» » Cheese Cake

Cheese cake

Cheese Cake atau Käsekuchen satu potong kecil di Breadta** bisa sampai sekian rupiah.  Mahal.  Mungkin karena bahan bakunya sulit ditemukan di Indo.  Kue atau cake mahal ini jadi terkesan eksklusif, wah atau gimana gitu kesannya.

Cara membuat Cheese Cake tersebut tidak terlalu ribet. Walaupun namanya cheese cake tetapi sebenarnya tidak ada keju yang digunakan.  Bahan dasar cheese cake bermacam-macam, bisa quark, schmand, doublerahm frischkäse, creme fraiche, sahne atau produk turunan susu lain. Mungkin karena rasa cake setelah produk turunan susu tersebut dipanggang seperti keju makanya dinamakan cheese cake.....


Quark, salah satu bahan dasar cheese cake


Kemarin mencoba membuat cheese cake, yang resepnya diambil dari bungkus tepung terigu merk Diamant.   Karena teman-teman di rumah tidak pada suka, jadi membuat setengah resep dengan sedikit modifikasi.

Judul asli resep di bungkus tepung Diamant adalah Kirsch Käsekuchen.  Karena tidak punya Kirsch atau ceri jadi diganti dengan sultanien (anggur kering).

Sultanien Käsekuchen (1/2 porsi)

Bahan yang dibutuhkan

Teig/tepung dasar

  1. 130 g tepung terigu serbaguna type 405 (saya menggunakan tepung rogenmehl type 997, warna tepung lebih gelap karena masih terdapat kulit arinya)
  2. 65 g gula pasir
  3. 1 buah telur ukuran kecil (M)
  4. 65 g butter dingin 
  5. 1 jumput garam


Belag/lapisan atas

  1. 250 ml susu cair tawar
  2. 40 g weizengriess (saya menggunakan 1/2 packung puddingpulver Dr Oetker )
  3. 2 buah telur
  4. 300 g Margerquark (selalu ada di setiap almari pendingin supermarket di Goettingen)
  5. 100 g gula pasir
  6. 150 g sultanien

puddingpulver


Loyang 
Diameter 17 cm atau 20 cm, olesi diolesi mentega kemudian ditaburi dengan tepung panir

Cara Membuat

*Tepung terigu diayak di atas meja kerja, buat lubang di tengahnya.  Telur dipecah kemudian diletakkan dalam lubang tepung.  Butter dingin yang sudah dipotong dadu diletakkan disekeliling lubang tepung. Gula pasir diletakkan di dalam lubang.   Tepung, telur, butter, gula pasir, di remas pelan pelan hingga semua tercampur rata.  Pengerjaan harus cepat, agar setelah dipanggang nanti tepung renyah saat di gigit.

* Bentuk membulat, bungkus dengan plastik wrapping, simpan dalam kulkas min 30 menit.

*250 ml susu cair dimasak hingga sedikit mendidih.  Puddingpulver dicampur dengan sedikit susu dingin, diaduk hingga tercampur rata.  Angkat susu cair sedikit mendidih dari kompor, masukkan cairan puddingpulver, aduk menggunakan pengaduk bentuk bunga (tidak tahu namanya, kalau diaduk menggunakan sendok kayu sering gosong).  Tetakkan kembali panci diatas kompor, pudding dan susu diaduk kembali selama 2 menit.  Angkah tunggu agak dingin


pengaduk bentuk bunga, alat penting agar puddingpulver tidak gosong


*Pudding kemudian ditambah gula pasir, sultanien, margerquark dan telur.  Aduk hingga rata menggunakan pengaduk bentuk bunga bunga.

* Ambil bulatan tepung dari kulkas.  Pipihkan dengan roller kayu, selubungi permukaan loyang. Tusuk-tusuk dengan garpu seluruh permukaan tepung tersebut

*Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 200 C selama  10 - 12 menit.  Angkah, tunggu sebentar agak sedikit dingin

* Masukkan campuran quark dkk kedalam tepung yang sudah dipanggang tersebut.  Panggang kembali selama 35 - 40 menit suhu 200 C.

Cheese cake


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar