» » » Kolak Biji Salak Labu

7 Juni 2016

Ramadhan hari pertama kemarin, membuat takjil berbahan labu hasil panen dari halaman belakang.  Resep yang dituliskan berikut untuk 8 orang.  Untuk anggota keluarga hanya 4 orang, resep tersebut bisa digunakan untuk berbuka selama dua hari.   Dengan catatan, kolak setelah dipanaskan hingga mendidih, didinginkan, kemudian disimpan dalam lemari es.

Labu setelah dikupas, dicuci bersih sebaiknya dikukus hingga lunak.  Dengan dikukus, tidak banyak air tersisa, sehingga saat ditambahkan tapioka tidak menjadi lembek.

Bagi yang malas mengukus, labu bisa juga direbus langsung dengan air hingga empuk.  Labu disaring hingga air tiris baru ditambahkan tepung tapioka.  Jika adonan lembek, jangan terus ditambah tapioka tapi dengan dibulatkan seperti membuat bakso.  Adonan digenggam, dikeluarkan melalui lubang telunjuk dan ibu jari.

kolak biji salak labu

Kolak Biji Salak Labu
untuk 8 orang

Bahan yang diperlukan
600 g labu kuning kupas
200 g tepung tapioka
50 g gula pasir
1 jumput garam
1200-1500 ml air

70 g gula merah
5 sdm muncung gula pasir
1 lembar daun pandan

Kuah putih
300 ml santan pertama dari 1 butir kelapa
1 sdm tepung beras diencerkan dengan air
2 sdm gula pasir
1 jumput garam
1 lembar pandan

Cara membuat

1.  Kukus 600 g labu kupas hingga empuk.  Saat masih panas, tambahkan 200 g tepung tapioka, 50 g gula pasir, 1 jumput garam.  Aduk-aduk dengan sendok karena masih panas.  Tunggu hingga dingin dan dapat dibulatkan.

2.  Panaskan 1200-1500 ml air, gula merah, gula pasir, pandan, dan garam hingga mendidih.  Masukan bulatan labu, masak hingga mengambang.  Cicipi rasanya, jika kurang manis bisa ditambahkan gula pasir sesuai selera.

3. Kuah putih.  Didihkan 300 ml santan pertama, gula pasir, garam, daun pandan.  Aduk-aduk agar santan tidak pecah.  Cairkan tepung beras dengan sedikit air, masukkan dalam cairan santan, aduk, setelah mendidih matikan api.

4. Penyajian.  Masukkan kolak biji salak labu dalam mangkuk kemudian tuang kuah putih.  Hidangan berbuka siap disajikan.

kolak biji salak labu

-***-

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar: