» » Donat Kentang

10 Agustus 2016


Mencatat membuat donat kentang.  Sebelum berangkat sekolah Ahsan pengen dibuatin donat.  Pulang sekolah jam 3 langsung donat kentangnya dinikmatinya.


Ikut berkomentar rencana Mendikbud Muhadjir Effendy memberlakukan sekolah full day.  Sebaiknya sih tidak usah di berlakukan saklek merata di seluruh Indonesia.  Full day boleh bagi yang sudah siap dan memang sekolah yang mengkonsepan diri fullday dari awal.  


Sengaja memasukkan Ahsan ke SD yang jam belajarnya lumayan lama, dari pukul 7.25 hingga 2.30 siang.  Alasannya sederhana, Ahsan yang pembosan dan gampang sakit karena kecapekan bisa bersekolah dari Senin hingga Jumat saja.  Hari Sabtu dan Minggu, dia bisa istirahat di rumah.  Di sekolah sudah diajarkan pelajaran mengaji sehingga tidak perlu pelajaran tambahan "madrasah" di sore harinya.  Memilih SD Ahsan ini juga berdasar pertimbangan madrasah di dekat rumah tidak ada.  Untuk membujuknya tetap semangat cukup memberi motivasi, "sekolah tinggal 2 hari lagi lalu kita liburan" (tentu saja liburan di rumah).  Sebagai orang tua memilih sekolah yang terbaik buat anak, disesuaikan juga dengan situasi dan kondisi.  Semoga yang diperbuat menjadi wadah terbaik mendidik generasi bangsa.


Note.  Di Sumut dikenal adanya madrasah.  Madrasah ini sekolah khusus belajar agama Islam dari mulai Ashar berjamaah hingga jam 5 atau 5.30 sore.  Pelajaran yang diajarkan iqro, baca Al Qur'an, sholat, bahasa Arab, menulis Arab (Arab gundul), dll. 


Anak pertama sempat merasakan pendidikan madrasah ini saat tinggal di Marihat Pematang Siantar.  Terima kasih untuk bapak ibu guru: bpk Simamora, bpk Husein dan ibu Suminar yang telah ikhlas mengajar.


Donat Kentang


Kembali lagi ke donat.  Mencatat resep yang dicoba sehingga tidak lupa.  Suatu saat ingin memasak tinggal membuka catatan ini lagi.

Komentar rasa, donat yang enak dan empuk.

Donat Kentang
by Sat R

Bahan yang diperlukan

300 g kentang 

300 g tepung terigu cakra kembar
1/2 bungkus ragi (kurleb 5 g)
1/2 sdt baking powder
15 g susu bubuk
50 g gula pasir

1 butir telur suhu ruang
35 g margarine suhu ruang

Cara membuat

1.  Kupas 2 buah kentang, cuci bersih, potong bulat tipis lalu kukus hingga empuk.  Setelah ditimbang kentang kupas ini seberat 300 g.

2.  Sementara itu timbang 300 g tepung terigu, tambahkan ragi, baking powder, susu bubuk dan gula pasir.  Aduk rata.

3.  Tumbuk kentang kukus hingga halus lalu campurkan rata pada terigu dkk.  Tambahkan 1 butir telur dan 35 g margarine kemudian uleni hingga kalis dan elastis.  Tutup baskom dengan serbet bersih lalu simpan di tempat hangat hingga adonan mengembang dua kali.


adonan donat mengembang dua kali


4.  Bulatkan memanjang adonan, lalu potong-potong dengan besar sesuai selera.  Bentuk potongan adonan tersebut menjadi bulat dengan lubang di tengahnya.  Diamkan donat selama 30 menit.



5.  Goreng donat dalam minyak panas hingga kecoklatan dan matang.  Setelah dingin donat dinikmati dengan taburan gula bubuk.



Catatan:
sebaiknya donat dicetak dengan ukurannya agak besar, sehingga tidak banyak minyak bersarang setelah digoreng.  Bisa juga digunakan cara, saat menggoreng memainkan api.  Sesaat donat akan diangkat dari wajan, api dibesarkan agar minyak tidak banyak bersarang. 

donat kentang



donat kentang


-***-

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar