» » » Gorgonzola, Ricotta, Parmesan untuk Pesta Pasta

27 Februari 2014

Pesta Pasta.  Paduan kata yang menarik.  Dapurmasak.com, jejaring sosial tempat sharing resep masakan mengadakan event sharing resep masakan Italia, pasta.  Semangat banget ada event tersebut.  Alasannya karena ada banyak buku di perpus kota Goettingen yang berisi resep pasta.  Lain lagi saat kemarin ada event sharing masakan China.  Di perpust hanya ada sedikit resep masakan China atau Asia.  Jadi tidak ikutan sharing resep dan ditambah malas hunting resep di Internet.


Tapi tidak dengan #pestapasta kali ini.  Sengaja beli bahan-bahan masak negara Italia seperti keju berjamur (Gorgonzola), keju fresh atau keju muda (Ricotta) dan keju keras yang diparut (parmesan).  Mumpung di Goettingen, kapan lagi masak yang aneh-aneh.  Nanti setelah pulang ke Siantar tidak akan bisa masak menggunakan Gorgonzola.  Kalau ada someone yang seperti "wah" banget bisa makan dengan Gorgonzola, bisa komen.  "Kita juga punya kok Gorgonzola, tempe heheheh." Atau balas membalas dengan sadis, "Ah keju aneh-aneh ternyata baunya minta ampuuuunnnnn."


1.  Keju Gorgonzola


keju Gorgonzola

Keju Gorgonzola, keju berjamur asal Italia.  Kalau boleh menyamakan, semacam keju Camemmbert (keju berjamur asal Perancis). Keju berbau tajam, bau khas busuk jamur.  Untuk rasa seperti tempe atau seperti keju camemmbert.  Keju lunak, warna agak kekuningan dengan jamur ditengahnya.

Keju dipotong dadu kemudian dijadikan saus putih pasta.


2.  Keju muda Ricotta


Keju muda Ricotta

Ricotta semacam doppelrahmfrischkaese nya Jerman atau bahasa Inggrisnya cream cheese .  Merk doppelrahm favorit saya, Philadelphia. Ricotta terutama merk Brimi ini enak.  Pernah menggunakan ricotta untuk membuat lasagna bayam.  Dan memang enak banget...  Warna ricotta putih, seperti keras tapi setelah diambil dengan sendok lembut...


3.  Keju Parmesan 

Parmesan adalah keju Grana Padano yang diparut halus


Akhirnya terjawab sudah penasaran dengan keju parmesan.  Ternyata yang betul keju parmesan adalah keju grana padano yang diparut halus.  Keju grana padano ini sangat keras, merupakan keju khas Italia.  Biasanya keju ini sebagai bahan saus pasta.

Keju grana padano dijual dalam 2 bentuk, batang dan bubuk.  Keju dapat dibeli di supermarket besar seperti Tegut, Rewe.  Untuk supermarket yang lain belum tahu pasti.  Pasti akan melotot lagi di bagian rak keju Real dan Kaufland ...

Pesta pasta...pestanya Shafa dan Ahsan... Tapi biar tidak repot masak dua kali, yang tua ngalah....

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar