» » Ganache

Cake yang dilapisi cream Ganache untuk kemudian ditutup dengan fondant



Cake sebelum ditutup dengan fondant, bagian bawahnya diolesi dengan cream: buttercream atau ganache.  Tujuan pemberian cream ini agar fondant dapat lengket dengan baik pada cake.  Ganache dipilih untuk menutup kue ulang tahun ke 36, sekaligus mencoba resep ganache dari buku SCHOKOLADE karya William Curley.


Ganache bisa juga digunakan untuk melapisi dan menghias cake.  Dengan catatan ganache harus disimpan 1 jam dalam lemari es.  Jika ganache disimpan 1 malam dalam lemari es, harus dimikser lagi sebelum digunakan untuk menghias kue.  Ganache juga bisa digunakan untuk lapisan tengah cake.  Ganache juga bisa digunakan untuk mengisi pie.  Bagian dasar Pie yang sudah dipanggang langsung disiram dengan ganache, biarkan dingin, baru dinikmati.


Catatan tentang resep-resep William Curley: resep karya William ini eksklusif.  Agak sedikit lebih merepotkan dalam hal menimbang bahan dan mengerjakan.  Tetapi memang rasa kue yang dihasilkan lebih enak..


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat ganache

  1. 435 g sahne (heavy cream atau wheapcream cair)
  2. 60 g invertzucker (menggunakan gelierzucker). Menurut buku bisa juga digunakan madu.  Invertzucker adalah gula yang diberi bahan pengemulsi pektin.  Gelierzucker adalah nama dagang gula yang mengandung pengemulsi pektin tersebut.
  3. 500 g Edelbitterschokolade (menggunakan coklat 50% Milka vollmilch dan 50% edelbitter)
  4. 75 g butter suhu ruang, dipotong dadu

Cara Membuat

# Sahne dan gelierzucker dimasak hingga mendidih.  Segera angkat dari kompor.  Dinginkan hingga mencapai suhu 70 C.  Karena tidak mempunyai termometer, kira-kira sahne masih hangat.

Sahne dan gelierzucker dimasak hingga mendidih.  Sebaiknya menggunakan pengaduk "kembang" agar tidak gosong


#Coklat di potong kecil-kecil, letakkan dalam panci, kemudian dilelehkan dalam air mendidih.  Dinginkan hingga mencapai suhu 45 C (dikira-kira saja karena tidak punya termometer).  Sahne hangat dimasukkan ke dalam coklat leleh.  Aduk hingga tercampur rata.


Coklat dilelehkan di atas air mendidih



#Masukkan butter, kemudian diaduk hingga tercampur rata.  Saat fase ini bisa ditambahkan aroma.  Saya menambahkan bourbon vanilli Dr Oetker.

Masukkan butter ke dalam ganache

Tambahkan aroma dalam ganache, misalnya bourbon vanille zucker


#Ganache dibiarkan dingin selama 1 jam.  Sebaiknya di lemari es.


Ganache baru jadi



Cake yang dilepisi ganache.  Cake untuk konsumsi sendiri, asal mengoleskan, tidak rapi dan belepotan.

#Catatan:  Ganache saat baru jadi, konsistensinya encer.  Setelah diletakkan 1 jam dalam lemari es konsistensi ganache pas untuk dioleskan di atas cake.  Jika ganache diletakkan dalam lemari es semalaman, konsistensi akan memadat.  Ganache padat ini dapat dimikser lagi dan bagus untuk dibuat roset mawar.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar