» » » » » Menyerut Cokelat Batang Sebagai Hiasan Blackforest Cake

Blackforest yang dihias cokelat serut buatan sendiri

27 November 2013


Mencatat percobaan menyerut cokelat batang. Cokelat yang digunakan tipe zartbitter kueverture (jerman), mungkin kalau diterjemahkan ke bahasa inggris dark chocolate couverture.  


Menyerut cokelat menggunakan parutan yang biasanya digunakan untuk membuat keripik singkong.  Menyerut dengan alat ini lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan metode melelehkan cokelat.  Hasil parutan seperti remah-remah kayu dan daun hutan yang membusuk.


Cerita sedikit tentang blackforest cake.  Blackforest ini cake atau torte asal Jerman yang terkenal luas di seluruh dunia.  Kata mas Edy, kue ini kesukaan sewaktu kecilnya di Jakarta. Hanya saja mahal, katanya.  Cake terinspirasi dari hutan hitam atau Scharzwald di pegunungan Feldberg, negara bagian Baden-Wuertenberg, barat daya Jerman. Cake citarasa segar dan ringan karena rotinya disiram dengan air buah cery, diisi dengan buah cery utuh dan atasnya dihias cokelat serut dan juga buah cery.  Cekelat serut itu ibarat dedaunan, ranting dan batang busuk yang ada di bawah hutan schwarz (hutan hitam). Resep blackforest ada di link berikut 

http://catatanbelajarmasak.blogspot.de/2012/10/blackforest-atau-schwarzwaelder.html


Disamping blackforest ada lagi kue yang terinspirasi alam Jerman yaitu Donouwelle kuchen.  Kalau diterjermahkan kue ombak sungai Donou.  Sungai Donou ini terletak di selatan Jerman (Muenchen dan sekitarnya).  Projek selanjutnya nich untuk mencoba membuat kue ini sebelum kembali ke Indonesia.



Cokelat serut mirip daun dan ranting busuk di hutan hitam (scharzwald dschungel)


Cokelat yang diserut dengan parutan keripik singkong mirip dengan dedaunan dan ranting busuk hutan hitam.  Berikut cara membuat cokelat serut....



Alat dan Bahan yang Diperlukan

200 g cokelat batang zartbitter kueverture (cokelat couverture pahit)
parutan keripik singkong



Cara Membuat

Tipe cokelat couverture pahit yang dipilih karena lebih keras, tidak mudah patah, dari segi penampilan mirip dengan ranting busuk.

Gosok-gosok permukaan salah satu ujung cokelat batang kueverture dengan telapak tangan agar hangat.  Cokelat yang agak hangat membuatnya mudah terparut agak tebal.  Parutkan ujung cokelat ini dengan parutan keripik singkong.  Jika posisi cokelat batang depan-belakang, maka hasil serutan cokelat memanjang.  Jika posisi cokelat batang menyamping kanan-kiri, maka hasil serutan cokelat agak membulat. 


 Mungkin terlalu sulit untuk memahami kata-kata, berikut foto posisi dan hasil serutan cokelat batang...


Posisi cokelat batang depan-belakang menghasilkan serutan cokelat memanjang



Posisi cokelat batang kanan-kiri menghasilkan cokelat serut seperti di foto


Hasil serutan cokelat zartbitter kueverture (dark chocolate couverture)


Catatan:

Dari 200 g cokelat batang yang digunakan, hanya sekitar 80 g cokelat serut untuk menutupi blackforest cake diameter 26 cm.  Barangkali susah untuk memegang cokelat batang saat diparut jika menggunakan bahan pas 80 atau 100 g.




***

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Tambahkan Komentar