» » Apfel Torte

Apfel Torte untuk ultahnya Onny


Torte di atas di buat sesuai permintaan yang pesan kue: ada buah apel, ada rasa kacang-kacangan dan ada unsur warna hijau.  Untung lagi pinjam buku Torten Hits, jadi tantangan langsung disanggupi insyaallah bisa dibuat.

Saat dibuat, semua bahan-bahan pas dan tidak mencicipi sama sekali.  Akhamdulillah yang pesan kue bilang,, "Tortenya enak, ringan dan segar".  Seneng mendengarnya, walaupun hanya ucapan tapi cukup memberi semangat untuk terus mencoba membuat torte dengan rasa enak dan hiasan yang bagus. Tapi sayangnnya hiasan creamnya belum rapi, pita, kerang masih 'bletat bletot'.... 


Berikut ini cara membuat Kue ultah Onny

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk murbeteig

  1. 50 g butter dingin
  2. 35 g gula bubuk
  3. 1 jumput garam
  4. 1 buah kuning telur
  5. 100 g tepung terigu type 550
  6. 30 g tepung kacang mandeln
Cara Membuat Murbeteig

Tepung diletakkan di meja kerja, dibuat lubang di bagian tengahnya.  Kuning telur dan kacang mandeln diletakkan di tengah lubang tersebut.  Gula bubuk di sebar di sekeliling lubang,  Butter dingin di sebar disekeliling tepung.  Semua bahan di cacah dengan pisau, hingga butter tercampur rata.  Kemudian uleni dengan tangan dengan cepat.  Jika adonan terasa kering, tambah dengan 1-2 sdm air dingin.  Uleni cepat, tutup dengan plastik, simpan di kulkas 1 jam

Pipihkan murbeteig di loyang diameter 26 cm, yang sudah diolesi dengan margarine dan ditaburi dengan sedikit tepung terigu.  Panggang dalam oven 175 C yang sudah dipanaskan sebelumnya, selama 14 menit.  Angkat dari oven, dinginkan.  


Murbeteig ini nantinya untuk bagian alas dari torte


Bahan yang dibutuhkan untuk Biskuit dan isian buah apel

  • 4 buah telur
  • 100 g + 100 g + 1 sdm gula pasir
  • 130 g tepung terigu type 405
  • 2 sdt peres backpulver
  • 6 buah apel ukuran sedang
  • 4 sdm zitronensaft
  • 2 pakung gula vanili
  • 1 pakung Ruff  Schlagcream (cari di internet, bahasa lainnya non Diary heavy cream atau wheap cream bubuk)
  • 1 wadah Philadelphia Doublerahmfriskaesse
  • 1 pakung pudding pulver + 40 g gula pasir
  • 1 pakung Gotterspeise Dr Oetker warna hijau + 40 g gula pasir
  • Aprikosen konfitur secukupnya


Cara Membuat

Wadah panggang diameter 26 cm di olesi dengan margarine kemudian ditaburi tipis dengan tepung terigu. 


Telur di pisah antara kuning dan putihnya


Kuning telur, 2 sdm air hangat dan 100 g gula pasir dikocok hingga lembut.


Putih telur dikocok hingga kaku, kemudian 100 g gula pasir di masukkan sedikit demi sedikit, kocok terus hingga gula tercampur rata. Kemudian masukkan ke dalam massa kuning telur.


Tepung dan backpulver dicampur rata, ayak ke dalam campuran telur, aduk dengan spatula
Masukkan ke dalam loyang panggan. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 175 C selama 35- 40 menit. Dinginkan.


Rahasia torte yang lezat terletak pada perlakuan tanken.   Saat biskuit masih hangat disiram dengan susu kental manis.  Cara membuat susu kental manis sendiri, 1 pakung kondens milch dan 300 g gula pasir di masak hingga gula larut dan agak mengental.  Masukkan susu kental manis ini dalam botol bersih.  Simpan susu kental manis dalam lemari es.  Susu kental manis ini dapat digunakan sewaktu membuat biskuit masse berikutnya.  Tanken juga bisa menggunakan air gula, caranya 100 ml air + 80 g gula pasir dimasak hingga mendidih.  Siram air gula ini ke biskuit masse yang masih hangat.

Membuat Apel kompot.  Apel dikupas, dipotong dadu.  Masukkan apel dalam panci, siram apel dengan 4 sdm zitrone, gula vanili dan 1 sdm gula pasir. Tutup panci, masak dengan api panas selama 4 menit.


Membuat Philadelphia Cream.  Siapkan 300 ml air dalam panci.  Ambil 6 sdm air masukkan ke dalam 1 pakung pudding pulver rasa vanila dan 40 g gula pasir, aduk rata.  Air di panci dimasak hingga mendidih, angkat dari kompor.  Masukkan larutan pudding pulver, kocok rata.  Letakkan kembali panci ke dalam kompor, kocok rata hingga mengental (kira-kira 3 menit).  Angkat panci dari kompor dinginkan.   Setelah dingin, mikser puding hingga lembut, masukkan philadelpia mikser terus hingga lembut.  Cicipi, jika kurang manis tambahkan gula bubuk.


Mengocok non diary heavi cream (Ruff schlagcream).  Cara menggocok sesuai petunjuk di pakung Ruff schlagcream.  Susu cair tawar dingin 250 ml dan 2 bungkus Ruff diaduk rata.  Mikser dengan kecepatan rendah kemudian mikser dengan kecepatan tinggi.


Cara menghias kue:

Murbeteig diletakkan di dasar kue, olesi dengan aprikosenkonfitur.  Beri philadelphia cream secukupnya.  Biskuitmasse dibelah menjadi dua bagian.  Bagian bawah diletakkan di atas murbeteig.  Olesi biskuit dengan philadelphia cream.  Tata apel kompot hingga rata.  Olesi permukaan biskuit bagian atas dengan philadelphia cream.  Tutupkan biskuit yang ada olesan cream di atas apel kompot. Torte ditutup dengan Ruff schlagcream.  Beri hiasan cream bentuk roset, kerang dll sesuai selera.




Torte diberi hiasan Gotterspeise warna hijau.  Cara membuatnya, 1 pakung gotterspeise + 300 ml + 40 g gula pasir dimasak hingga panas tapi belum mendidih.  Tuang dalam wadah, dinginkan dalam lemari es.  Gotterspeise ini akan beku dan kaku.  Potong Gotterspeise dengan cetakan bunga. 

Torte juga diberi hiasan coklat leleh bertuliskan happy birthday










***


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar