» » Kue Ultah Shafa ke 12

Selamat anakku sayang semoga menjadi wanita mandiri, baik dan bahagia

27 November 2013


Mencacat membuat kue ulang tahun Shafa Humaira Ramadhiani, yang lahir 12 tahun lalu, tanggal 22 November 2001 jam 21.30 di RS Vita Insani Pematang Siantar Sumatera Utara.  Mensyukuri masa-masa sulit dulu sudah berlalu. Shafa kecil yang banyak cobaan sekaligus cobaan berat juga buat saya.  Apapun yang menimpa Shafa kecil buntutnya adalah kesalahan saya, lalai, kurang teliti dll.  Shafa kecil yang sakit-sakitan, harus operasi dan di rawat di RS Harapan Kita Jakarta selama 1 bulan.  Baru satu bulan pulang dari operasi, dia tersiram air panas.  Kambali Shafa harus opname 1 bulan di Vita Insani Pematang Siantar.  Luar biasa berat cobaan waktu itu.  Tidak hanya itu saja, masih banyak cobaan lain di awal berumahtangga. Mungkin cobaan berat itu sebagai bahan pelajaran dari Allah agar saya bisa bersikap lebih baik di kemudian hari.  


Bersyukur masa-masa sulit bisa terlewati.  sekarang Shafa sudah remaja. Semoga saya bisa menjaga dan mendidiknya dengan baik.


Saya membuat kue ulang tahun untuk di rumah saja.  Shafa minta dibuatkan brownies.  Awalnya dia tidak mau brownies tersebut di beri cream dan dihias.  Alasannya sederhana, dia tidak suka manis dan segala bentuk cream-cream kue.  Tapi biar menarik, saya buatkan juga cream dengan bahan-bahan yang lagi ada di dapur.  Saat makan ya Shafa minta cake tanpa cream.


Brownies diambil dari resep Chynthia Barcomi dengan link resep http://catatanbelajarmasak.blogspot.de/2013/07/cyns-new-classic-brownies.html.  Brownies ini kedua kalinya saya coba.  Dalam proses disebutkan adonan cokelat dan gula leleh harus benar-benar dingin saat telur ditambahkan.  Membuat adonan cokelat tersebut jam 3 an.  Biar cepat adonan saya taruh di balkon yang kebetulan saat ini sedang musim dingin suhu 1 C.  Jam 4.15 jemput Ahsan di TK biar magrib jam 4.30 sudah di rumah.  Saat pulang jemput Ahsan, adonan cokelat masih terasa sedikit hangat, jadi di letakkan kembali di balkon.  Saatnya buka puasa, maka saya buka puasa sebentar.  Ehhh...pas diperiksa lagi adonan cokelat sudah kadung beku.

Masak memang benar-benar belajar membuat keputusan yang baik dan tepat.  Waduh...bagaimana ya mengatasi adonan yang sudah terlanjur beku ini? Bismillah saja, mungkin yang saya lakukan salah. Dalam hati ya tidak apa-apa lha dimakan sendiri saja. Mau gosong, ngawur, gak enak, jelek dll tidak masalah. 

Cokelat beku saya tambahkan 3 buah telur, satu per satu dimasukkan ke adonan cokelat sambil dimikser.  Adonan menjadi tidak terlalu beku lagi, tapi seperti agak keras.  "Wah...gimana ya?"  Akhirnya saya tambahkan susu cair 30-50 ml (lupa melihat pastinya di gelas ukur) biar tidak terlihat keras.  Adonan saya masukkan ke loyang lalu dipanggang.



Brownies dihias dengan cream cheese buttercream dan buah-buahan


Nah...ternyata penambahan susu cair tadi adalah suatu kesalahan.  Barangkali kalau mengalami kejadian seperti ini lagi, biarin saja adonan terlihat agak keras.  Setelah waktu panggang berakhir, bagian tengah brownies jika ditusuk dengan lidi masih basah.   Kalau diangkat dari oven takut salah nanti seperti masih mentah .  Brownies saya putuskan untuk ditambah waktu memanggangnya.  Waktu panggang saya tambah 10 menit, dicek lagi ternyata masih basah juga.  Waktu panggang saya tambah 15 menit lagi, eh...lidi masih basah juga. Ahh...akhirnya biarin saja..cukup waktu untuk memanggang brownies.  Bodo amat...lha wong dimakan sendiri saja.


Bersyukur setelah dingin, bagian tengah brownies tidak cair.  Menurut saya seperti agak terasa gosong.  Tapi kata si mas dan Shafa yang keduanya suka brownies, enak-enak saja... Ahhhhh alkhamdulillah.


Setelah dingin, brownies saya hias dengan cream cheese buttercream.  Penggunaan cream cheese ini agar buttercream tidak terlalu berlemak-lemak.  Berikut bahan dan cara membuat cheese buttercream

Bahan yang diperlukan

175 g cream cheese (dopelrahmfrischkasse Jerman) 
100 g butter
2 sdm gula bubuk

Cara Membuat

Letakkan butter di suhu ruang hingga tidak keras.  Mikser butter hingga lembut dan berwarna pucat selama 5-7 menit. Tambahkan cream cheese dan gula bubuk.  Mikser lagi hingga tercampur rata.  Cheese buttercream siap digunakan untuk menghias butter.


Cara Menghias Cake

Letakkan cake di meja hias cake yang bisa diputar.  Semprotkan cheese buttercream dengan piping bag agak jarang di seluruh permukaan cake.  Ratakan buttercream dengan spatula.  Buat hiasan border, hias bagian atas dengan buah-buahan sesuai selera.



Shafa dan Ahsan


Buttercream dengan takaran seperti disebutkan diatas, hanya cukup untuk mengolesi permukaan brownies dengan diameter loyang 22 cm dan dibuat hiasan border.  Itu pun sangat mepet jumlahnya, sehingga ada sedikit sisi brownies masih terlihat.  Bagian tengah brownies dibiarkan begitu saja, tidak dibelah dan ditambah buah atau cream.  Barangkali nanti ingin membuat cream yang sama untuk menutupi cake diameter 26 cm, akan memakai 2 atau 3 kali resep.



Berikut proses menghias kue ulang tahun Shafa ke 12

1.  Bahan-bahan cheese buttercream
Bahan cheese buttercream: Philadelphia frischkasse, butter Frau Antje dan gula bubuk


2. Masukkan buttercream dalam piping bag. Saat memasukkan letakkan piping bag dalam gelas untuk mempermudah proses memasukkan ke bag.
Masukkan buttercream dalam piping bag


3. Semprotkan buttercream melingkar ke cake, agak jarang-jarang baru diratakan dengan spatula



4. Setelah permukaan brownies tertutupi buttercream, buat borer kerang.  Caranya, tekan piping bag lalu tarik, tekan piping bag lalu tarik, demikian seteruhnya sampai terbentuk border di pinggir atas dan bawah cake.



5. Cake dihias dengan buah-buahan.  Apel potong tipis lalu olesi permukaannya dengan air jeruk nipis/lemon agar tidak teroksidasi.  Potong jeruk clementin dengan kulitnya diiris tipis-tipis.  Cuci buah anggur, keringkan.  Tata buah menurut selera.  Saya menata seperti di foto di bawah ini.



6. Menikmati brownies bersama.  Sisanya buat bekal mas Edy ke lab selama 2 hari.

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar