» » » Sayur Ubi Tumbuk Ikan Sale Sumut

7 November 2015

Betapa kaya kuliner Indonesiaku.  

Sayur daun singkong, populer di seantero nusantara.  Hanya saja masing-masing daerah punya resep unik yang khas.  Resep unik itu salah satunya dari Sumatera Utara.  

Catatan diberi kesempatan bermukim di tanah Sumatera, tepatnya di kota Medan.


sayur ubi tumbuk


Sayur singkong khas Sumut ini menggunakan daun muda hingga daun yang agak tua.  Daun singkong ditumbuk atau diuleg hingga hancur kasar.   Karena daun sudah hancur, saat memasak tidak memerlukan waktu lama.  Setelah daun di masukkan dalam kuah, tunggu mendidih sebentar, kemudian segera api dimatikan. Daun singkong masih terlihat hijau, sehat pasti, karena klorofil tidak rusak. Bumbu wajib sayur singkong Sumut ini adalah bunga kecombrang dan buah takokak yang ikut diuleg kasar bersama dengan bumbu lain.


Untuk memperkaya rasa, sayur ubi tumbuk ditambahkan ikan sale atau ikan asap.  Sering membeli ikan sale ini di pasar.  Ikan sale ini bentuknya mirip dengan ikan lele hanya saja ukurannya lebih kecil. Info dari teman, ikan sale ini bukan dari lele tapi dari ikan limbat.  Ikan masih satu famili dengan ikan lele, hidup perairan air tawar. Coba mencari gambar dan dapat fotonya dari Wikipedia.


Limbat, Clarias nieuhofii dari Mentaya Hulu, Kotawaringin Timur
Ikan limbat sumber Wikipedia

Penampakan ikan saat dibeli dipasar sih hitam-hitam bekas diasap, yang sepintas sosoknya mirip lele.


ikan sale sebagai penambah rasa sayur ubi tumbuk

Membuat sayur ubi tumbuk, dari orang bukan keturunan Batak.  Resep asli menggunakan lumpang dari kayu, kemudian bumbu ditumbuk bersamaan dengan daun ubi.

Kalau versi KW ala saya. Bumbu diuleg dengan ulegan yang ada di rumah yakni ulegan batu.  Bumbu lebih suka diuleg terlebih dahulu, ditambah dengan santan ener, ikan sale, dimasak hingga rasa enak.  Daun ubi dimasukkan terakhir, setelah mendidih sebentar, matikan api kompor.  Sayur ubi tumbuk siap dinikmati.

Sayur Ubi Tumbuk

Bahan yang digunakan

1 ikat daun singkong
1 bulatan jahe sebesar ibu jari
7 buah cabai rawit hijau
5 buah bawang merah
4 buah bawang putih
1 buah bunga kecombrang
20 butir buah takokak/rimbang
1 buah ikan sale
1 ruas lengkuas

Santan encer
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara membuat

1. uleg bumbu: jahe, cabai, bawang merah, bawang putih, kecombrang, rimbang.

2.  Masukkan bumbu dalam kuah santan encer, ikan sale, lengkuas, masak beberapa menit hingga rasa terasa pas.

3. Sementara itu. Daun singkong diiris-iris kecil agar lebih mudah dalam proses pengulegan dengan cobek batu.  Masukkan daun ubi halus dalam bumbu, masak hingga mendidih, beberapa saat.  Cicipi rasanya dengan menambahkan garam dan gula pasir.  Matikan api.

4.  Makan daun singkong banyak-banyak, nasi sedikitttttt dijamin kenyang dan "stay slim".

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar