» » Kue Ulang Tahun coffee cake

coffee cake
25 November 2013


Membuat coffee cake yang dipesan mbak Aulidya Habibah...makasih banyak ya...semoga studi S3 lancar, bahagia dan tercapai semua yang diimpikan..

Resep coffee cake ada di link barikut...


Cake ini resep favorit saya...enak dan ringan. Untuk memperkaya rasa, cake saya siram dengan sirup buah pir rasa kopi.  Cara membuat sirup, satu buah pir ukuran besar dikupas kemudian dipotong dadu. Masak 250 ml air, 80 g gula pasir, 1 batang kayu manis, sedikit garam, 1 sdm kopi instan rasa late machiato hingga mendidih.  Masukkan buah birnen, masak sampai mendidih, kemudian langsung angkat.  Cake yang sudah matang ditusuk-tusuk dengan tusukan sate.  Siramkan seluruh permukaan cake dengan air buah birnen tersebut.  Perlakuan ini membuat cake nantinya lembab, tidak kering dan enak.  Sisa buah birnen diletakkan di tengah cake, sehingga cake ada rasa segar buah.


Olesan luar cake menggunakan schlagsahne atau wheaped cream cair kemudian dihias dengan buah sharon/kaki, anggur dan tulisan fondant.

Catatan:
Wheapped cream cair dari segi rasa lebih enak dibandingkan non diary wheapped cream yang berbentuk bubuk.  Hanya saja proses mengocok hingga kaku membutuhkan perlakuan khusus.  Kalau salah, cream tidak jadi kaku tapi terpisah antara massa padat dan cair.

Cara mengocok wheapped cream cair.  Wadah steinless stel, mata mikser, cream cairnya disimpan dalam lemari es hingga benar-benar dingin.  Lebih baik jika satu malam.  Mikser cream dalam wadah dingin dan mata mikser dingin dengan kecepatan rendah hingga setengah kaku.  Masukkan bahan pengkaku cream dan gula bubuk 1-2 sdm, lalu mikser kembali dengan kecepatan rendah hingga kaku.

wheapped cream cair dan bahan pengkakunya


Selimuti cake dengan cream yang sudah jadi.  Cake kemudian dihias dengan buah segar, anggur dan buah kaku.  Anggur dicuci kemudian dilab kering.  Belah 2 bagian kemudian buang isinya.  Tata anggur di bagian pinggir cake.  Potong buah kaki berbentuk bulat, potong lagi berbentuk segitiga.  Tata buah kaki diatas cake.


Buah kaki dipotong bulat kemudian dipotong bentuk segitiga

Fondant warna kuning dipipihkan kemudian di cetak dengan huruf Happy birthday dan motif bunga.

Proses menata cake

Coffee cake sudah siap untuk pesta ultah mbak Aulid di labnya di ATW....

coffee cake

coffee cake


caffee cake

cofee cake

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar