» » » Buah Sukun Goreng

15 Juli 2014

Buah sukun, buah yang sering ditanaman di pekarangan rumah.  Buah sukun termasuk bahan makanan sumber karbohidrat.  Biasanya buah sukun di goreng atau dikukus.  Buah yang mirip dengan buah nangka ternyata mempunyai rasa seperti ubi jalar.


Yang harus diperhatikan saat membuat sukun goreng.  Kulit sukun cukup dikupas tipis saja.  Potong buah sukun tipis-tipis.  Sukun agak berasa manis, sehingga mudah gosong saat digoreng.  Dengan memotong tipis, menjadikan sukun mudah matang dan tidak gosong.


Buah sukun



Buah Sukun Goreng



Bahan yang diperlukan



1/2 buah sukun

200 g tepung terigu
3 sdt ketumbar 
1 cm kunyit
5 siung bawang putih
Garam secukupnya

Minyak untuk menggoreng secukupnya


Cara membuat

1. Kupas buah sukun lalu cuci bersih.  Belah sukun lalu potong tipis-tipis.

2.  Haluskan bumbu: garam, ketumbar, kunyit dan bawang putih.  Masukkan bumbu halus ke dalam tepung terigu, tambah air secukupnya.

3.  Masukkan buah sukun dalam adonan tepung lalu goreng dengan api sedang hingga matang dan kecoklatan.


#

Menggoreng sukun dengan cara tradisional.  Sukun di goreng dalam tungku kayu (pawon bahasa Jawa) .  Mukan hal mudah memasak di tungku.  Baru menyalakan kayu untuk bahan bakar saja sudah suatu perjuangan.  Tapi bagi yang sudah biasa, memasak dengan tunggu kayu hal yang mudah saja.


Ada berbagai model  pawon.  Seperti pawon berikut banyak dijumpai di daerah Jepara. Batu bata ditata sedemikian rupa dan diikat agar tidak runtuh dengan tanah liat.  Satu pawon biasanya terdiri dari 2 hingga 3 lubang untuk memasak.  Wadah berisi makanan yang akan dimasak diletakkan di lubang.  Kayu bakar diganjal dengan sabut kelapa kering.  Kayu disulut dengan api dari daun kelapa kering yang dibakar.  Tunggu api menyala dengan stabil, lalu dilakukan kegiatan memasak seperti biasa.


Menyulut kayu bakar dengan daun kelapa kering yang dibakar


Menggoreng buah sukun



sukun goreng


Bagian dalam buah sukun


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar