» » » » » Tahu Sutra

Foto 1. Tahu sutera baru jadi, belum di goreng

Mencoba membuat tahu dari resep teman di dapurmasak.com.  Cara membuat tahu lebih mudah dibandingkan resep tahu yang pernah dicoba sebelumnya http://catatanbelajarmasak.blogspot.de/2012/05/tahu-homemade.html.  Tapi barangkali sama-sama kedua resep tahu tsb memerlukan kesabaran, hanya saja resep tahu sutera ini dibuat dalam jumlah sedikit ( 250 g kedelai basah) jadi tidak terasa menguras tenaga.

Sudah mencoba membuat tahu dengan 3 macam cara:

  1. Resep dari buku, Nabben A. 2001. Kochen und Backen mit Tofu. Pala Verlag: Berlin.  Cara membuat tahu, kedelai direndam satu malam kemudian diblender.  Tambahkan air kemudian rebus hingga mendidih lalu kecilkan api, teruskan merebus 20 menit. Air rebusan kedelai disaring.  Susu kedelai direbus kembali tetapi tidak sampai mendidih.  Susu kedelai ditambah dengan cuka, saring, tindih dengan sesuatu yang berat.  Tahu yang dimaksudkan sudah jadi
  2. Resep tahu dari upload youtube pak Dono Widiatmoko. Kedelai di rendam satu malam, blender, saring. Air kedelai direbus hingga mendidih.  Biarkan susu kedelai agak dingin, tambah cuka, saring, tindih dengan sesuatu yang berat.  Tahu siap di goreng.
  3. Tahu sutera.  Kedelai direndam satu malam.  Timbang sebanyak 250 g.  Tambah air, blender hingga lembut. Saring.  Tambah air kedelai dengan 4 buah telur, garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, blender sebentar. Kukus air kedelai dalam wadah yang dialasi plastik hingga tahu kental.  Tahu sutera siap digoreng untuk disajikan

Catatan

#
Saat mencoba membuat tahu sutera, agak sedikit pertanyaan.  Kok telur yang digunakan banyak amat, 4 buah?  Air kedelai saring yang didapat sekitar 700 ml.  Akhirnya memutuskan untuk percobaan pertama ini hanya menggunakan 3 butir telur untuk 700 ml air kedelai.

#
Saat mengukus air kedelai, wadah tidak dialasi dengan plastik, tapi langsung di wadah steinless stel dan silikon.

#
Setelah air kedelai di kukus, terbentuk tahu sutera lembut.  Saking lembutnya, tahu agak rawan rusak, terutama saat digoreng.  Ataukah karena hanya menggunakan 3 buah telur jadi tahu yang dihasilkan sangat lembut? Jawaban tahu setelah percobaan kedua nanti..

#
Tahu sutera  setelah digoreng (foto 2) lebih lembut dibandingkan tahu metode buku tulisan Nabben dan upload youtube pak Dono.  

#
Untuk soal rasa, metode Neben (2001) dan pak Dono mempunyai rasa sama.  Hanya saja cara pak Dono lebih mudah dikerjakan karena penyaringan air kedelai dilakukan di awal sebelum direbus.


Foto 2.  Tahu sutera setelah digoreng



# Ampas tahu masih bisa dipakai untuk SULE (susu kedelai)

Setelah diblender dan disaring, ampas kedelai diberi air lagi.  Ampas ini kemudian diblender sebentar dan disaring. Ampas dibuang.  Air kedelai kemudian direbus, diberi gula pasir, gula merah, sedikit garam.  Susu kedelai siap diminum.

#
Biar tidak bosan, akan sering mempraktekkan baik resep tahu sutera dan tahu resep pak Dono.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Asslkm , sangat berterima kasih mendapat resep ini , saya sangat hobby bangat
    makanan yang namanya tahu, dari kecil hingga sekarang ini.
    sekarang ini saya tinggal di bali susah deh cari tahu yang selera kaya waktu di jakarta, ya resep ini mudah2an bisa mengobati hobby tahu saya di bali ini. untuk pembuat resep ini semoga pahala dan keikhlasannya mendapat balasan dari Alloh swt. amin

    BalasHapus