» » » Gula Vanili homemade


30 November 2013






Mencatat mencoba membuat gula vanili buatan sendiri.  Teori membuat gula vanili ini didapat dari beberapa buku yang dipinjam di perpus kota Goettingen, salah satunya buku

Buller L. 2011.  Total Lecker Kochen und Backen fuer Teenies.       Kammerer S Ueberstzung. Dorling Kindersley: China

Baru bulan kemarin dipraktekkan padahal teori sudah setahun yang lalu diketahui.  Masalahnya sepele buah vanili harganya mahal.  Saat ini menjelang natal, supermarket di Goettingen menawarkan bahan-bahan untuk membuat kue dengan harga miring.  Saat yang tepat nich untuk mencoba membuat gula vanili sendiri.  Harga 2 buah vanili yang dikemas dalam botol kaca 99 cent (1 euro kurang 1 cent).

Bahan yang dibutuhkan

1 batang buah vanili
1 kg gula pasir

Cara Membuat Gula Vanili

Letakkan gula pasir dalam wadah yang bisa ditutup rapat.  Belah membujur batang vanili lalu letakkan di dalam wadah berisi gula tersebut.  Simpan gula.  Gula vanili mulai bisa digunakan setelah satu minggu kemudian.

Catatan

Pada prakteknya, saya tidak mempunyai wadah gula besar yang bisa menampung 1 kg gula pasir.  Gula saya letakkan dalam wadah kaca bersih diisi gula sesuai kapasitas dan batang vanili.  Setelah gula habis saya isi lagi gelas kaca dengan gula pasir.

Kemarin membuat kue lapis betawi.  Gula untuk membuat kue lapis ini berasal dari gula vanili tersebut.  Rasa kue lapis betawi jadi mantappppp!.




Sering membuat susu kedelai. Susu kedelai ini gulanya menggunakan gula vanili buatan sendiri.  Rasa susu kedelai juga jadi mantappppppp!



Susu kedelai yang nikmat...


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar