kolang-kaling.

Resep OK yang layak dicoba lagi.  Ternyata membuat wedang ronde itu sederhana...

wedang ronde labu

Ide resep didapat setelah membaca buku masak, kemudian dimodifikasi dengan bahan-bahan yang ada di dapur.  Masih mempunyai stok labu hasil panen dari halaman belakang.  Labu harus segera dimasak.  Agar keluarga tidak bosan, dibuat variasi masakan berbahan labu sehingga terinspirasi untuk membuat wedang ronde.

Wedang Ronde Labu
Bahan yang diperlukan

300 g labu yang sudah dikupas dan bersih
120 g tepung ketan
2 sdm gula pasir

1 liter air
100 g gula pasir
40 g gula merah
5 cm jahe

Pelengkap
kacang bawang sangrai kembali
manisan kolang-kaling potong kecil-kecil

Cara membuat
1. Kukus 300 g labu hingga empuk.  Masukkan labu ke dalam wadah, tambahkan 2 sdm gula pasir dan 120 g tepung ketan.  Aduk rata menggunakan sendok.  Hati-hati labu masih panas.  Dinginkan.

2. Bentuk bulat sebesar kelereng labu.  Sementara itu panaskan air, setelah mendidih, masukkan bulatan labu tersebut kemudian masak hingga mengapung.  Tunggu beberapa saat hingga yakin bulatan labu matang.  Angkat dan tiriskan.

3.  Untuk kuah ronde, sisa rebusan labu ditambah dengan 100 g gula pasir dan 40 g gula merah.  Tambahkan air hingga volume 1 liter. Panaskan

4.  Sementara itu 5 cm diparut, tambahkan air panas dari kuah.  Aduk-aduk hingga sari jahe keluar.  Masukkan air jahe ke dalam panci kuah kemudian buang ampasnya. Masak kuah jahe hingga mendidih.  Matikan api.

5.  Penyajian.  Letakkan bulatan labu matang, manisan kolang-kaling yang sudah dipotong, kacang bawang sangrai lalu siram dengan kuah panas wedang jahe.

6.  Wedang ronde labu alhambulillah bukaan Ramadhan, kamis 16 Juni 2016.

campur ketan, gula pasir dan labu kukus hingga rata



Bulatkan adonan labu



Rebus bulatan labu hingga mengambang


Masak kuah lalu tambahkan air perasan jahe



wedang ronde jahe


-end-



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar