» » » Telur Pindang Express

30 November 2013





Mencoba membuat telur pindang dengan resep uji coba sendiri.  Tujuannya sederhana saja, membuat lauk bervariasi agar keluarga tidak bosan.  Dulu pernah mencoba membuat warna coklat telur dari kulit bawang bombai dan bawang putih.  Tapi terkadang tidak punya kulit bawang.  Jadi seringnya kulit bawang diganti dengan pewarna teh celup.  Judulnya telur pindang express karena proses pembuatannya termasuk cepat.


Telur pindang ini biasanya disajikan bersama gudeg jogja.  Karena tidak punya sayur nangka ya makan nasi plus telur pingang sambil membayangkan di sisi telur ada gudeg hehehehe...


Berikut cara membuat telur pindang express

Bahan yang dibutuhkan

6 buah telur
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah 
300 ml air
1 buah teh hitam celup
1 helai daun salam
1/4 batang sereh
2 lembar daun jeruk
2 sdt kecap manis
1 sdt gula pasir
1,5 sdt garam


Cara Membuat

* Rebus telur selama 5 menit.  Angkat dari kompor, buang air panas kemudian siram telur dengan air dingin.  Kupas kulit telur.

* Uleg sampai lembut bawang putih, bawang merah dan garam.

* Didihkan 300 ml air dalam panci kecil, masukkan bumbu halus, telur yang sudah dikupas, daun jeruk, daun salam, serah, kecap manis, dan gula pasir.  Teh celup diikatkan di kuping panci agar tidak lepas.

* Rebus telur dengan api sedang hingga air habis.  Jangan lupa untuk membolak-balik telur agar warna cokelat merata di seluruh permukaan telur.

* Telur pindang yang enakk....

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar