» » » » Cappucino Cake with Granny Smith Inside

18 Februari 2015





Alhamdulillah...I can dancing in my kitchen. Melakukan pekerjaan yang memang disuka dan ada pemasukan.  Terima kasih banyak bu Razak.  Seneng baca sms dari ibu yang baik hati dan super santun dalam ber sms.  Setiap memberikan balasan sms selalu mendapatkan balasan balik dari beliau.  "Saya yang lebih muda mohon dimaafkan kalau kurang santun dalam ber sms".  

Isi sms tentang Cappucino Cake with Granny Smith Inside yang membuat hati berbunga-bunga...

" Yayuk...jujur saya katakan.. 
Cakenya bagi saya alhamdulillah pas di lidah, ringan dan tidak terlalu manis.
Dan ternyata Oui (putra beliau) juga suka, katanya cakenya fresh, tidak eneg seperti pada umumnya.
Saya tidak memuji dan mengada-ada.
Terima kasih ya..."

Alhamdulillah...semoga ciri khas cake ringan,isian buah-buahan dan tidak berlemak-lemak bisa terus dipertahankan.

Resep cake dapat dilihat di link berikut ini.

Dalam halaman ini tidak akan ditulis kembali resep cake tapi akan dibahas masalah dan pemecahan dalam pengerjaan cake tersebut.  



1. Bahan dasar cake 
Agar telur awet, sering disimpan di pintu lemari es.  Saat membuat cake, telur harus dalam suhu ruang.  Terigu dan bahan lain lebih baik menggunakan bahan  yang berkualitas baik.  

Catatan, beberapa hari lalu ikut arisan DW.  Di acara tersebut disajikan kue pie dan lemper ketan.  Waktu mencici pie, kenapa ya rasanya kurang?  Saya menduga karena faktor tepung terigu.  Artinya, membuat pie dengan terigu baik dan kurang sama saja repotnya.  Tapi hasil pie bisa sangat berbeda... Ya lebih baik sekalian saja menggunakan bahan-bahan yang baik.

Catatan juga, terigu segitiga biru premium dan cakra kembar kenapa ya susah dijumpai di Medan akhir -akhir ini?  Semoga produsen membaca keluhan konsumennya...


Telur harus bersuhu ruang


2. Membuat isian cake dari buah apel
Mulai mendapatkan takaran citrik acid yang tepat agar buah untuk isian cake pas manis dan asamnya.  Air yang keluar dari sirup buah tersebut kemudian disiramkan ke cake.  Air buah inilah kunci kenapa cake ada citarasa segar, tidak eneg dan lembab.

catatan: buah yang baik untuk isian cake sebaiknya malah yang berasa masam.  Seperti apel, yang baik untuk dibuat kue, pie, muffin atau cake adalah yang bercita-rasa asam seperti Granny Smith.

Isian buah apel Granny Smith

600 g apel kupas kulit
200 g gula pasir
1/2 sdt citric acid
1 jumput garam
1 batang kayu manis

Potong apel menjadi 8 bagian, buang isinya, lalu potong dadu kecil. Masukkan apel dalam panci, tambahkan gula pasir, citric acid dan garam.  Nyalakan api kompor, masak selama 3-4 menit.  Matikan api.

Catatan:
1. Tidak perlu menambahkan air untuk sirup buah.  Air sudah cukup banyak keluar dari buah apel.  
2. Saat membuat sirup buah, stok kayu manis tinggal sedikit.  Mencoba menggunakan rempah berbentuk bunga.  Bahasa Jermannya Anis.  Hasilnya...lebih baik menggunakan kayu manis saja.  Rempah bunga ini menurut saya terlalu tajam rasa dan baunya.

Citric acid untuk campuran sirup buah

Sirup buah apel tidak perlu tambahan air



3. Memikser Adonan Cake Dasar

Resep menyebutkan adanya pemisahan kuning dan putih telur.  Agar pekerjaan cepat (gula, kuning telur, air panas) diaduk di standing mikser.  Sedangkan putih telur diaduk di mikser tangan.  Biasanya saat adonan gula + kuning telur memucat, putih telur pun sudah dalam kondisi kaku.  Saatnya mematikan mikser.

Terigu dkk dimasukkan dalam adonan gula+kuning telur bergantian dengan putih telur.  Caranya, sedikit terigu dimasukkan ke adonan gula+kuning telur, aduk dengan sendok kayu, masukkan putih telur kaku, aduk dengan sendok kayu.  Dan seterusnya hingga terigu dan putih telur habis.

Cara mencampur adonan seperti di atas membuat cake dasar yang masih mentah tetap mengembang atau tidak tiba-tiba menjadi kempis.

Putih telur diaduk dengan mikser tangan sedangkan gula+kuning telur diaduk dengan standing mikser


4. Api untuk Oven

Di rumah hanya ada oven tangkring tanpa pengatur suhu.  Walau kurang bagus tapi bersyukur masih bisa digunakan untuk memanggang cake.  Cake bisa matang seperti jika menggunakan oven listrik. Oven bermerk Hock lumayan untuk kerja.  

Teman bertanya, "mbak kenapa saat say mengoven cake gosong?". Waduh...kenapa ya...

Kemungkinan:
1. Api terlalu besar
2. Saat memanggang apalagi mengguankan oven tangkring tanpa pengatur suhu, sebaiknya ditunggu.  Sambil menunggu agar efektif dan efisien, bisa mencuci bekas-bekas alat yang kotor.
3. Saat bau harus sudah tercium, cek dengan menusuk dengan tusuk sate.  
4. Waktu panggang itu tergantung hasil cek tusuk sate.  Jika tusuk sate sudah kering tidak ada adonan lengket, segera matikan api.  Waktu panggang cake cappucino ini sekitar 35 menit.  

Api untuk mengoven, api sedang



5. Jika ada masalah, pinggiran cake sudah kering matang tapi bagian tengah masih basah belum matang?

Cara mengatasinya adalah ambil aluminium foil yang lebarnya bisa menutupi loyang.  Buat satu lubang sebesar kuku jempol.  Tutupkan alufoil di loyang, lalu lanjutkan memanggang.

Biasanya kejadian seperti ini terjadi 10 menit sebelum waktu panggang berarkhir.  Untuk itu penting saat memanggang jangan ditinggal.  

Cake insya allah akan matang sempurna, baik sisi luar maupun sisi dalam.


Tutup loyang dengan aluminium foil dengan dibuat lubang sebesar ibu jari lalu lanjutkan mengoven



6. Memikser Fresh Cream atau Whipping Cream (WC) Cair

WC cair dari segi rasa emang jempolan, fresh, ringan.  Tapi kelemahannya, cream tidak kaku dan kurang bisa dirapikan.  Cara mengatasinya, bagian dalam cake diberi WC cair sedangkan bagian luar cake diberi WC bubuk.  Saat membuat cappucino ini baik dalam maupun luar cake menggunakan WC cair. Mungkin lain kali kalau membuat cake selanjutnya akan mempraktekkan teori ini.

Cara memikser WC cair. 

Pertanyaan awal saat memikser WC cair.  "Emang bisa ya dari cairan berubah wujud menjadi cream kaku?"  Jawabannya bisa.  Mikser WC cair dengan kecepatan rendah-medium, terus, sabar hingga WC berubah dari cair menjadi kaku.  Waktu yang dibutuhkan kurleb 6 -8 menit. 

wc cair merk Anchor

WC cair perlahan berubah menjadi kaku


Saat membuat cappucino cake ini, WC cair untuk isian sebanyak 600 ml sedangkan untuk menutup bagian luar cake sebanyak 400 ml.  Total WC  yang dibutuhkan untuk 1 cake adalah 1 liter atau satu wadah WC cair Anchor



7. Menata Cake

Cake terdiri dari: 1 lapisan pie, 1 buah cake dipotong menjadi 3 bagian, cream isian rasa kopi cappucino dan cokelat, cream luar warna putih, sirup buah apel.

Cara menata
1. Olesi sedikit alas cake dengan cream, tujuannya agar saat diangkat cake tidak goyang.  
2. Letakkan lapisan pie, beri buah apel dan cream kopi cokelat
3. Letakkan lapisan cake lapis 1, siram dengan air sirup buah apel, beri buah apel dan cream kopi cokelat.
4. Letakkan lapisan cake lapis 2, siram dengan air sirup, beri buah apel dan cream.
5. Siram lapisan cake lapis 3 dengan sirup buah lalu tutupkan.  
6. Olesi seluruh permukaan cake dengan cream wc putih.

Cara menata cake


8. Hasil Pekerjaan

WC cair tidak bisa terlihat kaku dan cantik.  Sementara tidak ada stok wc bubuk untuk menutupi kekurangan hiasan cake.  Akhirnya cake dihias dengan buah-buahan yang ada didapur.  Cake diberi pagar buah jambu cincalo, jeruk kalengan, kiwi dan bunga fondant.  Bunga fondant ini penyelamat sehingga cake tampak lumayan.  Entahlah apa lumayan bagus atau lumayan jelek.



Cake dihias dengan buah-buahan




Ahsan ingin fotonya nampang di blog




Danke ibu....

Alhamdulillah..... Saat awal belajar membuat cake selalu mencari-cari tulisan "behind the scene".  Menuliskan sesuatu yang dulu dicari-cari.  Semoga ada yang bermanfaat walaupun hanya setetes...


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar