» » Red Beet Cake

Reed Beet Cake


Alkisah, waktu menunjukkan pukul 12 malem.  Mata kok ya susah terpejam.  Yang ada di fikiran, mengerjakan sesuatu, lelah kemudian bisa nyenyak tidur.  Pekerjaan yang menjadi pilihan antara menyeterika baju atau membuat cake.  Lah jelas tho pekerjaan yang terpilih da da.....membuat cake.  Kalau menyeterika baju nanti siang saja sambil bergoyang dangdut heheheheh...

Sudah seminggu ini, penyakit malas sedang kambuh.  Malas tingkat berat.  Melakukan pekerjaan rumah dan masak yang instan saja.  Lha anak wedhok sukanya masakan yang instan.  Enak kali mengurus makan anak wedok ini, masak hanya sosis goreng, telur ceplok, sosis diangetin di mikrowave, bekal sekolah roti diolesi mayonese+saus tomat+timum dll, fishtabchen beli beku tinggal di goreng.   Si anak lanang yang suka sayur tinggal dibelikan tomat, timun, brokoli rebus, jamur merang rebus, dll.  Si kangmas yang tidak suka masakan instan lagi plesiran eh training ke dekat-dekat menara Eifel ya....dipuas-puasin 2 minggu ini santaiiiiiiiiii.  Jangan lupa oleh-olehnya perancis ya kangmas? Tas Hermes, parfum Gucci....hahahahahahah gubrakkkk!!! Langsung bulan depan disuruh pulang duluan ke Indo gara-gara uang untuk makan habis. hehehehehehehe

Masih berkisar tentang males.  Kemarin main ke rumah Kak Lisa, tetangga agak jauh orang KL.  Si kakak ini suka juga bereksperimen membuat kue.  Si kakak bilang, kalau lagi malas mengaduk kue menggunakan blender bukan mikser.  Wah....cocok sekali untuk dipraktekkan di jam 12 malem ini.  Cuma mencuci 1 buah blender, 1 buah spatula, 1 buah sendok teh dan tidak berisik. Asyoikkkkkkkk.

Mulailah pekerjaan membuat Red Beet Cake.  Cake ini asli ngarang habis.  Awalnya browsing resep pakai hp, baca buku catatan S3 permasakan (heheheh tidak benar adanya) trus iseng dimodifikasi saja sendiri.

Bahan Red Beet Cake

  1. 2 buah telur
  2. 135 g gula pasir
  3. 120 mentega lembek (sudah dikeluarkan agak lama dari kulkas)
  4. 1/4 sdt backpulver (mungkin baking soda)
  5. 1 sdt cuka makan (kata internet biar warna cake tetap merah)
  6. 1 jumput garam
  7. 80 ml susu cair tawar
  8. 200 g red beet (saya beli di LIDL dalam plastik sudah dimasak, bisa langsung dimakan)
  9. 50 g tepung maizena

Cara Membuat
  1. Blender 200 g red beet dengan 80 ml susu sampai agak halur. Matikan blender.  Masukkan telur, cuka makan dan gula, hidupkan kembali blender.
  2. Masukkan mentega lembek, blender sampai tercampur rata
  3. Tepung maizena, garam, backpulver, diaduk rata.  Masukkan campuran tepung ke dalam blender, hidupkan blender hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan dalam loyang bulat diameter 17 cm yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tapung terigu.
  5. Panggang 30 menit.  Ehhh ternyata cakenya masih belum matang.  Jadi waktunya saya tambah jadi panggangg selama 45 menit pada suhu 180 C.
Red beet yang dibeli dalam keadaan sudah direbus

Kesan dan Pesan

Mencicipi Red Beet Cake pas baru matang, biar bisa dibuat laporan heheheh.  Rasanya lembut, ringan, ada citarasa beet tetapi tidak terasa langu.  Saya bilang enak (ya iya lah, lha wong semua makanan bagiku itu enak dan sangat enak hahahahahah)

Ternyata manggang cakenya lama 45 menit, hasil hanya bulatan dengan diameter 17 cm.  Jadi kalau mau buat lagi biar, sekalian hemat energi listrik selama mengoven 45 menit ya....barangkali bikin 2 kali porsi...

Atau mungkin untuk menciptakan tekstur agak berat, tidak digunakan maizena tetapi tepung terigu.  Atau mungkin jumlah tepung terigu atau tepung maizena bisa ditambah....Semua itu butuh penelitian selanjutnya.....Hiks hiks hiks padahal daku ingin jadi peneliti bidang entomologi sesungguhnya, bukan peneliti cake dan perkuean.....(curhat tidak penting alias melow.com sambil hua hua hua..... nangis guling-guling)

*sudah mencicipi kue malem hari, jangan lupa gogok gigi, kalau tidak mau berurusan dengan dokter gigi dan kehilangan gigi!!!!!!!!!!!!*

Males nyuci, jadi sumua bahan cake di blender (lihat blenderku made in Germany heheheh pamer tapi shttt jangan bilang-bilang hasil nggebit di ebay)




Masukkan adonan cake dalam loyang








Red Beet Cake yang sudah kucicipi....enak kayaknya....



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar