» » » » Lapis Agar Warna

Lapis agar warna

3 Januari 2014

Mencatat membuat lapis agar warna.  Resep dari kreasi sendiri.  Lapis ini sudah lama ada di fikiran tapi baru dicoba 28 Desember 2013 kemarin.  Ingin makan agar-agar seperti di Indo tapi agar-agar tidak ada.  Sepertinya tortenguss (bahan siraman agar buah terlihat mengkilat menggoda) bisa sebagai ganti agar-agar. 


Tortenguss terbuat dari tepung maizena, carrageen dan bahan pengasam kaliumtartrate. Carrageen berasal dari ekstrak rumput laut Chondrus crispus (Irish Moss). Carrageen setelah dipanaskan kemudian didinginkan akan membentuk gel (http://en.wikipedia.org/wiki/Carrageenan).



Lapis agar berwarna hijau, pink dan kuning.  Warna hijau dari goetter speise (GS).  Hati-hati dalam memilih, pilih yang dari bahan carrageen.  GS ada yang dari bahan carrageen dan ada yang dari gelatin.  Pernah kurang teliti membeli GS dari bahan gelatin.



Warna hijau agar dari bahan goetter speise

Warna pink agar dari tortenguss warna merah yang dilarutkan dalam susu cair.  Sedangkan warna orange berasal dari tortenguss bening yang dilarutkan dalam saft orange Hohes C.



Tortenguss merah dilarutkan dalam susu cair



Tortenguss bening dilarutkan dalam orangesaft Hohes C

Berikut cara membuat lapis agar warna

1. 1 bungkus goetter speise warna hijau ditambah dengan 400 ml air.  Aduk rata, tuang dalam wadah agar. GS produk RUF ini tidak perlu dimasak. Dinginkan di lemari es hingga kaku.


2. 2 bungkus tortenguss merah (2 x @ 12 g), 4 sdm gula pasir, dilarutkan dengan 400 ml susu cair.  Aduk rata kemudian didihkan.  Aduk-aduk hingga uap panas agak berkurang, tuang diatas GS hijau yang sudah kaku.  Letakan kembali wadah agar di lemari es hingga kaku.

3. 2 bungkus tortenguss bening (2 x @12 g), 4 sdm gula pasir dilarutkan dengan 400 ml hohes C.  Aduk rata kemudian didihkan.  Aduk-aduk hingga uap panas agar berkurang, tuang di atas tortenguss pink yang sudah kaku.  Letakkan kembali wadah agar di dalam lemari es.

4. Keluarkan agar yang sudah kaku, potong-potong.  Bungkus agar dengan plastik agar mudah saat dimakan.


Catatan
Goetter speise hijau rasanya masam sekali.  Demikian juga lapisan orange juga berasa masam.  Hanya lapisan pink dari susu cair yang tidak masam.

Anak-anak kecil suka.  Lapis dibawa ke pengajian keluarga Kalam di ATW.  Saat mengiris lapis, ikut mencicipi, enak.  Tapi mungkin terlalu banyak mencicipi atau lagi takut gendhut terlalu banyak makan, ada rasa sedikit pahit di lidah.  Entah ini karena faktor sugesti atau memang ada rasa sedikit pahit kurang tahu...

Sudah terjawab rasa penasaran ingin mencoba membuat lapis agar.  Komentar rasa, lapis cuma dapat predikat biasa saja.

Suka dengan warna-warni agar yang menggoda...










***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar