» » » Pancake (Pfannkuchen)

Pancake dinikmati bersama Rote Gruetze


Pancake atau Pfannkuchen ini cocok buat yang single, di hari libur dan males keluar cari kebab.  Porsi kecil sehingga pas kenyangnya, tidak berlebihan tidak kekurangan.  Cara membuat sederhana, lembut dan enak.  Resep diambil dari buku masak pegangan orang Jerman GU Kuechenratgeber:  Pfannkuchen & Crepes.


Buku sumber resep

Bahan yang dibutuhkan


  1. 50 ml susu cair
  2. 150 g saure Sahne
  3. 2 buah telur
  4. 2 sdm gula pasir
  5. 1 jumput garam
  6. 1/2 sdt backpulver
  7. 80 g tepung terigu

Cara Membuat

* Campur susu dan saure Sahne.  Pisahkan putih dan kuning telur.  Putih telur dan garam dikocok hingga kaku.  Kuning telur, tepung terigu, backpulver, gula dimasukkan ke dalam campuran susu dan saure sahne kemudian aduk rata.  Putih telur dimasukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk memutar.

* Panaskan teflon, olesi dengan sedikit margarine.  Tuang adonan pancake secukupnya, tunggu hingga kecoklatan dan matang.


Cara sendiri:
Sedang malas untuk memisahkan putih dan kuning telur, akan banyak cucian, repot.  Semua bahan dimasukkan jadi satu kemudian diaduk dengan pengaduk "kembang".  Panggang dalam teflon hingga matang dan kecoklatan.

Praktis dan mudah.  Pancake ini bisa dinikmati dengan nutella, Rote Gruetze, gula bubuk, dimakan begitu saja, dll



Catatan:
Pancake ini menggunakan saure sahne, ada di setiap supermarket.  Penggunaan saure sahne membuat adonan tepung lebih lembut dan tidak memerlukan jumlah telur yang banyak

Adonan pancake

Panggang pancake di teflon yang sudah diberi sedikit margarin

Pancake matang siap dinikmati

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

3 komentar:

  1. Assalamualaikum mbak, mau tanya klo saure sahne itu apa ya?? Apa bs diganti dgn yg lain?? Makasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam wr wb. Dear Arfi..saure sahne (jerman) dalam bahasa inggris sour cream. Mungkin bisa dicari disupermarket besar. Bisa diganti dengan apa ya? ini yang saya belum tahu. Sekarang kami tinggal di Medan. Beli sour cream mahal plus jauh dari lokasi rumah. Jadi mencoba tidak pernah mencoba persis resep. Saran sich 150 ml sour cream diganti dengan susu saja... Rasa sour cream itu asam banget, limbah keju....

      Hapus
  2. Assalamualaikum mbak, mau tanya klo saure sahne itu apa ya?? Apa bs diganti dgn yg lain?? Makasih mbak.

    BalasHapus