» » » » » Kue Bawang Renyah

Kue bawang renyah


1 Maret 2014

Mencatat kemajuan penampilan membuat kue bawang.  Kue bawang yang enak dan renyah.  Bahaya nich... tidak bisa berhenti mengambil, mau lagi dan lagi.  Kue bawang ini akan di bawa ke acara sosialisasi pemilu (pemilihan umum), pemilihan ketua PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) dan ceramah oleh duta besar Indonesia untuk Jerman Dr. Fauzi Bowo.  Pak Foke yang mantan gubernur DKI itu.  Ada rumor untuk walk out menolak kedatangan pak Fauzi Bowo tapi dilarang sama ketua PPI saat ini.   


Kue bawang menggunakan resep yang pernah dicoba.  Resep rahasia saya.  Resep kunci, kenapa kue bawang bisa enak menggoda begitu.  Kuncinya adalah menggunakan kuah opor atau kuah bekas mengungkep ayam goreng.  Biasanya kuah tersebut segera dipanaskan.  Setelah dingin segera disimpan dalam freezer.  Saat diperlukan, kuah berbumbu diambil, dipanaskan agar mencair dan digunakan untuk membuat adonan kue bawang.  Dijamin lecker abis! 


Terkadang kalau ada sisa lemak ayam, lemak dibuang.  Jadi aman dech tidak terlalu berlemak-lemak kue bawangnya nanti..


Porsi yang dibuat termasuk banyak...  Bisa juga dibuat 1/2 porsinya saja.

Berikut resep dan cara membuat kue bawang renyah untuk satu porsi.


Bahan yang diperlukan



400 g tepung terigu

100 g tepung tapioka
50 g margarine leleh
350 ml kuah ungkep ayam atau opor ayam
1 sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt garam (tergantung seberapa asin kuah ayam)
1 butir telur
1/2 sdt bumbu kaldu ayam


Cara membuat

1. Letakkan tepung terigu dan tepung tapioka dalam baskom.  Buat lubang ditengah tepung.  Masukkan telur, garam, bumbu kaldu, bawang putih bubuk, margarine leleh.

2. Lelehkan kuah ayam beku.  Masukkan kuah ayam ke dalam tepung terigu sambil disaring.  Masukkan sedikit demi sedikit kuah sambil diaduk agar konsistensi adonan tidak terlalu lembek.

3.  Oleni adonan hingga dapat dibulatkan.  Potong menjadi 6 bagian.  Pipihkan adonan dengan mesin mie no 1.  Cara menekuk adonan sama dengan cara membuat mie homemade.  Pipihkan adonan hingga no 4.  

4. Cetak adonan dengan ukuran stik agak besar.   Potong stik dengan gunting kemudian goreng denan api sedang hingga kecoklatan.



Adonan kue bawang dipotong dengan gunting kemudian digoreng


catatan: Agar efisien, sambil membuat stik kue bawang juga sambil menggoreng.  Di atur hingga pekerjaan bisa berjalan dengan baik atau kue bawang bisa cantik tidak gosong.



Membuat stik kue bawang sambil menggoreng


Catatan:

Dulu pernah mencoba resep ini tanpa mesin mie.  Memang pekerjaan jadi lumayan luar biasa, alias capek bangettt.  

Adonan kue bawang kemarin dicoba dipotong kotak.  Setelah digoreng kue bawang kurang renyah.  So bentuk stik adalah bentuk ideal kue bawang agar renyah sempurna.

Setelah digoreng kue bawang disimpan di wadah tupperware besar.



Kue bawang renyah enak ala saya


5 Maret 2014

Kue bawang yang sukses.  Kue bawang laris manis habis saat ada acara pemilihan ketua PPI dan ceramah dari pak Fauzi Bowo beberapa hari lalu.  Kue bawang ditempatkan disamping kerupuk udang untuk sajian makan siang.


Beruntung juga nich bawa kerupuk bawang.  Tidak ada saingan, jadi habis.  Coba saya bawa kue pasti tidak laku.  Teman-teman semua bawa kue.  Jadi ada berbagai macam kue.  Sampai bingung mau makan yang mana.


Cerita sedikit tentang pak Fauzi Bowo.  Melihat dan mendengarkan beliau berceramah, kesan saya.  Beliau itu aktivis yang kooperatif dan inisiatif.  Kata beliau, sudah sejak jaman mahasiswa menjadi ketua suatu organisasi.  Sering memberi kritik ke penguasa, bapak presiden Soeharto.  Jadi kalau sekarang giliran beliau di kritik ya, dengan senang hati menerima.


Salah satu program kerja sebagai duta besar Indonesia untuk Jerman adalah membuat beruf bildung di Indonesia.  Beruf bildung adalah sertifikasi ketrampilan pekerja menengah.  Misalnya di Jerman, untuk menjadi nelayan butuh waktu 3 tahun melakukan beruf bildung.  Weleh-weleh menjadi nelayan saja butuh sekolah 3 tahun.  Saya tahu karena sering pinjam DVD Willi Wills Wissen dari perpus kota Goettingen.  DVD tentang kehidupan sehari-hari di Jerman dan ilmu pengetahuan.  Pak Foke terutama nanti akan  berkerja sama dengan industri mobil Jerman VW (Volk Wagen) membuat beruf bildung teknik di Indonesia.



pak Foke bernyanyi diiringi band Belinggo Goettingen



Program kerja yang lain dari pak Foke adalah meningkatkan neraca dagang Indonesia ke Jerman.  Tidak hanya kualitas tapi juga kuantitas produk Indonesia.  Beliau memberi ilustrasi, "Coba bayangkan berapa banyak kontainer kopi dari Indonesia agar nilainya sama dengan satu tank Leopard import dari Jerman."  Ekspor ke Jerman terutama komoditas pertanian.  Sedangkan impor dari Jerman terutama barang-barang teknik.




Antusiasme penonton....


Oh iya...pak Fauzi Bowo, cerita beliau, kecilnya di Jerman.  Kuliah S1 dan S3nya di Jerman.  S3 beliau mengambil studi perencanaan kota.  Jadi kalau sopir salah jalan, bisa mengingatkan....

Sedikit cerita kue bawang dan duta besar Indonesia untuk Jerman....


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar