» » Cara Membuat Fondant

Hiasan Bunga dari Fondant


Bahan-bahan yang diperlukan

1.  1 kg gula bubuk

2.  10 g gelatin halal bubuk ( saya membeli online dari www. gelatin-halal.de)

3.  6 ml gliserin ( saya membeli di apotek.  Gliserin aman dikonsumsi, masih termasuk turunan gula)

4.  120 ml sirup gula ( saya membuat sendiri dengan cara: 100 gr gula pasir + 80 air dimasak hingga gula larut)

5.  60 ml air dingin

6.  5 tetes aroma (vanilla, zitrone, pisang dll)

7.  Tepung maezena secukupnya

8.  1/4 sdt garam




Cara Membuat Fondant

1.  Gelatin bubuk ditambah dengan 60 air dingin, biarkan hingga air terserap oleh gelatin.

2.  Sirup gula diaduk hingga gula larut.  Angkat sirup gula dari kompor.  Saat masih panas, masukkan gelatin, 6 ml gliserin, garam dan 5 tetes aroma.  Aduk cairan hingga larut dan rata.  Biarkan cairan dingin

3.  Satu kg gula bubuk dituang di meja kerja.  Buat lubang di tengah gula bubuk tersebut. Cairan sirup: gula+gelatin+gliserin+aroma dituang ke dalam gula bubuk.  Ratakan cairan sirup dan gula bubuk dengan menggunakan scraber/spatula hingga rata.  Jangan ratakan gula bubuk dan sirup menggunakan tangan karena lengket.

4.  Setelah gula bubuk dan cairan sirup tercampur rata, taburi dengan tepung maezena.  Buat bulatan.  Bungkus dengan plastik.  Simpang di suhu ruang.  Fondant disimpan semalam sebelum digunakan


Bunga Fondant

Kue yang sudah dihias dengan fondant

Petit four lapis fondant

Barbie Cake

Cupcake yang dihias dengan fondant


Berikut video cara membuat fondant







Catatan:

1. Resep asli diambil dari http://www.halal-gelatine.de
2.  Jika fondant agak keras, saat membentuk figuran tambah dengan palmin/mentega putih/shortening

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

15 comments:

  1. cara membuat fondant warna hitam bagaimana ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fondant agar berwarna hitam diberi dengan pewarna makanan hitam. Hanya saja semakin pekat warna (hitam, biru tua, merah tua) fondant akan terasa pahit karena pewarna tersebut.

      Delete
    2. mba lalu jika ingin di beri pewarna yg kita mau pada saat warna dasar putih di diamkan semalaman yaa.atau bagaimana yaa.thx

      Delete
    3. Makasih banyak pertanyaanya mbak Iva Kurniastuti...Kalau saya, adonan fodnant tetap dibiarkan berwarna putih. Terkadang 1 kg fondant tidak langsung habis, saya simpan di dalam plastik tertutup lalu dimasukkan ke tupperware kemudian disimpan dalam lemari es. Saat fondant mau digunakan, baru diberikan pewarna yang diinginkan.

      Secara pribadi saya tidak terlalu setuju fondant ini untuk menyelimuti kue...terlalu manis karena hampir 100 persen dari gula. Semakin bertambah umur agak perlu menjaga asupan makanan. Kalau saya, setuju fondant ini hanya untuk hiasan cake seperti bentuk bunga, serangga, tulisan happy birthday dll

      Semoga bisa menjawab pertanyaanya mbak Iva...

      Delete
  2. Mba.. Apa ada perbedaannya gelatine sama agar2 yah soalnya kmrn aku coba bikin fondant sesuai dengan resep dari mba Sat Rahayuwati, tp gelatinenya aku pake agar2 jelly,abis susah mba disini cari gelatine yg halal, trus aku tanya sama temen katanya gelatine sama agar2 sama aja, makanya aku coba bikin fondant pke agar2 jelly, jadinya gak terlalu bagus n lengket. Mohon penjelasan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum tahu tempat membeli gelatin halal, saya juga pernah coba menggunakan agar-agar dari tumbuhan (agartine). Di supermarket sekitar tempat tinggal hanya jual gelatin babi. Hasilnya fondant pecah dan tidak elastis mbak Novita Kurzempa... Fondant percobaan dengan agar-agar masih bisa dipakai untuk menghias kue, hanya saja bentuk yang bisa dibuat bulat-bulat dan siput.

      Membuat fondant memang harus menggunakan gelatin mbak. Gelatin ini membuat gula bubuk menjadi elastis. Fondat bisa untuk membuat bunga, menutup kue barbie dll. Kekurangan fondant ini menurut pendapat saya, terlalu manis. Kalau untuk menutup permukaan kue, terlalu manis, dan kadang hanya disisihkan tidak dimakan. Kalau saya menggunakan fondant ini untuk membuat tulisan happy birthday, membuat bunga, dan hiasan lainnya...

      Saya juga penasaran dengan fondant yang dibeli. Pernah membeli fondant online. Fondant beli online ini memang lebih elastis dibandingkan fondant resep di blog ini. Karena fondat itu manis, maka untuk menutup permukaan kue sebaiknya setipis mungkin. Fondant beli lebih elastis dan bisa ditarik setipis mungkin. Kalau fondant resep di blog ini harus agak tebal, kalau terlalu tipis dipipihkan putus. Sering juga melihat youtube, banyak yang menutup kue dengan fondant yang tebal. Hanya saja buat apa, lha terakhirnya tidak dimakan?

      Demikian jawaban saya mbak Novita, semoga bisa sedikit membantu..

      Delete
  3. Mba bagaimana cara menyatukan fondant ke cake agar menempel dgn baik?

    terima kasih,
    Ajeng

    ReplyDelete
  4. Terima kasih pertanyaannya mbak Ajeng. Pendek tapi menjawabnya berat.

    Ada beberapa bahan sebagai pelengket fondant ke cake
    1. keluarga Ganache
    2. keluarga buttercream

    Kedua bahan tersebut setelah dingin akan kaku sehingga fondant akan melekat dengan baik ke cake. Wheaped cream tidak bisa digunakan untuk bahan pelengket fondant, karena akan cenderung mencair apalagi kalau menggunakan wheapped cream segar dan tidak bisa kaku.

    Fondant itu manis, kalori tinggi karena hampir 99% bahan gula. Kalau saya lebih memilih bahan pelengket fondant itu keluarga ganache. Ganache basic terdiri wheaped cream cair, coklat konfiture bisa juga ditambah dengan sedikit butter agar konsistensi lebih kaku. Bahan ini lebih ringan kalorinya sehingga keseluruhan cake tidak "eneg" atau terlalu tinggi kalori.

    kelurga buttercream, saya sebut keluarga karena varian resep buttercream itu banyak sekali, cenderung berat atau tinggi kalori. Istilahnya manis (fondant)+lemak padat(buttercream) = "cepet bikin endut" heheheh.

    Pernah mencoba buttercream yang tidak 90% lemak padat (butter) yaitu jerman buttercream. Buttercream ini campuran pudding, butter dan gula bubuk. Jerman buttercream ini menurut saya bisa digunakan untuk alas agar fondant melekat dengan baik. Tidak terlalu eneg lah rasa cake secara keseluruhan. Resep jerman buttercream http://catatanbelajarmasak.blogspot.de/2013/01/jerman-buttercream.html
    Hanya saja pudding yang digunakan sepertinya hanya ada di jerman? saya kurang tahu apakah ada di Indonesia. Tapi pernah baca buku, pudding yang biasa di jual di supermarket jerman komposisinya hanya tepung maizena,dan gula. Artinya kalau mau bereksperimen puddingnya bisa dibuat sendiri, tapi ya itu..belum pernah mencoba..

    Mohon maaf kurang lebihnya, semoga jawaban saya bisa sedikit membantu mbak Ajeng...

    ReplyDelete
  5. assalamu'alaikum..
    mbk, untk mmbeli gelatin yg halal itu gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalikum salam wr wb..mbak Khairun Nisa.

      Saya beli gelatin halalnya online di http://www.halal-gelatine.de/. Posisi toko di Bremen Jerman. Harga satu buah kemasan 10 g 55 cent plus ongkos kirim ke Goettingen.

      Hanya sayang nich, sepertinya kalau saya sudah kembali ke Indonesia tidak bisa beli di Halal-gelatin.de lagi. Untuk di tanah air belinya dimana, harga berapa saya belum tahu...

      Mohon maaf kalau tidak membantu mba Nisa...

      Delete
  6. mba, mau tanya beli gelatin yang halal itu dimana ya? terus apa bedanya dengan gelatin yang terbuat dr babi? mohon jawabannya ya.. thanks.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak "mimpi yang sempurna". Saya membeli gelatin online di http://www.halal-gelatine.de. Hanya sayangnya lokasi toko berada di Braunsweg Jerman. Kalau sudah kembali ke Indonesia, saya juga tidak tahu akan beli gelatin halal di mana?

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya...

      Delete
  7. mba tempat kursus kue yang bagus dan ga terlalu mahal dimana ya mba ?
    dulu mba belajar kue dimana mba :)
    tolong di balas ya mba :) terimakasih :)

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum mbak Aini Nur... Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya...

    Btw domisili di mana mbak Aini? Saya pernah lihat blog kedai rachmah, lokasi di Surabaya membuka kelas kursus masak. Mungkin mbak Aini bisa buka link ini http://kedaikuistanaku.blogspot.de/.

    Atau yang terkenal tempat kursus kue di Matraman Jakarta, miliknya bu Fatmah Bahalwan... Mohon maaf kurang bisa memberikan info mbak Aini, karena saya belum pernah ikut kursus kue.

    Saya belajar membuat kue dari mencoba-coba resep mbak Aini. Metode belajar dengan sistem "try error". Salah, coba lagi,salah lagi, coba lain. Insyaallah dengan sering mencoba bisa dengan sendirinya. Seperti ada feeling sebaiknya begini-sebaiknya begitu.. Saya belajar masak baru 2,5 tahun ini, kebetulan sedang bermukim di Jerman. Saya jadi anggota perpustakaan kota, disana ada banyak resep-resep bagus. Sering mencoba resep tersebut dan sebagian besar ditulis kembali di blog ini.

    Kalau untuk menghias kue, saya belajar dari Youtube. Kebetulan koneksi internet cepat, jadi lancar melihat-lihat video tutorial. Saya mengamati alat-alat apa yang digunakan tutor tersebut, kemudian cari alatnya di toko kue dekat rumah atau dibeli online.

    Ayo mbak Aini...bisa kok belajar membuat kue sendiri. Cuma bermodal motivasi saja. "Saya bisa"

    ReplyDelete