» » Lieschens Grodentorte jadi Cake Mangga

21 September 2014


Penulis blog catatan belajar masak mengucapkan "bissmillahirohmanirohim" membuka lapak pesanan cake untuk ulang tahun atau acara lain di daerah Medan Sumatera utara.   Cake yang dijual insya allah berciri khas ringan, tidak berlemak-lemak, dan menggunakan buah-buahan asli Indonesia.  Resep cake diadopsi dari berbagai buku masak berbahasa Jerman kemudian bahan-bahannya disesuaikan dengan lokal Indonesia.  Cake tipe lain yang agak 'berat' seperti cake fondant, ganache dan buttercream bisa juga dipesan. 


Untuk pemesanan dapat menghubungi
Penulis blog:  Sat Rahayuwati
Alamat       :   Kompleks perumahan RISPA, Jl. Brigjen Katamso no RS 3A Medan Sumut
Email         : Sat_rahayuwati@yahoo.com
No telp.     : 081283611061


Salah satu resep cake Jerman dengan paduan bahan dan buah lokal Indonesia adalah cake lieschens grodentorte berikut ini.  Bahan lokal yang digunakan kacang oven Jepara dan buah mangga golek.  Cake bercita rasa ringan, tidak eneg dan ada sensasi segar buah mangga.  Untuk memudahkan menyebut nama, lieschen grodentorte diganti nama menjadi cake mangga.  Resep diadopsi dari buku: 
Busse Rene. 2006. Tortentraeume aus Land. Landbuch Verlag: Hannover.





Cake Mangga

Bahan yang digunakan

Lapisan pie
80 g terigu segitiga bir* premium
55 g kacang oven Jepara
50 g gula pasir
50 g blue ban* margarine cake and cookies.

Cake dasar
4 buah telur
4 sdm air mendidih
150 g gula pasir
150 g terigu segitiga bir* premium
50 g tepung maizena
1/2 sdt baking powder

Air gula untuk menyiram cake dasar
40 g gula pasir
80 ml air

Isian dan hiasan cake
1 kemasan wheapcream bubuk
250 ml susu ultr* cair dingin

300 g buah mangga golek
75 g gelier zuker (gula uk membuat selai, masih ada stok bawa dr Jerman)

Loyang yang diperlukan
Loyang dengan diameter 26 cm.


Cara membuat

1.  Lapisan pie. Letakkan di meja kerja: terigu, kacang oven Jepara yang sudah dibuang kulit ari lalu di blender halus, gula dan margarine.  Aduk dan campur rata bahan. Bekerja dengan cepat agar lapisan pienya tidak keras.  Olesi loyang dengan margarine lalu taburi dengan terigu.  Tata tipis lapisan pie lalu simpan 20 menit di lemari es.

2. Cake dasar. Pisahkan kuning dengan putih telur.  Mikser 4 buah kuning telur dan 4 sdm air mendidih hingga pucat kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dimikser.  Campur terigu, maizena dan baking powder lalu masukkan ke dalam adonan kuning telur.  Aduk tepung dengan mikser kecepatan rendah.  Catatan:  adonan terigu dan kuning telur padat.  Jangan khawatir.

Mikser hingga kaku putih telur.  Masukkan putih telur ke dalam adonan tepung.  Campur rata dengan spatula.  Catatan:  adonan cake dasar menjadi tidak padat lagi.

Masukkan adonan cake dasar dalam loyang 26 cm yang sudah diolesi margarine lalu ditaburi dengan tepung terigu.  Panaskan oven terlebih dahulu suhu 165 C.  Panggang cake dasar selama 35 menit. Angkat cake dasar.  Tusuk-tusuk permukaannya dengan tusuk sate.

3.  Ambil lapisan pie dari lemari es lalu panggang selama 15 - 20 menit.

4. Air gula untuk menyiram cake dasar.  Masak hingga mendidih selama 3-4 menit 40 g gula pasir dan 80 ml air.  Siramkan air gula merata di atas cake yang sudah ditusuk-tusuk dengan tusuk sate.

5. Isian cake. Kupas dan timbang 150 g mangga lalu campur dengan 75 g gelier zucker.  Masak mangga, hingga mangga hancur dan menjadi selai, kira-kira 4-5 menit. 150 g mangga disisihkan untuk hiasan atas cake.

Mikser hingga kaku wheapcream bubuk dengan 250 ml susu cair dingin.

6. Menata Cake. Belah cake dasar menjadi dua bagian.  Letakkan lapisan pie dibawah, olesi dengan selai mangga dan wheap cream.  Letakkan 1 lapis cake dasar, olesi dengan selai mangga dan wheap cream.  Tata lapisan cake dasar berikutnya.  Olesi merata permukaanya dengan wheap cream.  Hias bagian atasnya dengan buah mangga dan cokelat serut.  



cake mangga

Berikut foto-foto saat mengerjakan cake mangga


Lapisan pie untuk bagian bawah cake



adonan tepung sebelum masuk putih telur agak padat...tidak usah khawatir...cake dasar insya allah berhasil



selai mangga



proses menghias cake mangga



Alhamdulillah cake mendapat respon positif dari teman-teman yang mencicipi


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar:

  1. Ma yayuk, blog ini pasti jadi fav di browsing tab ku once i already bcome somebody's wife :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Ya Alloh aye doain semoga cepetan Devi as a wife.... (cara ngomongnya ala betawi kayak di tipi tipi yak hehehhe)

      Hapus