» » » » » Selai buah Pfirsiche atau Peach

30 Mei 2014

Beberapa resep selai yang diposting di blog ini menggunakan gula yang mengandung pengemulsi pektin, namanya geliar zucker. Pernah percobaan membuat selai dengan gula pasir, karena hasil tidak memuaskan jadi tidak ditulis.


Percobaan membuat selai dengan gula pasir saat musim panas tahun lalu.   Saat itu ikutan acara petik bareng stawberry PPI Goettingen. Setengah bagian hasil petikan dibuat selai dengan menggunakan gula pasir dan 1/2 bagian dibuat selai dengan gelier zucker.  Karena hasil selai kurang memuaskan jadi selai dikanibal menjadi kue.  Komentar rasa, yah  seperti makan gula pasir dengan konsentrasi tinggi.  Sedang selai yang menggunakan gelier zucker dibuat isian cake.


Buah Pfirsiche atau Peach mulai bemunculan di supermarket musim panas tahun ini.  Beli satu wadah isi 1 kg. Yang pasti teman-teman di rumah tidak ada yang mau makan.  Saya hanya mencicipi 1 buah.  Sisa buah peach yang lain teronggok manis.  Agar awet Pfirsich harus segera dibuat selai.



Gula mengandung pengemulsi pektin dan Buah Pfirsiche



Selai Buah Pfirsich atau Buah Peach

Bahan yang diperlukan

800 g buah Pfirsich atau buah Peach
300 g geliar zucker

1 buah wadah kaca dengan tutup aluminium

Cara membuat

1. Rebus wadah kaca dan tutupnya dalam air mendidih selama 5- 10 menit.  Angkat dan ditiriskan.

2.  Rebus buah pfirsih dalam air mendidih selama 7-10 menit.  Angkat dari air panas lalu kupas kulit dan buang isinya.

3. Potong dadu kecil buah lalu timbang.  Perbandingan buah dan gula adalah 2:1.  Buah Pfirsich yang didapat 600 g maka gelier zucker yang diperlukan 300 g.

5.  Masukkan buah dan gelier zucker dalam panci, masak hingga mendidih.  Biarkan dalam kondisi mendidih selama 5-7 menit.  Segera masukkan dalam wadah kaca yang sudah kering.  Tutup rapat.  Selai tahan hingga 3 bulan.



Proses membuat selai buah Peach




Selai buah Peach



***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar