» » » Mango Streusel

31 Oktober 2014

Seminggu ini off menjauh dari komputer. Why? Oh internet dikau membuatku merasa gimana gitu. Sudah berusaha bangun jam 2 malam tapi tetap saja lambat plus.... "pak menteri harga internet di Indo diturunin ya....biar saya semangat ngeblog?"  "Istilahnya saya ngeblog hanya bermodal tenaga dan waktu saja."


Curhat tidak penting tapi penting buat saya....

####

Mango streusel


Membuat kue Jerman, mango streusel.  Mangga yang diatasnya ditaburi butiran terigu plus gula plus blueban*.  Standart turun tidak menggunakan butter but rasa masih OK lah...

Testimoni temen.... seneng sampai dibaca berulang-ulang

"Sat, kuemu enak banget...bener...
Jarang-jarang kue ada di sini...
Sepertinya aku optimis kalo kamu buka toko kue....bisa laris....
Soalnya kuenya gak pasaran.....berbeda....
Di sini rata-rata kue hampir sama.... itu itu aja....
Kurang variasi....
Rasa mangganya tuh enak....dan menteganya terasa pekat..."


"Terima kasih banyak teman supportnya...jadi membuatku bersemangat.  Kadang suka tidak PD gitu dengan hasil masakanku..."

Berikut resepnya

Mango Streusel
Untuk 15 potong atau 15 orang...  Kalau dimakan sendiri bisa gendut lho...soalnya betul kata teman, menteganya terasa pekat.....  Kalau dibuat untuk suatu acara banyak orang ist OK...

____________________

Bahan yang digunakan

Bagian Dasar
250 g tepung terigu
125 g butter (diganti blueband cake and cookies)
125 g gula pasir 
1 buah telur 

Taburan atau Streusel
1 buah mangga
200 g tepung terigu
200 g gula pasir
150 g butter (diganti blueband cake and cookies)


Cara membuat

1. Lapisi loyang dengan kertas roti.  Buat adonan murbeteig.  Caranya, letakkan 250 g terigu di meja kerja.  Buat lubang di tengahnya.  Masukkan 1 buah telur, 125 g blue ban*, 125 g gula pasir.  Uleni dengan tangan secara cepat.  Tata adonan menjadi bentuk persegi, di loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti.

2. Kupas mangga yang sudah masak lalu potong dadu.  Tata mangga di atas adonan.

3. Membuat taburan atau streusel.  Letakkan di meja kerja 200 g tepung terigu, 200 g gula pasir, 150 g blue ban*.  Uleni bahan tersebut dengan tangan secara cepat mejadi bentuk butiran-butiran.  Taburkan butiran streusel di atas mangga.

4. Panggang pada suhu 190 C selama 25 menit
____________________

Catatan Penting:
Teman bilang kue terlalu manis.  Gula di resep tersebut bisa dikurangi.  Oh iya resep diambil dari buku masak di perpus Goettingen Jerman tapi lupa mencatat sumbernya... 

Kenapa dibuat di Indo terlalu manis?  Kemungkinannya... Gula di Jerman dari tanaman Bit.  Tanaman Bit ini berumbi, di dalam tanah, berwarna putih, kemudian bagian ini yang diekstrak menjadi gula.  Di Indo gula menggunakan tanaman tebu.  Sepertinya gula tebu lebih manis dibandingkan gula bit.  

Catatan untuk mengurangi jumlah gula di setiap resep.  Seperti saat membuat muffin atau cup cake kemarin juga terasa sangat manis.

Memanggang.... Tidak punya oven dengan otomat suhu.  Hanya punya oven tangkring suhunya antah berantah.  Kue harus sampai matang benar, bagian dasar kue harus sampai berwarna kecoklatan.  Kalau kue masih mentah tidak enak lho....  saya memanggang dengan api sedang cenderung kecil selama 60 menit atau 1 jam...


Berikut foto saat mengerjakan mango streusel

Mangga ditata di atas adonan kemudian ditaburi 'streusel'


proses memanggang



Mango streusel matang

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar