» » » » » Cara Melelehkan Cokelat Batang

Kurma isi kacang almond dan frischkaesse yang dibalut cokelat leleh metode impf

Mencacat cara melelehkan cokelat dari buku
Curley W.  2012.  Schokolade.  Dorling Kindersley Verlag GmbH: Muenchen.


Di dalam buku tersebut, dijelaskan dua metode untuk melelehkan cokelat batang kuverture, metode temperieren dan metode impf.  Tujuan melelehkan cokelat ini untuk mendapatkan cokelat leleh yang halus teksturenya serta mengkilap.

Metode temperieren, cokelat kuverture dipotong kecil lalu dilelehkan dalam wadah yang dibawahkan terdapat air panas belum mendidih.  Cokelat leleh dituang di meja marmer kemudian diaduk-aduk dengan palette hingga bersuhu 31-32 C.  Cokelat ini kemudian di lelehkan kembali di atas air panas.  Metode temperieren ini belum pernah dicoba karena lebih ribet

Metode yang kedua, metode impf.  Sering menggunakan metode impf untuk melelehkan cokelat kuverture.  Cara relatif lebih mudah dibandingkan metode temperieren.

Cara melelehkan cokelat metode impf

1.  Cokelat blok kuverture dipotong kecil-kecil.  Masukkan 2/3 bagian cokelat potong ke dalam panci steinless.

potong kecil cokelat blok kuverture


2.  Ambil panci lain, isi dengan air kemudian didihkan.  Letakkan panci berisi coklat di atas air mendidih.  Aduk cokelat hingga meleleh.  

lelehkan 2/3 bagian cokelat kuverture di atas air mendidih


Didalam buku disebutkan air untuk mengetim tidak boleh sampai mendidih karena cokelat bisa gosong.  Hanya saja pernah mencoba memasukkan panci berisi 2/3 bagian cokelat dalam air yang belum mendidih, justru cokelat tidak bisa mencair dengan baik.  Cokelat justru agak menggumpal dan malah proses melelehkan cokelat menjadi gagal.

3.  Setelah cokelat meleleh, angkat dari air mendidih.  Masukkan 1/3 bagian cokelat potong ke dalam cokelat leleh.  Aduk hingga cokelat potong ini ikut meleleh bersama sisa panas dari cokelat leleh.

Masukkan 1/3 bagian cokelat kemudian aduk hingga sebagian ikut larut bersama panas cokelat leleh

4.  Masukkan kembali panci berisi cokelat ke dalam air mendidih, aduk hingga semua cokelat larut.  Matikan kompor.  Jika ingin cokelat tetap cair saat bekerja membalut kue, biarkan cokelat leleh ini tetap berada di atas air panas.

Masukkan panci berisi cokelat ke atas air panas agar semua cokelat benar-benar meleleh

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar:

  1. waw infonya sangat berguna kak.. ooo iya kak kalau ingin buat website klik disini saja kak cara membuat website gratis terimakasih.

    BalasHapus
  2. makasih kakak tips nya.. pantesan saya bikin coklat ga meleh trus... ternyata airnya harus mendidih toh hehehe
    makasih byk...
    bismillah lanjut jualan coklat...

    BalasHapus