» » Spanische Vanilletorte atau Cake Ultah ala Spanyol

Spanische Vanilletorte


8 Maret 2014

Mencatat membuat cake dari negeri Spanyol, Spanische Vanilletorte.  Cake dasar menggunakan marzipanrohmasse atau kacang almond tumbuk berbentuk pasta padat yang banyak dijual di supermarket di Goettingen.  Cake lalu ditutup dengan marzipanrohmasse kemudian disiram dengan cokelat leleh.


Resep cake dari buku
Teubner Handbuch Backen Zutaten-Backshule-Backrezepte


Awalnya akan membuat cake sesusai resep.  Kebetulan semua bahan-bahan yang diperlukan ada di dapur.  Tapi setelah direnungkan, disesuaikan dengan citarasa saya tentunya, sepertinya cake akan terlalu eneg jika bagian dalam dan luarnya menggunakan marzipan.  Kebetulan saya tidak suka-suka banget dengan marzipan.  


Marzipan atau pasta padat kacang almond (Mandelnuss, Jerman) ini seperti berasa alkohol.  Hanya kira-kira saja sich, insyaallah belum pernah minum alkohol.  Saya fikir awalnya marzipan mengandung alkohol.  Sengaja beli almond mentah berkulit, almond kupas, almond tumbuk untuk lebih dekat dengannya.  Ternyata almond memang mempunyai cita rasa dan bau 'khas' yang menurut saya seperti bau minuman alkohol.  Karena sudah tahu alaminya kacang almond memang seperti itu jadi tidak was-was lagi.  Marzipan bisa dikonsumi muslim dan itu tidak mengandung alkohol.


Orang Jerman biasanya untuk membuat hiasan mawar atau menutup cake dasar menggunakan marzipan ini.  Marzipan khusus untuk menutup cake, bentuk bulat, lebar dan tipis ada dijual di supermarket Real produknya Dr Oetker.


Setelah diputuskan, bagian dalam cake menggunakan marzipan dan bagian luar menggunakan jerman buttercream saja.  Untuk hiasan pagar menggunakan cokelat Milka leleh.


Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cake ini berkualitas bagus.  Seperti tepung terigu Aurora, butter Landliebe, cokelat Milka, puddingpulver Dr Oetker, gula vanili homemade.  Alkhamdulillah dapat bbm dari teman yang memesan cake, "cakenya enak mbak, danke".


Catatan penting dalam membuat cake ini.  Menghias cake dasar dengan buttercream harus rapi dan rata.  Kalau bagian dasar atau dalamnya tidak rapi, hiasan luarnya juga susah untuk rapi. 



Bagian tengah diisi dengan selai dan buttercream.  Entah kenapa menumpuk cakenya tidak lurus ke atas.  Cake agak miring dan tidak dibetulkan tapi langsung ditutup dengan jerman buttercream.  Alhasil buttercream luarnya juga ikutan miring.  Cake langsung saja ditaruh di tempat dingin dan tidak berusaha meluruskan buttercream.  Mungkin juga karena buttercreamnya pas habis jadi mau diluruskan tidak bisa.


Untuk mengakali agar penampilan rapi, cake dibuatkan pagar cokelat.  Dan untuk mempercantik dipasang pita dan bunga-bunga fondant.  Tapi tetap saja penampilan cake kurang maksimal.


Kesimpulannya, cake dasar dibalut dengan buttercream harus dalam kondisi rapi. Jika bagian dasarnya rapi, bagian luarnya juga akan mudah dirapikan dan dipercantik.



Cake ultahnya pak Doni Yusri, "semoga sukses selalu pak"



Marzipanrohmasse atau pasta padat kacang almond



Berikut bahan dan cara membuat Spanische Vanilletorte

A.  Cake Dasar

50 g butter Landliebe
200 g marzipanrohmasse
150 g gula pasir (70 gula pasir vanili homemade + 80 g gula pasir)
Kerikan dalam 1 buah vanili (tidak pakai)
6 kuning telur
6 putih telur
80 g cokelat batang (menggunakan cokelat makan Nestle)
50 g tepung maizena
100 g tepung terigu
1/4 sdt baking soda


Cara Membuat Cake Dasar

1.  Olesi loyang persegi ukuran 23 cm X 23 cm dengan margarine lalu taburi dengan tepung panir.


2.  Campur 200 g marzipan dengan 50 g butter suhu ruang, uleni rata.  Jika kebetulan lupa menaruh butter di suhu ruang, bisa dipanaskan sebentar di mikrowave.  


3. Tambah marzipan dengan 50 g gula pasir, dan 1 buah kuning telur.  Mikser rata.   Tambahkan 5 buah kuning telur satu per satu.  Mikser hingga rata dan pucat.


4. Mikser putih telur hingga kaku.  Masukkan 100 g gula pasir sedikit demi sedikit hingga putih telur benar-benar sangat kaku.  






5. Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur.  Aduk rata menggunakan sendok kayu saja.  Campur rata terigu, maizena dan baking soda.  Masukkan ke dalam adonan cake sambil diayak.  Aduk memutar rata menggunakan sendok kayu saja.






5.  Panaskan oven terlebih dahulu suhu 190 C.  Biasanya oven saya panaskan 10-12 menit sebelum loyang dimasukkan.


6.  Cacah kecil 80 g cokelat batang.  Masukkan ke dalam adonan cake, aduk rata dengan sendok kay


7.  Tuang adonan cake dalam loyang yang sudah dipersiapkan u.sebelumnya.  Panggang cake selama 40 menit.  10 menit sebelum waktu panggang berakhir periksa loyang.  Jika permukaan cake agak gosong tapi dicek dengan tusuk sate belum matang, tutup dengan aluminium foil yang diberi satu lubang kecil.  Lanjutkan memanggang hingga waktu berakhir.


8.  Angkat loyang dari oven.  Taruh di atas jeruji besi.  Cake dasar lalu ditusuk dengan tusuk sate dan disiram dengan simple sirup buah quiten.



Cake dasar ditusuk dan disiram dengan simple sirup buah Quiten


catatan:

Sengaja beli buah quiten.  Buah ini penampilan mirip dengan buah pir.  Buah berbau wangi sekali.  Daging buah kasar dan berasa manis buah apel.  Beberapa waktu lalu membuat pie yang diisi dengan buah quiten, karena tidak punya buahnya diganti dengan pir.  Dalam resep pie, kulit buah quiten tidak dibuang tapi dimasak dengan gula.  Dan baru tahu jawabannya, kenapa kulit tidak dibuang karena kulit dan daging buah wangi sekali.   

Beli quiten di Sinem. Awalnya mau dimakan biasa.  Buah ditaruh di lemari es dan lupa dimakan.  Setelah beberapa hari, coba dicicipi daging buahnya, ternyata presak (jawa) atau daging buah kasar.


Quiten dikupas kulitnya, lalu dipotong kasar.  Kulit tidak saya pakai tapi dibuang.  Satu bagian daging buah + 1/2 bagian geliar zucker lalu dimasak hingga mendidih selama 5 menit.  Daging buah dimasukkan dalam wadah selai.  Karena wadah selai kecil, masih ada sedikit sisa buah quiten.  Buah ini lalu ditambah dengan 300 ml air dan 150 g gula pasir untuk dibuat simple sirup. 


Simple sirup buah quiten ini untuk menyiram cake dasar.  Rasa sirup dan selai buah quiten enak sekali, rasa hampir menyerupai madu.



Selai dan simple sirup buah Quiten yang enak bagai madu 


B.  Jerman Buttercream


2 wadah puddingpulver Dr Oetker
80 g gula pasir 
400 ml susu cair

125 g butter Landliebe
175 g doppelrahfrischkase Philadelphia (cheese cream Philadelpia)


Cara Membuat 

1. Campur dan aduk rata di mangkuk: 80 g gula pasir, 2 wadah puddingpulver, 12 sdm susu cair diambil dari 400 ml susu.

2.  Didihkan sisa susu cair hingga sedikit mendidih.  jangan lupa diaduk dengan whisk ballon.

3.  Angkat susu dari kompor, masukkan adonan pudding.  Aduk rata menggunakan whisk ballon.

4.  Letakkan lagi panci di atas kompor, masak hingga mendidih atau meletup.  Angkat panci dan dinginkan.

5.  Setelah pudding dingin, masukkan 175 g cheese cream Philadelphia sambil dimikser rata.

6. Mikser hingga lembut butter suhu ruang.  Masukkan butter dalam adonan pudding cheese cream.  Mikser rata.



Membuat jerman buttercream



C. Membuat Pagar Cokelat

Bahan yang diperlukan:  

300 g cokelat milka

Cara Membuat


1. Potong-potong kecil cokelat Milka.  Didihkan air dalam panci.  Masukkan 2/3 bagian cokelat potong ke dalam panci lain yang ukurannya lebih kecil.  Lelehkan cokelat dalam air mendidih.  Setelah meleleh, angkat cokelat, masukkan 1/3 bagian cokelat yang tersisa.  Aduk rata sampai panas habis dan cokelat tidak bisa meleleh lagi.  Masukkan kembali panci dalam air panas, aduk hingga cokelat benar-benar meleleh. Matikan api, dan biarkan cokelat tetap hangat di atas air panas.


2.  Harusnya cokelat leleh diratakan di cetakan khusus untuk pagar.  Atau cokelat leleh diratakan di atas plastik mika.  Keduanya tidak punya.  Kebetulan di dapur ada plastik untuk membungkus kue.  Bahan agak menyerupai plastik mika tapi lebih tipis.  Jika menggunakan plastik mika, hasil lelehan cokelat mengkilat bagus.


Ratakan cokelat leleh di atas plastik.  Letakkan lelehan cokelat dalam freezer.  Plastik diletakkan di atas tutup atau apa saja yang datar agar mudah saat ditaruh di freezer.  


Simpan cokelat selama 3 menit.  Saat cokelat sudah beku tapi masih lunak, potong persegi panjang menggunakan pemotong pizza.  Letakkan kembali dalam freezer hingga benar-benar kaku.  Ambil cokelat dan letakkan di suhu ruang.



Cokelat Milka dipotong persegi dengan pemotong pizza


D.  Hiasan Cake

1. Bunga dari fondant.

2. Pita warna putih

3. Non diary wheapped cream.
125 ml susu cair dingin dan 40 g bubuk wheapped cream dimikser hingga benar-benar kaku dalam panci steinles stell.  Biasanya saya memikser sampai "heboh" pakai acara panci dimiringkan dan dimikser sekitar 7-10 menit sampai kaku betul. Cream kaku jadi walau panci sangat miring tidak tumpah.


E.  Cara Menata Cake



Tengah dan luar cake diselimuti jerman buttercream

1. Belah cake menjadi 3 bagian.  Isi di tengahnya dengan selai buah quiten dan buttercream.  Tutup bagian luar dengan buttercream, ratakan, simpan di tempat dingin.


2. Pasang pagar cokelat disekeliling cake.  Ikat dengan benang lalu ikat dengan pita.


3.  Masukkan wheapped cream dalam piping bag.  Buat border agar cokelat dan cake terlihat menyatu.


4. Percantik cake dengan bunga dari fondant dan tulisan happy birthday yang juga dari fondant.



Danke schoen teh Heti pesanannya....



Spanische Vanilletorte



***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar