» » » Bolu Kukus

3 September 2014


Bolu Kukus

Mencatat membuat bolu kukus.  Seperti terlihat di foto bolu kukus belum sempurna penampilannya: wadah bolkus sedikit terlipat dan belum mekar.  But dari segi rasa, bolu kukus ini enak...

Sudah bisa beli emulsifier seperti TBM dan SP. Kedua bahan emulsifier ini tidak dijual di supermarket di Jerman.  Akhirnya kesampaian juga membuat kue menggunakan TBM atau SP ini. Belum tahu apa kandungan bahan TBM dan SP tersebut.  

Baru dua kali mencoba membuat kue menggunakan emulsifier, yakni menggunakan SP.  Catatan yang bisa ditulis
1.  Tidak terlalu suka pemberian SP yang terlalu banyak.  Ada semacam rasa eneg.  Takaran yang pas (menurut saya), untuk 250 g tepung terigu SP yang diberikan cukup 1/4 -1/2 sdt saja.

2. Menggocok telur, gula pasir, dan SP.  Telur berhasil mengembang, berwarna tidak hanya pucat tapi sangat putih dan adonan bisa sangat kental tidak jatuh.

3. Pemberian SP membuat kue menjadi "lentur".  Kue saat di tekan seakan menekan busa.

4. Pemberian SP membuat cita rasa sendiri terhadap kue, tapi.... jika terlalu banyak diberikan malah merusak rasa.

5.  Mana kue yang lebih enak? dengan pemberian SP atau tidak? Keduanya enak.  Tapi (menurut saya) kue/cake tanpa SP lebih baik dari segi kesehatan.   Bahan-bahan kue/cake betul-betul alami dan pasti sehat.


Berikut resep Bolu Kukus.  Resep asli bisa dilihat di sini.  Cara membuat adonan agak sedikit beda dengan resep asli.

_________
Bahan yang diperlukan

250 g tepung terigu
1/4 - 1/2 sdt emulsifier (menggunakan SP)
1 gelas coca-col* ( 145 ml)
250 g gula pasir
2 buah telur ayam
1 tetes pewarna essens orange.

Cara membuat

1. Mikser hingga putih dan kaku: gula pasir, telur, SP.  Saat adonan di ambil sedikit tidak jatuh.

2.  Panaskan kukusan dan tutup panci diselimuti serbet makan.

3.  Turunkan kecepatan mikser kemudian masukkan secara bergantian, tepung terigu dan cola-col*. Bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian diberi pewarna.

4.  Pasangkan wadah cupcake kedalam cetakan bolu kukus. Masukkan adonan ke dalam cetakan.  Kukus dengan api sedang selama 10 menit.

________

Catatan pengalaman.

Membuat bolu kukus itu tergolong pekerjaan yang ribet.  Mengukus misalnya 8 buah bolu, diambil.  Mengukus 8 buah bolu diambil dan seterusnya hingga adonan habis.  Tapi itulah seninya membuat bolkus.  Resep jika di kukus hanya dalam satu loyang mungkin bukan bolu kukus lagi namanya....

Ada beberapa bolu kukus tidak mekar.  Alasanya karena lupa membuang uap air yang ada ditutup panci  atau mungkin belum 10 menit sudah keburu dibuka.... So melakukan sesuatu memang butuh pengalaman....

Di banyak resep disebutkan, semua bahan bolkus dimikser sekaligus, kemudian dimasukkan cetakan dan dikukus.  But harus hati-hati dengan langkah tersebut.  Kemungkinan gagal apalagi yang baru level belajar sangat tinggi.  Cara yang lebih baik adalah memikser terlebih dahulu telur, gula dan SP baru.  Baru kemudian terigu dan soda dimasukkan bergantian, sedikit demi sedikit.


Agar bolu kukus merekah, cetakan yang digunakan harus yang lubang-lubang. Jika menggunakan cetakan tanpa lubang, bolkus bisa mengembang baik hanya saja tidak dapat merekah....



Memikser terlebih dahulu telur+gula+SP baru terigu dan soda dimasukkan



Ada bolkus uang tidak merekah karna belum 10 menit tutup dibuka atau kena tetesan uap air


cetakan bolku kukus harus yang berlubang-lubang


Catatan hari ini tentang penggunaan SP pada bolu kukus....


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar