» » Peanut Butter Cake

6 November 2015



Penaut Butter Cake


Hallo sweet dear my blog...kangen sudah 2 bulan tidak nulis blog.

Bersyukur banget mimpi bisa menyumbangkan tenaga untuk meningkatkan SDM bagi Indonesia lebih baik, bisa tercapai. Sekecil apapun itu, sesederhana apapun itu bentuk sumbangan tenaga, thank you to Allah SWT telah memberi kesempatan untuk menjadi seorang pengajar.  Bersyukur ilmu dibidang Hama dan Penyakit Tumbuhan masih terus akan dipelajari. Insya allah... Bissmillah..

Kangen untuk mencoba resep baru dan mencoba-coba produk baru.  Resep pilihan untuk dicoba adalah peanut butter cake.  Produk baru yang ingin dicoba adalah palm nutter dan palm baking shortening sebagai bahan baku cake berasal dari hasil penelitian kelompok peneliti Pengolahan dan Hasil Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS).


Palm nutter (selai kacang) dan palm baking shortening produksi kelti Pengolahan dan Hasil PPKS

Mohon maaf  kepada kelti Pengolahan Hasil PPKS atas dilakukannya uji produk tanpa melalui proses perijinan.  Produk tersebut bisa dibeli bebas oleh konsumen, jadi sebagai konsumen tidak ada salahnya memberikan masukan untuk perbaikan kedepannya. 

A. Palm nutter atau selai kacang.  

Produk pembanding palm nutter adalah peanut butter merk Skippy. Pecinta selai kacang Skippy ini, jadi jika ada produk lain yang kualitas dan harga bisa bersaing.  Kenapa tidak untuk beralih produk?! Komentar untuk Palm Nutter PPKS.  Dari harga jauh lebih murah dari Skippy, tapi hal lain seperti konsistensi, rasa, kebersihan produk masih harus ditingkatkan.  Faktor pembatas adalah uang.  Saya sebagai konsumen, pasti melihat kantong dulu untuk beli Skippy.  Skippy mahal tapi kualitas bagus.  

Harapannya, Palm Nutter PPKS bisa sekualitas Skippy tapi harga masih tetap yang sekarang.  Heheheh mau enaknya saja.  Produk Palm Nutter yang diharapkan adalah:

  1. konsistensi selai yang lebih lembut
  2. rasa selai yang lebih "nendang" atau enak
  3. segel produk dengan aluminium foil, yang diperkuat dng mesin bertenaga listrik sehingga kedap udara.

B. Palm Baking Shorting (PBS)

Produk pembanding PBS adalah merk Blue Band.  Seharusnya pembanding shortening PBS adalah sesama produk shortening.  Hanya saja bukan pencinta shortening. Jadi tidak ada produk idaman yang sering dipakai.  Untuk membuat kue lebih suka menggunakan margarine dan butter saja.

Shortening yang pernah dicoba: merk Palmin dan shortening curah yang dibeli ditoko bahan kue.  Shortening tsb berwarna putih, tawar, dan ada rasa khusus ciri khas shortening.

PBS produk kelti Pengolahan dan Hasil: warna kuning, tawar dan rasa khas ciri shortening.  Setelah diolah menjadi cake, rasa cake bisa sama tingkatnya jika menggunakan margarine merk Blue Band.  Dari segi harga PBS dikisaran harga yang sama dengan Blue Band. Sebagai konsumen OK dengan Palm baking shortening ini. 

*****
Resep Peanut Butter Cake diambil dari posting resep mbak Rachma di Cookpad Indonesia, link resep disini

Membuat cake 2 kali resep untuk 2 loyang.  Loyang pertama menggunakan loyang model bongkar pasang.  Pas ambil tidak dicek dengan benar pasangannya.  Eh ternyata bocor, jadi oven dibuka.  Oven dibuka ini mungkin penyebab cake agak padat.  Loyang kedua menggunakan loyang tulban tradisional, oven tidak dibuka dan cake tidak dicicipi.  Semoga cakenya tidak bantat dan rasanya enak.  Mohon maaf yang jadi kelinci percobaan kali ini.

Secara keseluruhan suka dengan peanut butter cake ini.

Peanut Butter Cake 

Bahan yang diperlukan
125 g selai kacang (palm nutter PPKS)
150 g margarine (palm baking shortening PPKS)
1 sdt vanili (tidak pakai)
350 g gula pasir
3 butir telur
300 g terigu (segitiga biru serba guna)
2 sdt baking powder (1 sdt baking powder)
250 ml susu cair UHT

Cara membuat

1. Mikser gula, selai kacang, vanili dan margarine hingga lembut dan pucat.  Masukkan telur satu per satu.

2. Panaskan oven suhu 180 C

3. Turunkan kecepatan mikser.  Masukkan terigu yang sudah dicampur dengan baking powder ke dalam adonan gula dkk selang - seling dengan susu cair.

4. Olesi loyang dengan margarine, taburi dengan tepung terigu, ratakan.

5. Tuang adonan mentah dalam loyang lalu panggang dalam oven yang sudah panas selama 50 menit.  Cek dengan tusuk sate.


palm baking shortening warna kuning


peanut butter  cake



***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar