» » » Selai Stroberi

Gelier zucker (gula khusus untuk selai) dan buah stroberi
24 Juni 2003

Tanggal 23 Juni kemarin hari yang cukup melelahkan... Banyak aktivitas membuat hidup semakin hidup (kurang tidur hehehe).  Jam 3 pagi bangun untuk menghias cake yang dibawa ke sommerfest wohnung  Hermann Rein.  Cake jadi pas Ahsan bangun.  Yes, tepat memperkirakan waktu kerja.  Buat sarapan lalu jam 9 pagi bersepeda menuju kebun strawberry di desa Reinhof.  Kami ikut acara PPI Goettingen "picking strawberry" di Heino Rabe, Reinhäuser Landstr. 299, 37083 Göttingen

Perjalanan bersepeda ke Reinheusen kurleb 1,5 jam.  Bersepeda bersama anak PPI lain ber-25-an orang, jadi tidak terasa jauh dan capek.  Cuaca lumayan bersahabat, mendung tapi tidak hujan.  Jalur yang ditempuh jalan tikus bukan jalan besar, banyak turunan, tanjakan, jalan berbatu, dan juga melewati tepian sungai.  

Kami sampai di kebun jam 11 siang.  Saat itu masih banyak pekerja kebun yang memetik buah stroberi.  Buah-buah diletakkan dalam keranjang kotak berwarna biru.  Area petik strawberry kami dalam petakan tersendiri yang dikhususkan untuk pengujung.  Banyak juga warga setempat yang juga ikut memetik, baik yang bersepeda maupun menggunakan mobil pribadi.


Istirahat sejenak sambil menunggu salah satu panitia ambil baskom

Wah.....serasa di surga, buah strawberry merah, ranum, tergeletak di tanah yang dialasi jerami.  Petik satu buah, digigit, dikunyah....m m mw m m manis dan segar.  Satu buah, dua buah, tiga buah dan seterusnya hingga puas makan buah strawberry.... Alkhamdulillah....Setelah puas dapat satu baskom strawberry, saatnya menimbang dan membayar buah yang telah dipetik.  

Sampai di rumah, strawberry segera di masukkan ke lemari es agar tetap segar.  Sisa stroberry saat itu juga di buat selai.  Resep membuat selai berasal dari bungkus kemasan Gelierzucker.

Bahan 

1 kg buah strawberry
500 g gelierzucker*
 *gula khusus untuk selai mengandung pengemulsi pektin

Cara Membuat

Buah strawberry dicuci bersih, hilangkan petal hijau, keringkan
Potong buah kecil-kecil
Masukkan buah ke dalam panci lalu tuang gelierzucker
Aduk rata gula dan buah tersebut
Masak gula dan buah dengan api besar
Tunggu hingga mendidih
Biarkan mendidih selama 3 menit
Angkat dari kompor
Masukkan dalam botol bersih, segera tutup
Setelah 5 menit, buka tutup botol, buang uap air
Botol ditutup kembali 
Selai ini bisa tahan lebih lama


selai strowberry hasil memetik sendiri dari kebun di desa Reinhof

Berikut video pembuatan selai strowberry



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar